One Fine day in Selangan

Halo!


Minggu, 2 Mei 2021 lalu, aku mengisi hari liburku dengan menjadi relawan pada kegiatan Sumringah 2.0 di Kampung Nelayan Selangan. Sumringah 2.0 adalah serangkaian kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa Volunteer Kaltim chapter Bontang. Jujur ini adalah kali pertama aku ikut kegiatan sosial semacam ini di Bontang. Excited sekaligus deg-degan!

Minggu pagi yang cerah kita sudah ngumpul di Pelabuhan Tanjung Laut untuk berangkat ke Selangan. Perjalanan ke Selangan memakan waktu 30 menit menggunakan kapal kecil. Awal perjalanan aku excited bangett karena udah lama nggak pernah naik kapal. Tengok sana, tengok sini, “wiih Badak keliatan jelas ya al!” “Eh itu tuh Pantai Marina kali ya” lalu foto sana, foto sini. Ah asik pokoknya. 

Sampai di Selangan, kami disambut meriah dan heboh banget oleh adik-adiknya. 



Lalu kami semua berkumpul di aula dan memulai acaranya, mulai dari sambutan, perkenalan, pembagian kakak relawan, dan games. Alhamdulillah adik-adiknya antusias banget, sampe aku nggak bisa berhenti ketawa ngelihat tingkah kocak adik-adiknya wkwk. Apalagi pas lihat ekspresi mereka tiap dikerjain kakak panitia, "Ais nda ada kakakmu palek, nda jadi sudah kamu belanja" mereka langsung diem dong 🤣 







Selesai acara pagi, kami istirahat sampai dhuhur. Aku dan temen-temen memanfaatkan waktu kosong dengan jalan-jalan mengeksplor Kampung Selangan. Ternyata kampungnya kecil bangett, mungkin cuma dihuni sekitar 50an KK. Tapi alamnya nggak usah diragukan. Lautnya jernih banget! Ikan-ikanan, rumput laut, sampai bulu babi kelihatan jelas dari atas. FYI Selangan adalah desa binaan Badak LNG. Jadi walaupun ada di tengah laut jauh dari peradaban, fasilitasnya udah lumayan lengkap. 

Menjadi turis di kota sendiri

Tibalah di acara utama yakni: Shopping di Ramayana! Kami beserta adik-adik kembali ke daratan dan naik mobil dalmas menuju Ramayana. Ini adalah pertama kalinya aku naik mobil dalmas polisi wkwk.

Sebelumnya ketika TM Kak Surya udah mewanti-wanti kalo sesi belanja bakal lumayan menguras tenaga. Aku santai aja karena aku pede adekku kalem orangnya. “ah nggak mungkin macem-macem”, gitu pikirku. 

Ternyataaa cuaapeek juga ya bund wkwkwk. Kami muterin lantai 3 mungkin bisa belasan kali deh. Si adik ternyata semangat banget buat belanja. Temennya beli sendal, ikut cari sendal. Temennya beli tas, ikut cari tas. Ngos-ngosan berasa lagi ikut acara Uang Kaget wkwk.




Tambah waswas lagi ketika temen-temen lain udah pada turun, dan di WA juga udah rame nyuruh balik, tapi si adek masih semangat banget mengosongkan saldonya di lantai 3 wkwk.  

Begitu turun, si adik masih ngajakin ke supermarket. “Kak pengin beli jajan juga di supermarket” kata si adik karena lihat temen-temennya beli minuman seger. 

“Waktunya udah mau abis dik, kita udah mau pulang. Uangnya nanti Aisyah tabung aja ya?” (dalam hati: “aku ga kuat dik kalo kudu jalan lagi muterin supermarket wkwk”). Tapi beneran ges uangnya tinggal 12 rebu, nggak sepadan kalo harus muterin supermarket tapi belinya cuma Frestea :( 

Akhirnya setelah perburuan panjang, kami berhasil membawa pulang baju sweater, celana, dan tas sekolah yang semuanya berwarna pink sesuai kesukaan si adik. 

Setelah beres di Ramayana, kami lanjut ke Masjid Al-Hijrah buat sholat Ashar, lalu ke pelabuhan untuk kembali ke Selangan. Di sini adik-adik udah mulai tepar, bahkan beberapa sudah buka puasa duluan. Ngelihat adik-adik minum es jeruk di saat terik-teriknya itu bikin kesabaran kita bener-bener diuji wkwkw. Ayo fet kuat kuat!! 

Kami sampai di Selangan pukul 5 sore. Tanpa istirahat, kita langsung lanjut bantu nyiapin takjil dan segala macam untuk acara buka puasa bersama nanti. FYI, suasana sunset di Selangan ini keren banget (sebenernya). Tapi karena kita hectic banget dan juga haus nggak ketulungan, yang ada di kepalaku tidak lain cuma menunggu azan Maghrib!!!! wkwk. 


Langit mulai meredup, akhirnya waktu berbuka tiba! Kami semua berkumpul di depan sekolah. Huhu rasanya seger banget bisa minum es sirup setelah seharian berkelana di tengah terik matahari :') Alhamdulillah capek hari ini terbayarkan. 

Setelah shalat maghrib, kami foto bersama dilanjut evaluasi singkat, kemudian beres-beres dan kembali ke daratan. 

Jadi total hari ini kami sudah naik kapal sebanyak 4 kali! Dari yang excited banget sampai udah capek bahkan sampe masuk angin di kapal wkwk. 


What a great experience! 🥰


Alhamdulillah, di hari Minggu awal Mei ini (lagi-lagi) aku masih diberi kesempatan untuk mensyukuri nikmat-Nya. Aku masih diberi kesempatan untuk saling berbagi dan belajar berempati. Aku diajak belajar menurunkan ego. 

