Nanti Kita Cerita Tentang Kawah Ijen

Halo!

Sabtu kemarin, aku baru aja ngetrip dari Ijen bareng temen-temen Bontang ft. Jatim + Lombok wkwk. Fyi, pergi ke kawah Ijen adalah salah satu wishlist ku sebelum meninggalkan Jember. Sebelum ini, di tahun 2015 aku udah pernah ke Ijen tapi cuma sampai ground perkemahan Paltuding. Cerita keseruan kita kemping di Ijen bisa kalian baca lagi di sini.

Ide ini bermula di Pesenkopi pada Rabu malem. Waktu itu anak Bontang lagi ngumpul dan seperti biasa ada yang nyeletuk, "Ayooo gas Ijen kah?" Setelah rundingan singkat, akhirnya keberangkatan diopsikan Jumat malem dan semua anak sepakat bisa. Okee mantul, gaskeun!

Jumat siang, Kak Ridho mulai rame-rame di grup ngajakin temen-temen berangkat ke Ijen.
Tapi kali ini malah yang ngelist dikit, padahal Rabu kemarin anak-anak antusias banget. Dodok dan Lele sempet kesel banget karena tujuan ke ijen selain perpisahan anak 15 dan 14, juga mau ngajakin adek-adek 2019 yang belum pernah jalan-jalan. Tapi kalo pas diajak gini malah nggak ada yang ikut, gimana ceritanya coba?

Jam 9 malem, rencana yang hampir gagal karena sepi peminat ini akhirnya tetep dilaksanakan. Kita ngumpul di double way jam 11 malem sambil nunggu temen-temen lain. Di sana udah ada aku, Hafidha, Daeng, Oksal, Rafi, Dodo, dan Lele. Ditungguin sampe jam 12, jam setengah 1, sampe Dodo ngirim foto p0rn0 di grup, sampe geng motor sebelah udah pada diangkut satpol PP, kok anak-anak lain nggak ada yang dateng?

Walaupun sedikit yang ikut, but the show must go on. Untungnya waktu itu Dodok ngajakin beberapa temennya, jadi personil kita makin rame. Mereka adalah Benny, Aldo, Ucup, dan Rian. Jadi total kita ada sebelas orang.

Pukul 00:40 dini hari, kita briefing sebentar, berdoa, kemudian berangkat. Perjalanan kita kali ini lewat jalur Bondowoso. Dan sebelumnya sudah dikonfirmasi oleh pihak Ijen kalo jalur Bondowoso udah aman dan bisa dilewati.

Kalo nggak salah, perjalanannya sekitar 2,5 hingga 3 jam. Rute via Bondowoso memang lebih sepi dibandingkan rute via Banyuwangi. Semakin ke atas, jalanan makin kecil dan makin gelap karena nggak ada penerangan sama sekali. Ditambah akibat banjir bandang kemarin, jalanan jadi lumayan berpasir dan berlumpur.

Hampir sampai di puncak, kita menemui jalanan yang bener-bener berlumpur licin sampe semua penumpang harus turun buat jalan kaki. Kita juga ngelewatin sela-sela pohon tumbang di tengah gelapnya hutan waktu itu. Motor sampe harus dimiring-miringin supaya bisa lewat, plus jalan yang masih sangat berlumpur. Sampai kemudian orang yang paling depan, Lele dan Fidha (atau siapa aku lupa) bilang gini:

"Rek, jalan depan buntu! Nggak bisa dilewatin sama sekali."

Lalu semuanya panik.

"Seriusan gabisa dilewatin? Terus gimana dong?"
"Tapi kata petugas Ijen jalannya udah aman kok, harusnya sih bisa dilewatin"
"Apa jangan-jangan kita salah jalan?"

Di tengah hutan yang gelap gulita kayak gitu, kata "salah jalan" tentu bikin kita makin panik nggak karuan. Pertanyaannya adalah, sudah sejauh mana kita kesesat? Semuanya kembali mengingat-ngingat jalan yang tadi dilewati. Semua persimpangan dan belokan yang diambil, bener kok. Terus kenapa bisa nggak ada jalan gini?

