Wis, Udah!



Halo!

Ternyata drama perkampusan belum benar-benar selesai. Kali ini, wisuda yang memulai ceritanya.

Sebenernya, dari dulu aku malas sekali menghadiri acara pelepasan kaya gitu. Waktu SMP temen-temen pada heboh dateng prom night, aku mah bobo siang aja di rumah. Pikirku, "halah ngapain sih, toh ntar SMA juga ketemu lagi".

Waktu SMA, aku mau kabur lagi tapi dimarahin sama temen-temen. "Ini tuh pertemuan terakhir di Bontang fet! Abis ini kita semua udah pada mencar. Pokoknya kamu kudu ikut prom. Kalo ga ikut kita gak temen selamanya". Wkwk karena diancem kaya gitu, terpaksa lah aku ikut.

Dan sekarang, wisuda pun tiba. Bagi kebanyakan orang, wisuda itu titik puncak bahagianya sebagai mahasiswa. Bagiku enggak, itu cuma upacara simbolis biasa. Aku nggak melihat ada sesuatu yang spesial di sana.

Aku pernah beberapa kali dateng ke wisuda temen. Tentunya yang dateng nggak cuma aku, tapi banyak juga temennya yang lain seperti temen kos, temen jurusan, temen himpunan, temen ukm, temen ospek, temen SMA, dan banyaak lagi. And yap, it was so fcking hectic. "Ntar ya, ada temen ukm-ku", "Udah dulu ya, aku diajak foto sama temen SD-ku", "Aku ke sana dulu ya, diajak temen primagamaku". Aku tinggal ngedip bentar, eh si wisudawan udah ilang wkwk.

Aku dateng kesana cuma sempet foto lalu udah. Mungkin lebih lama aku nyari parkir dibandingkan ketemu si wisudawan wkwk. Temen-temen lain yang nyempetin dateng dari jauh juga kasihan sih. Berharapnya bisa nyamperin lalu ngobrol dan seru-seruan. Tapi boro-boro q-time, mau ngobrol aja susah.

Kasian lagi orang tuanya. Udah nyempetin dateng jauh-jauh (naik pesawat, misalnya), bela-belain cuti kerja, nyewa hotel, mobil, dll, tapi gabisa Q-time sama kita karena kitanya sibuk sendiri.

Dan yang paling capek jadi wisudawannya sih. Dari jam 2 pagi udah riweuh, terus abis seremonial masih harus didatengin temen-temen berasa open house. Aduh, jiwa introvertku meronta-ronta. Belum lagi ribet sholat dhuhur dan ashar. Sore baru bisa pulang. Dapet capeknya doang, karena nggak sempet ngobrol banyak dengen temen-temen. Yaaa seneng sih. Tapi terlalu banyak hal yang datang di waktu bersamaan, sehingga kita jadi nggak bisa benar-benar menikmatinya.

Aku sempat terinspirasi sama Lukas, temen KKN-ku. Pas wisuda dia ikut seremonial seperti biasa. Dan selepas acara, dia langsung kabur dan ganti baju supaya nggak disangka abis wisuda. Wkwkwk aku gatau sih motifnya dia apa, tapi idenya menarik.

Setelah itu aku jadi berandai-andai. Kalo nanti aku wisuda, abis acara aku mau langsung pulang ke kos/hotel. Istirahat dan Q-time sama keluarga. Lalu malemnya, aku ajak temen-temen buat makan bareng sambil bercengkerama. Nggak perlu mewah, yang penting bisa ngumpul dan ngobrol bareng. Menurutku itu lebih menyenangkan dan win win solution. Akunya nggak capek, dan kita bisa sama-sama Q-time.

Btw, curhatan di atas itu murni keluh kesah pribadiku sebagai seorang introvert. Curhatan kalian mungkin saja berbeda.

"Untung aja" aku lulusan angkatan corona, yang artinya semua serba online. Yay, aku bahagia sekali membayangkan bisa wisuda tanpa ribet wkwk.

Tapi beberapa hari lalu, muncul edaran dari kampus seputar wisuda yang akan dilaksanakan drive-thru. Haaah gimana gimana? Aku sampe ditanyain Dinda, "abis wisuda dapet mcflurry ga tuh" wkwk sa ae bambank, lu kira drive-thru mekdi.

Setelah baca sekilas tentang gambaran wisudanya, aku jadi semakin ingin memaki-maki. Kenapa wisudanya dipaksakan untuk offline ya? Acara bergengsi macam sidang umum PBB dan World Economic Forum aja online, kenapa acara wisuda harus offline? Seakan acara ini dipaksakan untuk mementingkan ego tertentu.

