Dedicated to Her


Post ini aku persembahkan untuk si dia yang bentar lagi mau menuntut ilmu di negeri seberang. She's my first long travel partner. Yap siapa lagi kalo bukan si anak dempo BSD, Adis. Dia ini adalah rekan travelingku yang setia menemani selama exchange di Filipina 2016 lalu. Waktu itu emang agak gila merencanakan petualangan sebulan bersama di negara orang, apalagi kita masih berstatus "maba". Sebulan itu bukan waktu yang sebentar. Tapi alhamdulillah berhasil kita lewati dengan sukses. Dan itu berkesan banget :')


Kalo aku boleh bilang, Adis adalah tipe anak yang "skuy lah". Yaiyalah, kalo nggak skuy, dia nggak bakal mau aku ajak ngacir ke singapur dan ke filipina selama 1,5 bulan wkwk.

Nahh sebelum Adis memulai journey yang lebih hebat lagi setelah ini, aku mau cerita sedikit tentang pengalamanku traveling bareng Adis. Percayalah dis, sebenernya aku udah nulis draft ini sejak tiga tahun yang lalu. Tapi karena kehabisan ide dan sibuk kuliah, akhirnya post ini mangkrak sampe sekarang wkwk.

Di Summer Journey '16 kemarin, kita hampir selalu menghabiskan waktu bersama. Dari mulai berangkat dari Bontang, naik pesawat ke Manila, ke Davao City, satu kamar tidur, satu project, bahkan sampe pulang lagi ke Indonesia. Iya kalian mau bilang kayak homo, terserah.


Kita punya beberapa interest yang sama, dan obrolan kita sering nyambung. Entah ngobrolin mulai dari kehidupan sehari-hari, college life, agama, ngomongin orang, sampe ngomongin walikota Davao City yang anaknya pak presiden itu kita juga nyambung kok. Apalagi kalo lagi gabut di airport, semua orang yang lewat bisa jadi bahan obrolan wkwk.

Karena dasarnya kita nggak pernah tinggal lama di luar negeri sebelumnya, awal-awal disana kita berdua culture shock banget wkwk. Terutama masalah ibadah yang beda sama di Indonesia. Beruntung aku tinggal bareng Adis, dialah yang pinter ngakalin dan sering ngeluarin ide-ide "the power of kepepet". Contohnya:

"Fet, aku punya rencana. Di mall kan nggak ada mushala, jadi kita sholat di fitting room aja. Ntar iseng aja nyoba baju abis itu masuk deh ke fitting room."

"Fet wudhu dari condo ya, biar kalo diluar gausah bingung cari tempat wudhu lagi"

"Fet beli sprayer yok, buat jaga-jaga in case gak bisa wudhu"

Adis panutanqqq! :*

FYI waktu itu kita coba plan kita buat sholat di fitting room. Agak awkward sih, tapi percobaan pertama sukses. Besoknya waktu ke Abreeza Mall ternyata fitting roomnya nggak privasi banget. Pintu biliknya cuma nutupin dari kepala sampe lutut, dan itupun tiap bilik dijagain sama pelayannya. Yup, awkward adalah ketika kamu sujud dan kamu bisa ngeliat kaki-kaki berjalan dari sela-sela pandanganmu. boom.

Perjuangan buat nyari tempat ibadah itu emang jadi hal yang seru buat diinget wkwk. Buatku pribadi, merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bisa merasakan menjadi minoritas di negara orang.

Dan untuk skill berbahasa, jujur aja, kita berdua (terutama aku) lumayan buruk dalam bahasa inggris. Waktu pertama menginjakkan kaki di Davao City, kita awkwardnya kebangetan kalo ngobrol sama orang lain. Karena itu kita agak pasif kalo dibandingin temen-temen yang heboh kayak Abel, Michelle, Andy, Stella, dan Asuka. Minggu pertama kita nggak ngomong kalo nggak diajak ngomong duluan wkwk.

Bahkan waktu chatting sama temen-temen disana, aku ngetiknya lamaaaa banget gara-gara bingung sama grammarnya wkwk. Padahal kalimatnya cuma sesederhana "Kalian nanti malem kemana? Ntar mampir yok ke G-Mall sekalian beli makan". Tapi baru ngetik, dihapus lagi, ngetik, hapus lagi, dan gituu terus sampe akhirnya aku nggak jadi ngechat._.