Akhirnya kita coba putar balik, coba menelusur kembali jalan yang kita lewatin tadi. Temen-temen juga ikut nerangin sekitar buat cari jalan lain. Setelah disenterin, kita ngelihat sebuah jalan setapak berlumpur yang banyak bekas roda. Nggak salah lagi, ini pasti jalan yang bener wkwk. Wajar sih kita salah ambil jalan, waktu itu kondisinya memang lagi berlumpur banget, sampe kita nggak bisa bedain yang mana jalan yang mana hutan. Udah gitu jalanan gelap gulita jadi otomatis kita lebih milih jalan lurus dibandingkan belok.

Gilee, kebayang nggak sih serunya perjalanan kali ini wkwk :))

Setelah menemukan jalan yang benar, akhirnya kita melanjutkan perjalanan dan sampai di ground Paltuding pukul setengah 4 pagi. Bebersih diri sebentar, kita langsung lanjut mendaki ke Ijen. Btw di tengah dingin-dinginnya Ijen waktu itu, Lele sama Rian malah pake celana pendek dong :') tapi waktu berangkat Lele sempet nyesel karena lututnya hampir beku pas naik motor tadi haha.

Awal pendakian kala itu berjalan lancar. Kita masih guyon, nggojlokin Hafidha sama Tegar, Ucup yang tepuk pramuka, atau Dodo yang nggojlokin dirinya sendiri wkwk. Tapi serius, mendaki bareng mereka itu seru banget. Walaupun obrolannya kadang ngelantur nggak jelas dan penuh rasisme, tapi mereka itu selalu bikin rame.

20-25 menit jalan, gua mulai sempoyongan WKWK. Abis itu aku memisahkan diri dengan orang-orang berlangkah lebar dan cepat, dan istirahat duluan ditemenin Dodo, Lele, dan Rafi. Mereka bertiga bukannya nggak kuat, tapi mereka sengaja nemenin aku yang cupu ini wkwk. Awalnya aku mau nyuruh mereka duluan karena nggak enak harus nungguin aku, tapi kemudian aku mikir aku juga nggak berani ditinggal sendirian gelap-gelapan di hutan wkwkw. Lele beralasan, "Udah santaii, istirahat aja dulu. Aku udah 11 kali kesini jadi nggak ngebet cari sunrise kok. Lagi pengen jalan santai nikmatin pemandangan".

Aku lumayan lama tiduran di pinggir jalan. Lanjut jalan bentar, tiap ada tikungan istirahat. Wkwk dasar aku. Akhirnya Dodo dan Rafi memanfaatkan dengan take foto dan video di sela-sela istirahat. Mon maap ya gaes kalian udah nungguin lama di atas kita malah foto-foto di bawah wkwk.

Salut banget sih aku sama mereka bertiga :') Kalo diibaratkan gerombolan serigala, mereka bertiga tuh kaya pemimpin yang selalu stay di belakang jagain semua anggotanya supaya nggak ada yang ketinggalan. Fyi kata Lele, Dodo baru kelihatan bijaknya kalo lagi emergency kaya gini. Sumpah dia gercep dan manly abis. Cuma gatau kenapa kalo lagi rame emang sifat idiotnya yang lebih dominan wkwk.

Tiga jam perjalanan penuh istirahat dan foto-foto, akhirnya kita sampe di kawah ijen!! Dengan muka pucat dan bibir membiru akhirnya aku bisa melihat kawah ijen dari dekat, walaupun tadi hampir nyerah gamau lanjut naik wkwk. Di sana udah ada anak-anak yang nunggu sambil harap-harap cemas ngirain kita kenapa-napa atau malah nggak jadi naik. But yay, we're fullteam!

