Cerita Magangku


Halo!

Kayaknya aku belum pernah cerita tentang magangku kemarin ya? Gapapa dah biarpun telat yang penting sempet terdokumentasikan di blog wkwk. Magang ini termasuk momen yang cukup memorable buatku, jadi kayaknya kurang afdol kalo cuma dibiarin lupa gitu doang.

Kita memulai magang tanggal 1 Maret 2019, tepat satu hari setelah kita penarikan KKN. Kebayang nggak sih gimana capeknya setelah ngurusin kkn, penarikan, angkut sana sini, perjalanan antar kota, dan segala macem, lalu besok paginya langsung cus magang. Gaspol, no time for leyeh-leyeh :’)

Aku dan temen-temen magang di Puslitkoka Jember. Kalo dari kampus, jaraknya ditempuh sekitar 40 menitan. Aku sekelompok bareng Hilda, Putri, dan Safira.

Atmosfer kkn dengan atmosfer kerja ini beda banget. Kalo pas di desa kita bener-bener disambut, kemana-mana dibantuin, dan ditemenin, sedangkan pas magang kita dituntut buat mandiri. Semua orang fokus dengan kerjaannya masing-masing.

Hari pertama terasa berat buatku. Aku masih belum bisa menempatkan diri dari mahasiswa kkn menjadi mahasiswa magang. Otak masih super lemot karena 1,5 bulan nggak pernah dipake. Ditambah lagi mahasiswa lain yang udah duluan magang berasa udah akraabb banget sama staf di sana, kita jadi makin canggung dan gatau harus gimana. Alhasil, kita berempat kayak terkucilkan di pojokan wkwk. Kadang kita sampe bisik-bisik “rek ini kita sekarang kudu ngapain?” “gatau juga”.

My first day is my worst, I swear.

Cerita hari pertama nggak cuma sampai di situ. Masih dalam rentetan panjang KKN, kita baru dapet kabar kalo bakal diadain gelar produk KKN dan mahasiswa diwajibkan dateng. Mau nggak mau, kita minta izin buat gak masuk magang hari Senin dan Selasa. Mungkin Pak Edi di dalem hati udah sambat “Astaga baru sehari ni bocah-bocah udah izin aja. Niat kagak sih mau magang?”

Akhirnya, baru masuk sekali di hari Jumat kita udah “bolos” di hari Senin dan Selasa berikutnya. Dan yang ngeselin adalah: gelar produk kkn yang kita bela-belain sampe izin magang itu ternyata cuma gitu doang. Ah elah jadi sungkan udah bolos :’)

Minggu pertama magang, kita berempat masuk ke pabrik kopi sekalian observasi buat judul laporan yang mau diambil. Di situ kita baru mulai kenal sama mba mas karyawan dan anak magang lainnya. Walaupun kadang agak canggung, tapi ternyata mba dan masnya baik banget aslii.

FYI tiap pagi kita selalu bingung mau ngapain wkwk. Waktu itu anak-anak yang magang lumayan banyak dan mereka udah paham. Jadi sebagian langsung masuk ke bagian roasting, grinding, packaging, produksi kue kering, dan sebagainya. Kita berempat kadang plonga-plongo di tengah gatau harus kemana karena semua proses udah banyak orangnya wkwk.

Kocak tapi ngangenin :’)

Magang berjalan lancar.… sampai tiba-tiba kita dihubungi dospem disuruh segera sempro.

Begitu kita dihubungi, huh kita paniknya nggak karuan. Kita belum siap sama sekali. Bahkan file proposal udah gak tau disimpen di folder mana saking lamanya ditinggal liburan, KKN, dan magang wkwk. Belum konsul dan revisi. Belum lagi ngurusin perizinan dan ttd segala macem buat sempro.

Dan masalahnya, gimana kita ngurusnya kalo sekarang kita lagi magang?

Setelah temen-temen memutar otak, akhirnya kita sepakat buat ngambil “cuti magang” selama 1,5 minggu buat ngurusin masalah kampus. Itupun perizinan ke DPL lumayan ribet, karena harus pake surat ini itu sampe Safira bolak-balik kampus demi ngurusin cuti kita.

Mungkin Pak Edi juga sambat di dalem hati “Anjay ni bocah-bocah baru kemarin izin, sekarang belom 2 minggu udah minta izin lagi. Niat kagak sih magang di tempat gua?!”


