Kaleidoskop 2019

Nggak terasa, kayaknya baru kemarin aku nulis tentang "Glimpse of my 2018" sekarang udah kembali mereview tahun 2019. Alhamdulillah, aku berhasil melewati kembali satu tahun penuh perjuangan. Terima kasih aku, yang sudah mau berjuang bersama dan bertahan hingga detik ini tanpa kurang suatu apapun :’)

Kalau disuruh mendeskripsikan 2019, aku merasa tahun ini penuh dengan perjuangan mencari kebahagiaan, dan juga self love. Tahun ini aku belajar banyak tentang memahami dan mencintai diri sendiri. Di tahun 2019 ini, aku nggak banyak melakukan perjalanan fisik. Justru, aku lebih banyak menghabiskan waktu untuk perjalanan ke dalam diri sendiri. Sibuk menata hati dan pikiran, sambil memahami diri “sebenernya gadis 22 tahun ini maunya apa sih?”

Banyak sekali momen-momen yang aku lewatin di tahun shio babi ini. Banyak yang udah aku ceritain di blog, dan beberapa sisanya bakal aku rangkum di post ini.

Momen pertama di tahun 2019 ku yakni tentang KKN dan magang. Pengalaman KKN menurutku seru bangett, tapi kalo disuruh KKN lagi aku ogah wkwk. Magang ini juga nggak kalah serunya dengan KKN. Aku udah pernah ceritain sekilas tentang keduanya, kalian bisa baca cerita KKN di sini dan cerita magang di sini.

Kuliah Kerja Nanem

Satu hal yang cukup memorable di bulan Maret lalu ialah ketika tiba-tiba DPU nyuruh segera sempro. Nggak ada angin nggak ada hujan, DPU bilang “Kalian minggu depan sempro ya, segera disiapkan naskah dan keperluannya. Hari ini temui saya”

BLAR… Aku syok seakan disambar petir. Di satu sisi, I was excited (karena akhirnya perjuanganku bakal menunjukkan sebuah progres). Tapi di sisi lain, aku belum siap apa-apa. Dan saat itu posisinya kita lagi magang. Aku langsung buru-buru nyari file proposal yang udah nggak tau di mana. Hampir seminggu begadang terus, dan tiap hari bolak-balik DPU, DPA, kombim, jurusan, akademik buat ngurusin persyaratan sempro. Revisi belum kelar, PPT apalagi.

Sampe di titik aku merasa gak sanggup buat sempro dadakan ini. “Rekk ini kita beneran sempro hari rabu? Kok aku gak siap :(" Tapi dari situ, aku mulai belajar memaknai rasa takut. Kalo kata Nadiem, takut itu wajar ketika kita mau melakukan suatu hal yang bermakna atau luar biasa. Justru, kalo nggak ada rasa takut bisa jadi hal tersebut kurang bermakna atau kurang signifikan.

Nyatanya, nggak akan ada orang yang bener-bener siap menghadapi sesuatu yang "baru". Kalo nunggu siap, mau nunggu sampe kapan? Ya nggak?


Aand finally we did it, yay!

Setelah berkutat di permagangan dan persemproan, akhirnya kita masuk ke holy month a.k.a Ramadhan.

Di bulan Ramadhan, ada satu pengalaman menarik yakni tentang Izzati Berbagi. Izzati Berbagi adalah project kost Izzati berupa bagi-bagi sahur dan makanan berbuka di  Bulan Ramadhan. Idenya cukup sederhana, tapi aku senang sekali bisa terlibat di kegiatan kayak gitu. Ide ini bermula dengan percakapan kurang lebih kayak gini. “Fet, masa hidup kita gini gini aja ya? Bikin project yuk. Mumpung kita udah free nggak ada kuliah lagi”

Setelah diskusi diskusi diskusi, akhirnya jadilah project Izzati Berbagi.

Ide ini dicetuskan oleh Alya dan aku, tapi atas nama Izzati. Sebenernya dari tahun lalu kita sudah sempet merencanakan dan berandai-andai, tapi akhirnya baru terrealisasi di bulan Ramadhan tahun ini.

Demi survey proyek ini, kita pernah nongki di mekdi semaleman sampe sahur wkwkwk. Itu adalah pertama kalinya aku keluyuran malem dan nggak tidur selama malam Ramadhan. Waktu itu, kita mau survey untuk kondisi dan lokasi pembagian sahur. Karena kos kita ada jam malam, akhirnya kita memutuskan untuk sekalian nggak balik kos semalaman haha.