Pemandangan di atas nggak usah ditanya sih, keren parah!!! Bahkan nggak cuma di atas, selama perjalanan tadi pun pemandangannya bener-bener adem dan nenangin bangett. Walaupun tadi nggak bisa dapet sunrise di puncak, tapi aku cukup beruntung bisa menikmati pemandangan sepanjang pendakian yang spektakuler.

Kita istirahat sebentar di pinggir kawah sambil ngemil amanda dan pokpok, sambil cerita cerita tentang perjalanan tadi. Jadi yang pertama sampai ada Benny, Fidha, Oksal, dan Daeng. Lalu dilanjutin Aldo, Ucup, Rian, dan yang paling terakhir sampai adalah kita berempat. Kata mereka, di tiap tikungan mereka selalu berhenti sambil manggilin kita berempat. Mungkin takut dikira aku nggelundung kali ya wkwk.

Daaan sesi yang paling ditunggu-tunggu, foto-foto! Watch out, photos incoming!

( Photos copyright by @muharido_ )

FTP reunited

Ini candid terkeren sepanjang sejarah, asli.

Aku nggak banyak foto-foto di puncak karena harus nyimpen tenaga buat turun gunung wkwk. Tapi memang sebenernya hal yang paling menyenangkan di puncak gunung adalah duduk diam menikmati pemandangan sambil sesekali diterpa angin dingin sepoi-sepoi dan hangatnya matahari. Kamu bakal merasa hati dan pikiranmu dicharge penuh dan mendadak lupa sama semua hiruk-pikuk masalahmu, seriusan!

Serunya perjalanan kita bisa ditonton di vlognya Udin di bawah ini! Kurang beruntung apa sih aku bisa ngetrip bareng fotografer dan vlogger kaya mereka :')

Puas foto-foto dan menikmati pemandangan di puncak, jam 8 kita turun gunung. Alhamdulillah kali ini turunnya fullteam wkwkw. Perjalanan turun nggak secapek pas naik, cuma lumayan sakit di pergelangan dan jari-jari kaki karena harus ngerem di turunan yang tajam plus licin.

Kita sampai di parkiran sekitar pukul 10:00. Setelah turun rencananya kita mau langsung pulang ke Jember, tapi tiba-tiba hujan. Kita memutuskan buat neduh dulu sambil nyeruput indomie kuah sampai hujan agak reda. Begitu hujan agak reda, gantian kabut tebal yang turun sampe nggak kelihatan apa-apa. Alhasil, nggak jadi berangkat lagi dan nunggu kabutnya hilang. Begitu seterusnya sampe anak-anak cowok akhirnya ketiduran di warung.

Makin siang, bukannya makin panas tapi justru makin dingin karena matahari sama sekali nggak kelihatan. Kita yang awalnya nongkrong di teras warung sampe masuk dan menginvasi rumah ibunya karena kedinginan wkwk. Ada yang rebahan di kursi warung, rebahan di kasur, dan ada yang rebahan di dapur deket tungku api. Wah emang parah sih dinginnya.

Pukul 13:00, hujan sudah nggak deras tapi masih mendung tebal. Akhirnya kita memutuskan nekat pulang biar nggak kemalaman. Bayangin deh, di kaki gunung hujan-hujan dan kabut tebal kita naik motor 2+ jam. Beku bro.

Dan bener aja. Perjalanan pulang, gua kembali berulah WKWK. Karena kedinginan, aku tiba-tiba lemas di motor. Lagi-lagi, Dodo dengan sigap langsung mencari tempat berteduh dan menepi di sebuah gubuk seadanya. Temen-temen lain sudah duluan, tersisa Elrey dan Hafidha yang sempet dicegat Dodo.

Aku terkapar di sana lumayan lama. Temen-temen bingung, stok makanan nggak ada, stok obat-obatan juga dibawa Daeng yang udah jalan duluan. Mau ke perkampungan terdekat juga jaraknya lumayan jauh. Akhirnya Lele sok ngide nyuruh aku rebahan di motor. Motor Lele dinaikin ke gubuk, lalu aku tidur di joknya dan kaki dilurusin di stang wkwk. Biar darahnya cepet ngalir ke otak katanya.