Aku dapet banyak pengalaman baru dari kegiatan ini. Pertama kali ke Kampung Selangan, pertama kali naik mobil dalmas polisi, dan bahkan pertama kali sholat di Al-Hijrah wkwk.

Aku belajar sabar dan kuat mengurus anak kecil. Satu hari punya anak, rasanya capek sekaligus bahagia. Awalnya aku takut banget karena aku nggak jago berinteraksi dengan anak-anak. Takut merekanya malah takut, atau malah nggak nurut.  

Tapi ternyata walaupun aku bukan kakak yang sempurna, aku berhasil lho. 

Aku jadi mengerti kalau cintanya adik-adik itu tulus. Nggak melihat aku "sebodoh" apa, dia bakal selalu nganggep kita kakak terbaiknya. Aku lah yang pertama kali dicari ketika di aula. Aku lah yang terus menerus digandeng ketika di Ramayana. 

Maaf ya dik aku belum bisa jadi kakak yang baik. Maapin kaka suka ngilang. Maap kalian panas-panas naik mobil dalmas tapi akunya malah ngadem di mobil wkwk :( 

Fun fact: aku nggak mudah ngapalin muka orang (apalagi sekarang semua orang pakai masker), alhasil aku hapalin dari bajunya. Begitu sore si adik mandi dan ganti baju, aku bingung banget karena lupa adikku yang mana wkwk. Untungnya nggak lama si adik datang nyamperin aku. Hehe jangan dicontoh ya guis!

Sehat-sehat selalu Aisyah 💕

Oh iya. Seperti yang aku bilang di awal, ini adalah kali pertama aku ikut acara yang diselenggarakan oleh DDV. Bahkan aku juga baru tahu kalo ada organisasi semacam ini di Bontang wkwk. Buatku ini suatu pengalaman tersendiri bisa berpartisipasi di acara berbagi yang lumayan besar ini. Sponsornya pun nggak kaleng-kaleng. 

Alhamdulillah, sehari penuh bersama panitia dan juga relawan lain sangat seru dan berkesan! Mereka humble banget, walaupun di awal aku sempet berprasangka buruk "ini kenapa dah panitianya malah asik sendiri". Ternyata saat acara udah berjalan, kami tetep bisa kompak. 

Yang menyenangkan di kegiatan kayak gini adalah kita nggak mengenal usia. Dari yang masih sekolah sampai yang udah menikah dan punya anak semuanya bergabung jadi satu. Semua orang memanggil satu sama lain dengan sebutan "Kak". Walaupun kita lebih muda, tetep aja kita dipanggil kak. Ditambah lagi kami semua berlogat sama. Mendengar logat dan celetukan mereka yang khas Bontang itu bikin aku nyaman banget dan sadar "ini lho rumahku". 

Terima kasih kakak-kakak yang sebagian masih belum aku hapal namanya wkwk. Kalian luarr biasa!! 


Now let's talk about si tinggi.

Kalo ngomongin volunteer, project sosial, dll, satu nama yang langsung terlintas di kepalaku adalah Alya wkwk. Tanpa pikir panjang aku langsung coba ajak dia, dan alhamdulillah dia tertarik. Doi sangat ayo-able untuk kegiatan-kegiatan kayak gini. 

Sebelumnya kita selalu bercita-cita bikin program berbagi juga, namun seringkali terkendala karena kami susah ketemu. Adanya Sumringah 2.0 ini bener-bener jadi jembatan buatku karena akhirnya kami tetap bisa berbagi tanpa harus pusing memikirkan teknisnya. 

Mengajak Alya ikut acara ini adalah keputusan yang tepat menurutku. Karena dia emang "jiwa"-nya di situ, dan aku lihat dia nyaman banget berada di tengah hiruk-pikuk kegiatan relawan ini. Semangatnya selalu nular dan bikin aku semangat juga. 

Alya bukan tipikal noise maker, tapi dia selalu bisa bikin lingkungan jadi makin seru. Bisa dibilang dia itu mood booster kali ya. Dia bisa mengimbangi aku dengan segala kesahajaannya. Dia bisa mudah membaur dengan orang-orang baru, bisa ceria saat ketemu anak-anak, bisa juga bijak kalau lagi berdiskusi panjang. 

Aku kagum banget waktu sesi perkenalan kemarin, Alya bisa memperkenalkan diri ke adik-adik dengan cara yang sangat fun! Asli, ga salah aku ajak Alya ikut acara ini wkwk. 

Terima kasih al sudah mau menghabiskan waktu bersama. Seruu banget! 


Selangan. Sebuah kampung di tengah laut yang sampai sekarang masih bikin aku gak habis pikir, "kenapa bikin kampung bener-bener di laut (gaada daratannya sama sekali!), terus dulu bikinnya gimana?" 

Tempat yang mungkin nggak akan aku kunjungi kalo nggak ada acara ini. Desa yang ternyata lebih keren daripada tempatku sendiri. Energi listriknya dari panel surya, ada sistem air tadah hujan jadi air siap minum, warganya ramah, dan anaknya semua pinter berenang. 

Terima kasih warga Kampung Selangan berserta adik-adik yang sudah menyambut hangat kehadiran kami, sekumpulan kakak tidak dikenal yang ingin berbagi kebahagiaan. Terima kasih sudah mengajari arti bahagia sederhana.


Teman baru, cerita baru, semoga perjalanan ini bisa menjadi ladang kebaikan bagi kita semua. 

Terima kasih DDV Kaltim chapter Bontang!

Comments