Pergi

Halo!


Setelah tujuh bulan hidup nyaman bersama orang tua, akhirnya aku memutuskan untuk pergi sejenak.

Beberapa bulan lalu waktu aku masih di rumah, aku menyalahkan keadaan dan pengin buru-buru kembali ke Jember. Sebenernya keinginanku beralasan.

Kepulanganku April kemarin emang serba dadakan. Ya apa lagi kalo bukan gara-gara pandemi. Dari yang awalnya papa bilang "gausah pulang dulu ya, suasananya lagi nggak kondusif" sampe tiba-tiba bilang "mbak ayo pulang sebelum tanggal 5". Gimana nggak gupuh aing wkwk.

Akhirnya semua urusan dan juga kamarku kutinggal begitu aja. Nggak ada persiapan bakal kutinggal pulang. Bawa baju dan barang juga seadanya, karena aku mikir "ah paling cuma sebulan aku di rumah"

Eh ternyata malah 7 bulan.

Waktu di rumah aku terlalu banyak mengeluh.
"Ih enak ya temen-temen pada ngumpul-ngumpul semua. Aku boro-boro keluar aja ga boleh"
"Enak ya temen-temen udah pada mandiri, kok aku masih sama orang tua sih?" 
[Insert another quarter life insecurities here

Padahal setelah kupikir-kupir, tinggal di rumah itu adalah nikmat yang paling luar biasa. 

* * * 

Memutuskan buat kembali ke jember juga butuh perjuangan batin yang lumayan wkwk. Melawan nikmatnya hidup serba berkecukupan di rumah dan memilih untuk ngekos kembali sebagai warga misqueen ini nggak mudah buatku. Lamaaaaaa banget aku baru bener-bener memutuskan buat pergi. 

Apalagi orang tua sebenernya agak nggak pengin one and only daughter ini pergi. 

"Lho mbak kok cepet banget perginya?" ((padahal udah 7 bulan))
"Lho mbak jangan pergi, kalo pergi ntar yang ngajarin adek siapa?"
"Nanti yang bantuin mama jualan siapa?"
"Nanti kalo kucing-kucing di rumah pada kangen gimana?"
"Nanti rumahnya jadi sepi lho kalo ditinggal mbak pergi" 

Aaaaaaaaaa aku luluh wkwk. 

Sekarang minggu pertama aku mulai merantau kembali. Baru kerasa sih, kalo momen bareng keluarga kemarin adalah momen yang paling berharga. Sekarang kayak nyesel dan pengin pulang lagi wkwk 😂 

Fyi udah setua ini aku masih aja cengeng kalo berangkat merantau wkwk. Apa lagi kalo bayangin perjalanan capek, terus sampe kos kelaparan, dan kamar kos gak karuan. Huhu aku gak betah mau pulang aja :'( 

Sedih banget kan kalo aku nangis homesick sambil nyikat kamar mandi :( 

Tapi alhamdulillah aku beruntung banget dikelilingi temen-temen yang buaik pol. Mereka-mereka ini lah yang nemenin dan ngeramein supaya aku bisa sejenak lupa sama homesick. 

Kemarin aku berkesempatan buat main dulu di Surabaya ketemu Dinda. Niatnya sih mau ketemu aja tanpa ganggu kesibukannya, eh ternyata aku malah ngerusuh 2 hari 2 malam di hidupnya wkwk 🤣 
Maafin aku ya din :( 

Kami tawaf di TP (wah ini wajib hukumnya!) sambil nyobain jajanan-jajanan enak yang gaada di jember. Lalu keliling-keliling Surabaya sampe malem. Aku katrok banget liat suroboyo ges wkwk.

My 2D2N trip recap

Waktu di Jember, aku juga ditemenin para sobat. Ditemenin makan, diajak main, sampe dibantuin ngurus macem-macem. Aku yang awalnya homesick parah jadi soo much better and much happier. 

Thank you guys! 

Aku merasa, ketika di rumah ada beberapa sisi dariku yang dicharge penuh. Begitu juga waktu aku di kos, ada beberapa sisi diriku yang lain yang terisi penuh.

Terlalu banyak di rumah ternyata nggak bagus. Aku jadi kehilangan sosok diriku. Aku jadi mudah insecure, dan jadi orang yang tertutup. Terlalu lama di kos juga tambah nggak bagus. Aku jadi terlalu barbar dan nggak bisa ngerasain kasih sayang orang tua. Aku kehilangan sosok diriku yang lain.

Yap, keluar zona nyaman memang berat. Tapi aku sadar, mungkin ini harga yang harus dibayar untuk bisa berkembang dan mengeksplor banyak hal. Yaah cuma bisa berdoa saja semoga aku (dan kalian juga) masih diberi kesempatan buat kumpul lagi sama keluarga. Aamiin

Comments