Udah agak mendingan, kemudian kita melanjutkan perjalanan ke warung terdekat. Aku dipesenin teh hangat sambil nyemil keripik-keripik buat tambahan tenaga. Setelah itu kita cari indomaret terdekat buat cari bekal berupa roti atau cokelat. Pokoknya kata anak-anak aku gak boleh berhenti ngunyah wkwk. Dasar aku beban ya Allah.

Turun ke Bondowoso, ternyata kita udah ditungguin anak-anak di Indomaret Wonosari. So sweet bangettt, kirain kita udah ditinggal hehe. Akhirnya semuanya beli jas hujan di Indomaret dan bareng-bareng melanjutkan perjalanan ke Jembrina. Kita pun sampe di Jember tepat azan Maghrib. Alhamdulillah, perjalanan ke Ijen berjalan lancar dan kita sampai dengan selamat.

* * *

Lain waktu, lain lagi ceritanya. Pengalaman tahun baruan di Ijen kemarin udah sangat berkesan, kali ini pengalaman ke Ijen sekarang juga nggak kalah berkesan. Walaupun nggak serame tahun baru, tapi tetep seru karena kita ketambahan temen-temen baru. Sumpah ya mereka itu gokil-gokil parahh. Jokesnya kadang receh dan gak senonoh, tapi anak-anak lain masih mau aja nanggepin wkwk. Semoga abis ini gobloknya mereka ga nular ke aku ya :)

Dinginnya Ijen jadi nggak berasa karena hangatnya kebersamaan kita kala itu (wkwk ga deng, aku tetep kedinginan). Semoga silaturahmi kita bisa selalu terjaga ya, dan kapan-kapan bisa ngetrip bareng lagi hehe :))

Perjalanan Ijen yang harusnya sebelum Duhur bisa sampe Jember, tapi gara-gara aku jadi molor sampe maghrib wkwk. But big thanks buat kalian semua yang masi mau nungguin makhluk lemah ini dan mau seru-seruan bareng. Special thanks buat Kak Rido, Kak Lele, Rafi, dan Hafidha yang udah sabar banget ngeladenin bocil satu ini. Mungkin kalo nggak ada kalian, aku nggak bakal termotivasi buat naik ke puncak wkwk. Atau yang lebih parah lagi, kalo nggak ada kalian mungkin kita nggak bakal jadi ke ijen malam itu.

Well, alam itu hebat ya. Bisa merubah pikiran yang keruh menjadi kembali jernih. Bisa menenangkan hati padahal sebelumnya sempat berkecamuk hebat. Sesederhana ini bisa membuktikan bahwa jerih payah akan menghasilkan sesuatu yang indah, as long as you dont stop. Aku paham sih, kenapa orang-orang selalu bilang "mainmu kurang jauh" untuk orang yang keras kepala dan berpikiran sempit. Karena memang, alam bisa sehebat itu melunakkan pikiranmu.

Banyak pengalaman hidup yang aku dapetin dari trip ini, nggak cuma pengalaman mendaki. Pelajaran untuk nggak pernah nyerah, menikmati proses kehidupan apapun yang terjadi. Juga pelajaran buat besok besok kalo mau ngetrip lagi, jangan lupa bawa jajan!! Bener kata anak-anak, cemilan semurah wafer tango itu berasa nikmat banget kalo dimakan di puncak pas lagi kelaparan wkwk.

And note to myself: nggak usah sok mendaki kalo kerjaanku masih depan laptop mulu alias ga pernah latihan fisik wkwk.

Akhir kata, sampai jumpa Ijen! Semoga masih diberi kesempatan untuk mengunjungimu lagi kapan-kapan. Terima kasih juga buat temen-temen atas tripnya kali ini! Semoga bisa bertemu dan ngetrip lagi di lain kesempatan.

fyi, setelah pulang ngijen anak-anak masih lanjut main bulutangkis dan nongki sampe pagi. Ih kesel anak-anak cowok napa gaada capek capeknya si :((