Social Media has Got Me Again #day16

Berbulan-bulan pandemi membuat pola kehidupan manusia berubah dan jadi lebih banyak berkecimpung di dunia maya. Rapat online, kelas online, seminar online, dan bahkan sekedar menyapa juga online. Astaga, dijejali media sosial rasanya melelahkan sekali.

Terlalu banyak hal yang datang dalam waktu bersamaan. Media sosial seakan-akan memperlihatkan apapun yang bahkan nggak perlu kita lihat.

"Nih lihat nih temen-temen kamu udah pada sukses. Nih tonton story selebgram biar kamu iri. Nih lihat temen kamu lebih bahagia dari kamu. Nih lihat post dan quotes tentang penyesalan hidup di tahun 20an. Nih dengerin lagu-lagu galau biar kamu makin insecure."

Dan banyaaaaak lagi hal yang bikin mood kita jadi naik turun. Iya, aku memang lemah.

Selama beberapa bulan sebelum pandemi, aku sempat puasa instagram (baca di sini!), karena jujur aja di instagram itu yang paling toxic dan bikin insecure ga jelas.

Aku ngerasa banget perbedaannya sebelum dan sesudah puasa instagram. Seriusan jadi lega banget nih pikiran dan hati wkwk. Bodo amat dikatain kudet, toh informasi bisa didapat dari mana aja kan. Namun semenjak pandemi, karena nggak boleh keluar rumah alhasil aku mulai main instagram lagi buat ngilangin bosan. Eh sekarang gelisahnya kambuh :(

Aku mulai mengerti dunia maya sejak tahun 2007 atau 2008, sejak papa pasang internet di rumah. Mungkin aku sekitar kelas 5 SD. Dulu belum jaman facebook, apalagi twitter dan instagram. Seingatku, waktu itu lagi populer banget friendster (tapi aku nggak ikutan) dan YM. Yaampun rasanya bisa YM-an ke temen itu bahagia banget! Bisa ngobrol realtime, ngebuzz, kirim stiker-stiker gajelas, dan bisa kenalan dengan temen baru!

Kangen ga sih klean wkwk


Sekarang sudah 12 tahun terlewati dan banyak sekali hal yang berubah. I agree, coz everything has to be evolved. Tapi ketika teknologi nggak dibarengi dengan kecerdasan dan etika yang baik, justru teknologi lah yang bakal menggunakan kita. 

Media sosial is as easy as you type something and voila, you get anything you want. Namun mudahnya akses internet itu kadang menjadi boomerang buat kita sendiri. Dulu orang itu main medsos pake otak, sekarang pake hati. Sekarang apa-apa mah dibikin drama, dibuat heboh. Mulai dari drama pertemanan sendiri sampe drama kntl selebgram yang ada aja orang yang ikut ngurusin. It was fun, at first, tapi lama-lama melelahkan.

Nia Ramadhani gabisa kupas salak, ya lord bodo amaattt. Dinda hauw gabisa masak indomie, yaudah siih toh yang rugi dia juga gabisa menikmati kenikmatan yang hqq. Jerinx ga waras suka cari sensasi, yaudah jangan kasih panggung. Laki-laki berkacamata jadi pelaku sexual harassment, lapo kon bikin collage, emangnya mau dijadiin model buat di tukang cukur rambut?

Hal-hal gak penting (buat kita) kayak gini yang sekarang malah banyak diurusin sama kita-kita. Huft, tuh kan aku jadi capek sendiri :(

Daripada ngurusin hal tadi, lebih baik aku merecharge jiwa introvertku dengan nulis ga jelas kaya gini wkwk. Walaupun sama-sama ga jelas, tapi gapapa aku bahagia. Jangan lupa boiii, kesehatan diri sendiri juga nggak kalah penting!

Well, see ya tomorrow!


Image source:

Comments