Singkat cerita, akhirnya kita cuti magang dan berhasil sempro. Alhamdulillah :’)

Tapi kadang awkward juga kalo ditanyain temen-temen “Eh bukannya kalian lagi magang ya rek?” “iya ini lagi cuti hehehehe” kemudian si penanya terheran-heran dalam hati emang magang apaan kok ada cutinya segala.

Setelah sempro, kita kembali magang seperti biasa. Kali ini aku dan Hilda fokus di pabrik kopi, Safira dan Putri fokus di pabrik cokelat.

Kerjaan kita selama magang adalah muter-muter pabrik dan nyemilin cokelat atau suwar-suwir wkwk. Kalo pagi, kita biasanya main ke bagian sortasi green bean. Di sana tempatnya rindang, adem, dan sepi. Kalo udah siang, kita masuk pabrik ke bagian cookies buat ngadem dan nyemilin roker wkwkwk. Kadang kalo lagi bosen banget kita main ke ke lab sambil nyicil laporan, atau ngikutin mas-mas distribusi produk ke outlet (kemudian dikasih es krim gratis uhuy). Pokoknya kerjaan kita keluyuran terus dah. Iya dong, kapan lagi kan boleh jalan-jalan masuk pabrik di saat orang lain cuma boleh liat lewat jendela hehe.

Berikut sekilas keseruan kami waktu magang:


Otaknya dimaskerin biar gobloknya ga nular








Semakin hari, kita jadi makin sering kesiangan gara-gara kecapekan. Yang harusnya masuk jam 7.00 pagi, aku sama Putri kadang baru dateng jam 7.05 atau 7.10 pas apel pagi. Kalo lagi beruntung belum diabsen, kita biasanya nyelinap masuk ke barisan apel. Kalo udah telat banget, kita terpaksa nunggu di parkiran sampe selesai apel dan orang-orang balik ke ruangan, baru kita diam-diam masuk pabrik wkwkwk.


Semenjak itu, tiap pagi anak-anak kudu diabsen di grup biar nggak ada yang telat bangun lagi wkwk.


Oh iya. Selama kita magang, kita jarang banget fullteam. Mulai dari temen-temen yang sering ijin buat ngurus perizinan di kampus, Safira yang ngelab di kampus, dan yang paling sering gara-gara temen-temen satu persatu tumbang.

Berangkat jam 6 pagi, pulang jam 5 sore. Pulang magang langsung mandi, sholat, makan, terus lanjut rapat sampe malem. Belum lagi kalo harus ngerjain tugas atau nyicil laporan sampe dini hari. Besoknya lanjut magang lagi. Begituu seterusnya sampe 2 bulan ke depan. Gimana anak-anak nggak tepar? Dan tumbang yang paling parah adalah tumbangnya Hilda. Iya, sampe diopname coy! wkwk. Sakit 1,5 minggu, masuk dua hari abis itu sakit lagi berhari-hari. Aku berasa magang di kopi sendirian :(

Mungkin kalo Pak Edi ngomong jujur, beliau bakal sambat “Fix ni bocah-bocah kaga niat magang keknya”.

Dan akhirnya kita selesai magang tepat dua hari sebelum bulan puasa (Kecuali Safira, yang selesai H-5 hari lebaran). Kita ngadain perpisahan dua kali. Pamitan pertama kita bareng temen-temen Polije yang waktu itu juga perpisahan, tapi minus Safira. Dan lusanya, kita pamitan lagi dan kali ini Safira ikut. Begitu kita pamit lagi, mbak masnya pada bingung. "Lah kemarin kayaknya udah pamitan, kok ini dateng lagi?"





Kelar magang, rasanya kangeeen buanget bisa pelukan sama kasur :’)


Nggak nyangka sih akhirnya bisa nyelesain hari-hari yang menguras tenaga kemarin. Yang awalnya aku kira magang di Jember bakal terasa B aja, ternyata seru juga dan banyakk pengalaman dan cerita yang bisa diambil.

Hilda yang awalnya cuma sebatas temen seproyekan di kampus, eh semenjak magang apa-apa jadi bareng dan akhirnya kenal akrab. Aku nggak akan lupa pengalaman dibonceng Hilda Jenggawa-Ambulu jam 12 siang gak pake helm wkwkw. Juga Safira dan Putri, yang awalnya emang udah deket karena temen sekelas, temen seproyekan, eh sekarang kita dipertemukan lagi jadi temen sepemagangan :’)

Kita berempat kalo udah ketemu pasti nggak pernah bener wkwk. But it always fun to spend time with u guys! Aku bahagia sekali punya partner magang seperti kalian :))





Terima kasih rek! :)

Comments