Banyak sekali hal yang menurutku mengganjal tentang wisuda kali ini. Pertama, wisuda drive-thru ini sangat nggak ramah kantong. Untuk prosesi penyerahan ijazah yang mungkin ga sampe 5 menit itu perlu merogoh kocek sampe jutaan.

Mulai dari biaya transportasi wisudawan + orang tua naik pesawat, transportasi darat, transportasi dalam kota, lalu biaya penginapan dan konsumsi selama di sana. Belum lagi kalau perlu makeup dan sewa baju. Udah gitu, syarat wisuda harus rapid test sekeluarga dulu. Padahal, untuk naik pesawat dan kereta, bahkan masuk ftp juga butuh rapid test dan harganya nggak murah.

Bayangin deh. Pulang wisuda bukannya hepi malah tekor wkwk.

Dan menurutku lagi, syarat untuk rapid test itu nggak relevan. Kenapa hasil rapid test diupload seminggu sebelumnya? Bisa saja saat rapid test hasil kita nonreaktif, tapi dalam seminggu itu kita ketemu banyak orang. Apalagi bagi aku dan temen-temen lain yang dari luar kota, bisa jadi dalam seminggu itu kita melakukan perjalanan jauh dan kontak dengan banyak orang. Alhasil, hasil rapid test seminggu yang lalu itu bakal nggak valid lagi. Jadi buat apa dong dijadikan syarat?

Btw emang rapid test nggak akurat sih ges.

Dan terlebih lagi, rapid test musti bayar sendiri. Hellaaw, kalo harga rapid test dua rebuan gapapa sih. Lha ini dua (ratus) rebuan atau bisa lebih. Makin miskin aja kan kita abis wisuda? Wkwk.

Pelaksanaan wisuda drive-thru ini timingnya juga nggak tepat. Setelah ditunda berbulan-bulan, tentu orang-orang udah mulai pulang ke kotanya masing-masing dan sebagian mulai bekerja. Ketika disuruh memilih antara bekerja (yang notabene menghasilkan cuan) dengan mengikuti wisuda (yang notabene harus ambil cuti dan justru menguras kantong), tentu lebih banyak yang memilih bekerja.

Lagian, makin lama ditunda maka euforianya juga pelan-pelan akan semakin berkurang. Lulusnya 2019, wisudanya akhir 2020. Jadi nggak excited lagi untuk dirayakan. Jadi buat apa terlalu heboh?

Satu lagi masalah yang cukup serius di kala pandemi ini, yakni dari segi kesehatan dan resiko penularan. One thing to note: warga Indonesia ini bebal. Iya, termasuk aku. Sistem wisuda yang sudah dirancang sedemikian rupa itu, realitanya bisa banget jauh dari ekspektasi yang diharapkan.

Contohnya nih, jumlah wisudawan per hari kan ada 450 orang. Oke lah, satu mobil hanya boleh diisi maksimal 4 orang. Kemudian mobil masuk satu persatu ke kampus dan menunggu giliran dengan tertib.

Masalahnya, Iya kalau tertib.

Bayangin aja, 400++ mobil dateng ke kampus. Mungkin situasi di dalem kampus bisa kondusif, tapi bisa jadi di luar kampus mobil antri panjang untuk bisa masuk kampus. Atau bagi pengguna kendaraan kampus, bisa banget terjadi kerumuman sebelum masuk gedung dan saat antrian. Dari segi risiko penularannya, tentu saja nggak bagus.

Dan lagi, selepas prosesi wisuda, mana ada orang yang sudah makeup dan jahit baju mahal-mahal rela pulang begitu saja (kecuali aku). Pasti semua mau foto-foto, entah didepan ikon unej seperti di rektorat, triumviraat, tulisan Universitas Jember, atau mungkin di luar UNEJ. Hal kecil di luar kendali kayak gini bisa banget melanggar protokol kesehatan, terutama jika 400++ wisudawan + orang tuanya berpikiran sama kaya gini.

Banyak celah-celah yang bisa kecolongan saat wisuda drive-thru kaya gini, jika dibandingkan dengan wisuda online. Malu-maluin kalo sampe ada kluster wisuda unej, karena menurutku hal tersebut nggak perlu ada.

Sekian curhatan seorang (self-proclaimed) introvert.
Mon maap aku bawel kalo udah urusan covid gini wkwk. Menurut kalian, wisuda yang ideal di saat seperti ini kaya gimana?

Comments

  1. alhamdulillah yah gajadi drive thru, drive thru kfc aja wes

    ReplyDelete

Post a Comment

Apa pendapat kamu? Yuk sharing! :)