Staycation di Jember

Halo! 


Dari dulu, aku punya wishlist "sederhana" yakni staycation di Jember. Ide ini bermula dari keresahanku waktu pulkam selama ini. Jujur, balik ke Jember adalah hal yang berat banget buatku selama lima tahun belakangan ini. 

Perjalanan 15++ jam, badan capek nggak karuan, hati masih kacau balau karena harus pisah lagi sama keluarga, pusing mikirin ntar lagi masukan kuliah, lalu begitu dateng kamar kosnya kotor, berdebu, bau apek, berjamur, dan banyak sarang laba-laba. 

Asli rasanya capeeeeekk banget wkwkwk. Mood langsung bete maksimal. Gara-gara itu, dulu aku selalu ngomong ke hana "lain kali kalo ke jember pokoknya aku mau nginep di hotel aja!!" 

Singkat cerita, kuartal terakhir 2020 ini akhirnya aku kembali ke Jember. Udah nggak kebayang tuh kotornya kayak gimana. Ditinggal 1 bulan aja kotor, apalagi ini ditinggal 7 bulan? 

Dan tercetuslah ide untuk stay di hotel dulu sampe kamarku bener-bener udah layak huni wkwk. Sebenernya ditawarin untuk nginep di kos temen aja, tapi kayaknya lebih baik di tidur sendirian apalagi aku abis perjalanan jauh. 

Setelah cari-cari hotel di traveloka, aku tiba-tiba inget kalo Jember punya hotel kapsul yang murah! Namanya Innbox Capsul Hotel Jember. Udah gitu, lokasinya strategis karena deket kampus. Oke fix aku akan nginep sini!!! 

Buat yang belum tau, hotel kapsul (atau biasa disebut juga pods) itu adalah hotel yang nyediain kamar cuilik isinya kasur tok. 

Dinamain "kapsul" soalnya emang kecil dan bentuknya mirip kapsul, biasanya ukuranya sekitar 1.2 x 2 x1 meter. Saking kecilnya sampe kita nggak bisa berdiri di kamar. Oh iya hotel kapsul hitungannya per orang. Jadi kalo kalian bertiga, kalian harus pesen tiga kamar. 

Kamar itu cuma dipake buat tidur doang. Literally tidur doang, bahkan mau sikap lilin pun nggak bisa. Aktivitas lain kayak mandi, makan, belajar, dan nonton tv disediakan secara sharing alias digunain bareng-bareng dengan tamu hotel lain. Asiknya hotel semacam ini tuh kita jadi lebih kenal sama penghuni-penghuni lain karena sering ketemu entah di kamar mandi, dapur, atau ruang tv. 

Nginep di hotel kapsul juga merupakan salah satu wishlist ku dari dulu. Walaupun kata orang "Ah gaenak hotel kapsul, sempit. Enakan hotel beneran" tapi aku tetep aja penasaran. Gimana sih rasanya nginep di kamar 2m² ?

Aaaand here we go! 

Aku sampai di Jember hari Jumat. Siangnya aku check-in di Innbox. Keren banget sih, aku nggak nyangka di Jember ada hotel kapsul kaya gini dan deket kampus pula. 


Hotelnya bersih, rapih, modern, dan stafnya ramah (aku ga boong gaes, ini honest review wkwkw). Setelah check-in aku dikasih kunci untuk masuk ke kamar. Di dalem kamar itu ada sekitar 4-6 kapsul, tapi yang kepake cuma punyaku doang. Jadi berasa kamar pribadi hahaha. 

Ternyata kapsulnya nggak sekecil yang kukira. Nggak kerasa sempit, dan cukup banget mah buat aku yang tidurnya nggak makan banyak tempat wkwk. 


Kamar mandinya juga oke banget. Walaupun kamar mandi luar, tapi bersih banget, luas, ada shower dan air panas. Sebagai kaum nggak kuat dingin, bahagia banget akutu mendengar kata "air panas" wkwk. 

Buat nyimpen barang-barang berharga, masing-masing tamu juga disediain brankas. Jadi inshaallah tetep aman walaupun ditinggal tidur ataupun pergi. 

Pardon me 🙈


Oh iya, hotel ini gratis kopi dan teh sepuasnya! Jadi di ruang makan ada dispenser plus teh dan kopi, dan kalian bebas mau bikin minum apa. Ada kulkas bersama dan setrika juga. Balkon untuk santai-santai sambil ngudud juga ada. Kayaknya sebulan di sini aku betah deh haha. 






Hotel kapsul kaya gini cocok banget buat para traveler atau orang-orang yang cuma butuh tempat istirahat doang. Buat kalian-kalian yang pengin staycation kayak aku juga bisa bangett, karena harganya lumayan murah yakni sekitar 75 ribu/orang untuk single bed. Kalo mau lebih hemat, kalian bisa nginep bareng temen kalian dan pesen kapsul yang double bed. Abisnya cuma 112.500 ribu alias 56 ribuan perorang! 

Buat fasilitas cakep kaya gini sih, menurutku murah bangett.

Nginep di sini jadi pengalaman unik sih buatku. Walaupun sempat dihujat "kamu ada kos ngapain nginep hotel sih?" "Ngapa ga nginep kos temen aja sih?" Wkwkwk tapi gapapa lah ya. 

Gimana ges setelah kuceritain panjang lebar kalian jadi pengin staycation gaak? Wkwk. Semoga menambah referensi kalian seputar akomodasi di jember ya! Daripada ga bisa liburan karena pandemi, sesekali staycation won't hurt you riteee? 

See you!

Comments