Jember dan Warganya yang Bandel

 Halo! 

Hari ini sudah sebulan lebih aku tinggal di Jember. 

Kesan sejauh ini adalah: orang Jember bebal semua! Sumpah deh, di sini orang-orang santuy banget jalan-jalan bahkan main ke mall ga pake masker. Terus kadang kita lagi antri udah jaga jarak sama orang depan, eh orang di belakang cuek aja desek-desekan tanpa ada physical distancing. Penjual makanan juga banyak banget yang nggak pake masker. 

Kesel banget liatnya :( Kenapa sih, padahal pake masker kan gaada ruginya :( 

Awal di Jember aku lumayan kaget karena beda banget dengan di Bontang yang hampir semua orangnya taat. Mau lagi jalan-jalan, bahkan di dalem kendaraan pun semuanya pakai masker. Hampir di kebanyakan toko dan warung disediain tempat cuci tangan dan sabun. Dan orang-orang secara sadar dan sukarela cuci tangan. 

Surabaya pun kayaknya lumayan taat. Sejauh pengamatanku kemarin sih, hampir semua orang pake masker. Aku salut banget, waktu aku ke mall protokol kesehatannya juga dijaga banget. Mulai dari wajib cuci tangan, wajib pake masker, sampai physical distancing dan jumlah orang yang masuk toko semuanya diatur. Cakeeup lah. 

Karena itu, di Jember aku harus lebih hati-hati. Mana kasus terkonfirmasi dimana-mana lagi naik lagi. Nggak ada yang bisa jagain kalo bukan aku sendiri yang jaga diri.


Hari-hari pertama di Jember aku sempet diceritain Hana. Waktu itu kita lagi makan mie ayam, lalu doi mulai cerita. 

"Fet, mie mu masih banyak? Buruan habisin, di sini peraturannya dine in maksimal 20 menit. Kalo lewat 20 menit, ntar kita diusir" 

"Ah masa?", tanyaku bodo amat sambil sibuk nyeruput kuah. 

"Iya, peraturan pemkab jember kaya gitu sekarang" 

Aku yang awalnya gak percaya jadi mikir juga. Aku sih percaya percaya aja karena kemarin Dinda juga pernah cerita kaya gini di Surabaya. Tapi masak di warung kecil gini? Yaudah lah, yang penting aku cepet habisin makanku. 

Nggak lama Hana ngomong lagi, "Gapapa fet gausah buru-buru, karena kamu abis aku boongin" 

WKWK KAMPRET! Rasanya pengin kusodok pake botol kecap mulutnya. Dan semenjak itu aku jadi nggak percaya lagi sama apa yang diomongin Hana wkwk.


Temenan dengan mereka para DM di sini sebenernya lumayan menguntungkan. Kesadaran mereka untuk jaga kesehatan itu tinggi. Yaiyalah ya, tiap hari ketemu pasien covid. Aku pun jadi ikut sadar akan kebersihan dan kesehatan. Yah walaupun kadang agak waswas juga mereka bawa "oleh-oleh" apa dari rs, tapi aku yakin mereka lebih bisa jaga diri. 

Frequently said sentences

"Ayo ayoo cuci tangan dan cuci kaki dulu"
"Kita beli bungkus aja ya, di sana rame banget. Serem"
"Ayo dipake maskernya! Jangan diturunin!" 

Oke siap bund! Wkwk. 

Tapi memang lagi miris sih beberapa waktu ini. Kasus makin naik, tenaga medis banyak yang gugur, ruang isolasi penuh, dan orang-orang pun makin barbar (iya aku salah satunya). Bolak-balik denger kabar ga enak bikin waswas, kaya gini:




Kalo kata meli pokoknya kuncinya: jangan panik, dan makan yang banyak biar nggak sakit. 

Untuk kalian, semoga sehat-sehat selalu! Semoga kita bisa bertemu secara fisik dalam keadaan sehat sentosa. Amin

Comments