Setelah proyek berjalan, di luar ekspektasi ternyata peminatnya jauh lebih banyak dibandingkan yang kita duga. Baru beberapa hari open donasi, kita udah nerima jumlah yg banyaakk sampe kita bingung harus dialokasikan kemana lagi wkwk. Alhamdulillah, ternyata masih banyak orang baik di dunia ini :’)

Nggak cuma menyumbang materi, temen-temen pun juga antusias buat sumbang tenaga. Pukul 02.00 pagi, kita keluyuran sampe Kaliwates dan Tegal Besar buat bagiin sahur ke saudara-saudara kita ditemenin segerombol temen cowoknya Alya. Kemudian acara ditutup dengan sahur bareng dan sholat jamaah di masjid. Huhu sumpah itu seruuu banget!!

Begitu juga waktu bagi-bagi makanan berbuka. Temen-temen dari berbagai angkatan dan fakultas ikut ngumpul dan bantuin, hingga akhirnya teman mereka jadi temanku juga. Ah indahnya silaturahmi~



Akhirnya proyeknya selesai di minggu terakhir bulan Ramadhan (karena yang bikin project mau mudik wkwk). Terima kasih banyakk temen-temen! Semoga niat baik kalian diberi balasan yang lebih indah oleh Allah, aamiin. Well dari project ini, aku belajar bahwa niat baik itu bisa dimulai dari hal yang sederhana. Kadang tidak peduli seberapa besar niat baik kita, yang terpenting adalah memulai niat baik tersebut. Yuukk tahun depan bikin project apa lagi ya? ;)

Lanjut ke momen berikutnya, yakni tentang kepanitiaan Dies Natalis 55 UNEJ. Masih ingat di tahun 2018 aku pernah bilang "mungkin ini kepanitiaanku yang terakhir di Dies Natalis UNEJ"? Nah ternyata tahun 2019 aku masih diberi kesempatan buat terlibat di kepanitiaan ini wkwk.

Awalnya, aku sama sekali nggak kepikiran buat ikut kepanitiaan diesnat. Tapi tiba-tiba Nita ngechat "Fet, panitia diesnat unej lagi (?)" dan fix aku langsung bimbang wkwkw. Setengah otakku bilang "Jangan fet kamu kudu fokus nyekripsi!" tapi setengah otakku yang lain menghasut "Ayo Fet mumpung kamu masih menyandang status mahasiswa, banyakin pengalamanmu di kepanitiaan! Ini dedikasi terakhirmu di unej. Lumayan juga dapet fee"

Setelah pertimbangan panjang, akhirnya aku memutuskan untuk gabung kepanitiaan wkwk. Lagipula, waktu itu sudah H-10 acara jadi kepanitiaan ini cukup singkat. Dan untungnya lagi, ternyata di 10 hari itu dospem lagi sibuk di luar kota jadi seenggaknya hari-hari kosong itu bisa aku habiskan buat hal yang bermanfaat.

Tim kami berjumlah 19 orang. Sembilan orang angkatan 2015 (awalnya 10 sebelum Aqe pamit left grup), dan sepuluh orang angkatan 2019 alias maba. Di sini aku kerja bareng orang yang bermacam-macam karakternya. Biarpun kami cuma bersembilan, tapi karakter kita beda bangettt. Ada yang gercep parah, ada yang muageran pol, ada yang mulutnya nonstop misuh, ada yang ruame, dan banyaakkk lagi. Nggak terhitung berapa kali kita berantem yang kemudian diem-dieman karena kesel.

Aku? Tentu saja si tukang gabut di lemlit dan tukang ngabisin uang konsumsi wkwk. Mayan lah seminggu itu aku nggak keluar uang makan sama sekali :’)

sebuah pencitraan

Aku baru bener-bener kerja hari Rabu (setelah berhari-hari kerjaanku ngadem doang di lp2m wkwk). Kita mulai belanja dan angkut berkilo-kilo bahan makanan sampe malem. Bolak-balik Pasar Tanjung, Rambipuji, Transmart, nyetak ini itu. Mas Dika, staf LP2M setia nemenin dan nganterin kita dengan sabar wkwk.

The real gupuh adalah ketika hari Sabtu atau H-1. Pagi-pagi banget, kita udah kumpul di LP2M buat ngurusin segala macem. LP2M udah kayak dapur umum yang isinya bahan-bahan makanan semua wkwk. Sebagian ngurusin persiapan makanan, dan sebagian lagi muter-muter beli bahan yang masih kurang.


Sore hingga malem, keadaan makin panas. Adek-adek 2019 pada hilang gatau kemana. Temen-temen udah pada capek jadi ogah disuruh ngapa-ngapain. Belum lagi sore itu Prof Bagio sempet “ngamuk” karena ada miskomunikasi. Alhasil anak-anak makin panik dan gupuh. Malemnya, kita masih harus stay untuk bantu ngawasin chef yang masak di parkiran LP2M sampe besok pagi.

Jam 00.30, mobil LP2M dateng sambil bawa kulkas Aice. You know what? Kulkasnya literally full sama es krim Aice!!! Aku yang udah ngantuk itu seketika melek lagi ngelihat es krim gratis segunung itu. Rencananya, kulkas itu mau dipake buat nyimpen produk Singsaras yang bakal disajiin pas upacara Dies Natalis UNEJ. Sebelum kulkas Aice itu, sebenernya udah ada kulkas Campina yang berisi es krim Campina segentong. Kata Prof Bagio, daripada kita mahal-mahal nyewa kulkas buat berhari-hari, mending kita borong es krim aja ntar pasti dipinjemin kulkas gratis. Sungguh cerdas sekali Profesor kebanggaanku ini. Sangatlah win win solution :’)

Ngelihat kulkas Aice yang penuh es krim itu, anak-anak dan juga Pak-pak LP2M pastinya gamau ketinggalan buat ngambil gratisan itu. Nita sampe bingung, “Biasanya aku kalo beli Aice pasti pilih yang paling murah, sekarang aku sampe bingung mau pilih yang mana saking semuanya gratis" Hahaha.

Jam 3 pagi, yang tersisa di LP2M tinggal aku, Nita, dan Hilda. Sebagian temen-temen ikut diklat himagi, Ambar dan Iik istirahat di kos biar paginya bisa lebih fit. Mata dan kaki udah capek banget pengin goleran, tapi masih kepikiran sama chefnya karena kurang 3 jam tapi masih belum jadi apa-apa.

Saking capeknya, kita ngangkut beras dari lobby LP2M ke parkiran doang naik motor dong :’) sambil sesekali misuh “c0k iki arek-arek lanange endi”, sampe akunya gelundung-gelundung megangin beras yang segede gaban wkwk. Sumpah capek tapi kocak banget wkwkw.

Jam 5 pagi akhirnya temen-temen dateng dan Alhamdulillah acara berjalan lancar.

(Copyright by memontum.com)


Selama acara, aku seneng banget karena diajak buat bantuin dokumentasi kegiatan. Berbekal pinjaman kamera LP2M, aku dikasih kesempatan buat belajar banyak seputar dokumentasi, cara ambil angle dan timing yang pas, dll. Aku yang awalnya cuma berani foto dari jauh, langsung disuruh Mas Dika naik panggung. “Loh gapapa, kamu itu pegang kamera. Tugas kamu ya ngeliput acara ini, jangan takut.” Baru pertama kalinya aku berani naik panggung dan mondar-mandir pas di depannya Pak Rektor waktu beliau lagi sambutan hihi. Sayang waktu itu lupa mau minta fotonya di kamera :((

Pengalaman kepanitiaan Dies Natalis selalu jadi hal yang seru buatku. Walaupun harus nggak tidur bermalam-malam, gupuh sana sini, capeknya nggak karuan, tapi serunya itu nagih. haha.

Setelah puas "main-main", aku kembali fokus ke tugasku sebelumnya yakni skripsi.

Desember ini, setelah perjuangan jatuh bangun akhirnya DPU menyuruh buat semhas. Rabu pagi kita dipanggil ke ruangan, "Fenti, Safira, sama Putri, lusa semhas bisa?" Aku sempet melongo karena boro-boro mau semhas, ACC DPA aja belum dapet wkwk :')

But the show must go on. Entah kapan bisa semhas pokoknya disiapin aja dulu. Belajar dari kegupuhan pas sempro, akhirnya revisi dan ppt udah aku cicil dari awal, berkas-berkas juga aku urus waktu lagi free di kampus.

Hari-H, masalah kembali datang.

Pukul 11.00 tepat ketika kita mau mulai semhas, tiba-tiba listrik gedung D padam. Pak Fauzi menyarankan supaya pindah ke Gedung A aja. Akhirnya kita dan para notulen, moderator, dan audiens berbondong-bondong pindah ke gedung A sambil bawa perintilan semhas wkwk.

Di gedung A, awalnya kita nggak boleh pake ruang sidang. Makin panik lah kita. Audiens udah sampe di lantai 2 dan sempet dianggurin karena belum dapet pinjaman ruang. Hampir 30 menit terlantar, kemudian Safira dengan skillnya kembali membujuk Pak Perkap dan Alhamdulillah akhirnya dibolehin pake ruang sidang.


Sewaktu presentasi pun sempet bolak-balik bermasalah dengan laptop dan file ppt nya. Ambar, Nopal, dan Anggi sampe rela minjemin laptopnya buat presentasi kita. Huhu I love youu rek :((

Semhas pun akhirnya berjalan lancar. Hehe.

Aku terharu kalo nginget-nginget kejadian gupuh waktu itu. Masih terekam jelas siapa-siapa saja yang masih setia menyertai waktu kita bertiga lagi gupuh. Mereka yang mau kita riwuhin bawa barang-barang semhas kesana kemari. Mereka yang bantuin mencarikan solusi. Mereka yang mengelus pundakku sembari menenangkan “sabar fet sabar, pasti ada jalan kok”. Dan para audiens yang nggak pergi walaupun dianggurin di gedung A, yang rela memberikan waktunya selama hampir 3 jam wkwk. Semoga Allah membalas semua kebaikan kalian :’)

Dan teruntuk tiga orang di foto ini, I think I should make a spesific post full about 'em someday haha.


My other achievements in 2019:

Berhasil menyelesaikan satu kepengurusan di Himagihasta

(hampir) Berhasil spotting sunrise di Papuma

Berhasil menapakkan kaki di tanah Borneo setelah 1,5 tahun :')

Berhasil berkumpul bersama orang-orang spesial di hari spesial

Berhasil berpasipasi di ICW 2019


2019 udah usai. Di perjalanan 365 hari ini, ada beberapa pelajaran penting yang tercatat di kepalaku. First of all, It’s not about destination. It’s about the journey. Yap, hidup ini adalah sebuah perjalanan.

Perjalanan yang mengajari apa itu ikhlas.

Dulu aku masih suka menyalahkan keadaan atas apa yang terjadi ke aku. Aku selalu mengadu ke Allah dan juga siapapun dengan nada yang mungkin menyebalkan (sampe mungkin Allah juga jengkel dengernya). “Ya Allah, kenapa sih kok hidupku gini banget?” “Ya Allah, kenapa aku terus yang kena? Kenapa nggak mereka?” “Oh Lord I’ve treated them well, why life didn’t treat me so?

Setiap ada cobaan, kerjaanku ngeluh melulu. Berasa aku orang yang paling menderita di dunia. Dan bukannya memperbaiki, aku malah sibuk menyalahkan sana sini.

Lama-kelamaan, aku mulai sadar. Kalo pemikiranku kayak gini terus, aku ga bakal bisa bahagia. Kemudian pelan-pelan kuubah mindsetku, dengan mencoba menyisipkan kata "ikhlas dan bersyukur" di setiap hal yang terjadi.

Sekarang setiap ada masalah, aku lebih sering take a deep breath sambil menenangkan diri sendiri "Yaudah gapapa... Masih lebih banyak yang bisa disyukuri hari ini. Kamu hebat kok hari ini. Besok kita coba lagi ya." Sejak itu aku jauh lebih bisa menghargai keadaan.


Perjalanan yang mengenalkanku apa itu teman sejati.

Perjalanan yang penuh lika-liku ini tentu nggak bakal bisa aku jalani sendirian. Berkat perjalanan ini, aku jadi mengenal sosok teman sejati. Merekalah orang-orang yang tak peduli kamu sehina atau seb4ngsat apapun, mereka masih mau bersamamu. Orang yang tak lelah-lelahnya menaruh harapan dan kepercayaan pada kita. Yang tiap hari meyakinkan bahwa sebenarnya kita lebih hebat dari yang kita duga.

Nggak perlu kusebutkan satu-satu di sini. Kalian sudah kusebutkan dalam doa :')


Perjalanan yang mengajarkanku tentang kebaikan.

Tahun ini aku banyak belajar tentang pentingnya berbuat baik ke semuanya. Ke orang tua, keluarga, teman, hewan, dan bahkan lingkungan sekalipun. Kebaikan itu bukan sekedar hubungan timbal balik, yang harus menunggu orang lain baik ke kamu dulu, baru kamu akan baik juga ke mereka. Kebaikan itu jauh lebih luas dari itu, karena merupakan sebuah "ekosistem".

Aku masih teringat pernyataan Alya: "Jangan ragu lagi bantu orang kalau kamu pas lagi butuh-butuhnya. Soalnya kalau kamu mudahkan urusan orang lain, pasti urusanmu juga bakal dimudahkan Allah dengan cara-Nya yang nggak disangka-sangka"

Memang kalo dipikir secara logika agak kurang masuk akal. Ketika kita lagi butuh bantuan, kenapa malah kita yang harus membantu orang lain? Harusnya kan kita yang dibantu. Tapi percayalah, Allah itu bekerja dengan cara-Nya yang ajaib :)

* * *

Terima kasih 2019! It's a memorable year, so far.

Untuk siapapun yang telah menjadi bagian dari cerita hidupku, terima kasih sudah melukis kanvas putih kehidupanku menjadi jauh lebih berwarna. Terima kasih atas senang, sedih, tangis, tawa, dan pelajaran berharganya. Tanpa kalian aku bukanlah siapa-siapa. No doubt, with those people whom I consider family, I've got wonderful moments to tell and remember :')

Semoga kanvas 2020 bisa lebih berwarna lagi!

Comments