Pernah waktu itu kita dapet tugas buat ngajuin sponsorship ke dept store. Aku sama Adis kebagian buat ngajuin ke Abreeza Mall. Bayangin dah, ngajuin proposal di indo aja belum pernah dan sekarang malah disuruh ngajuin proposal di luar negeri. Mau jadi apa gua nanti?

Setelah muter-muter nyari office-nya yang nyelip itu, akhirnya kita masuk ke dalam dan ngomong sama resepsionisnya. Resepsionisnya jelasin panjang lebarrrr, kita pun ngangguk-ngangguk paham. Setelah selesai dan keluar dari office, adis nanya.

Adis : "Ngerti fet?"
Aku : "Nggak. Hehehehehehehehehhe.."

Padahal mukaku meyakinkan banget waktu dijelasin. Agak kampret ya aku hehe.


Aku sama Adis sering berdebat kalo soal alkohol dan daging babi. Bukan, bukan ngomongin masalah haram atau enggaknya. Tapi biasanya kita iri sama anak lain, seringnya gara-gara kita kesulitan kalo mau cari makan.

Aku sering banget memulai dengan "Enak ya mereka bebas ngapain aja. Boro-boro kita disini mau makan aja susah. Segitu enaknya ya alkohol? Sekali sekali pingin juga kali nyobain."

"Ih daripada alkohol, mending makan pork tau. Toh sama-sama dosa."

"Tapi alkohol itu enak tau. Liat deh muka-muka gembira mereka kalo udah minum."

"Pork juga enak kalii. Udah enak, kenyang lagi. Daripada alkohol? Kenyang aja kagak."

Dan setelah perdebatan panjang, ujungnya kita makan mie instan juga. Sia-sia sih kita debat wkwk.

Well jujur aja, aku sering banget tergoda disana dan Alhamdulillah masih ada Adis yang meluruskan pikiranku (love ya, dis!). Contohnya aja, aku sering ikut kalo anak-anak minum di rooftop dan di kamar. Bukan ikutan minum sih wkwkw, cuma ikut ngobrol dan nimbrung ketawa aja. Dan Adis sering ngingetin, "Hati-hati fett keterusan. Kalo mau share makanan sama mereka dicek lagi soalnya mereka lagi minum alkohol tuh"

Bahkan waktu Abel ulang tahun, kita dibujuk habis-habisan sama anak-anak untuk ikutan ke bar. Soalnya mereka semua pergi, dan cuma kita berdua yang di condo. Awalnya aku udah hampir terhasut karena aku kepo banget, lagipula dalam bayanganku "Toh gua juga ga bakal minum di sana". Tapi akhirnya Adis melarang karena sesungguhnya itu tidak baik wkwk. Makasih banyak dis, kau sangat berjasa di sana :" Kalo nggak ada kamu, mungkin aku udah neguk berbotol-botol San Miguel bareng mereka. hehe.

Oh iya. Waktu itu, sempet hampir ada tragedi kita mau pisah. Minggu kedua di sana, kamar 706 kedatangan masalah. Sebenernya, masalahnya sederhana. Beberapa orang disuruh pindah ke kamar 505, soalnya ada dua Egyptian girls mau dateng. Aaaand the problem is, kita sekamar gaada yang mau pindah kecuali Abel.

Tapi akhirnya aku sama Adis sadar diri juga sih. Daripada terjadi World War 3 di Filipina, mending salah satu dari kita ngalah untuk pindah. Kita udah mengikhlaskan untuk sekamar bareng siapapun. Karena kita sadar, tujuan kita exchange adalah untuk keluar dari zona nyaman, dan bertemu hal-hal baru. Kalo aku kemana-mana sama Adis mulu, kapan kita berkembang ya nggak?

Disitu kita udah nyiapin mental, bahkan sampe peluk-pelukan perpisahan (padahal cuma pindah kamar doang Ya Allah wkwk). Kita udah saling berpesan satu sama lain "Kalo misalnya roommate-ku nggak enak, aku main ke kamarmu yaa. Jangan lupain akuu. Kalo pergi makan tetep ajak-ajak aku"

Dan tebak siapa yang pindah?

Nggak ada wkwkwk. Egyptian girls-nya nggak jadi tinggal di 706, and that means... Kita bertujuh masih barengannn yay wkwk. Aku dan Adis pun akhirnya masih bersama (padahal tadi udah sedih banget sampe peluk-pelukan HAHA).


Ada yang bilang, persahabatan itu diukur dari traveling bareng. Karena di saat capek dan stress, kita bakal ketahuan sifat aslinya.

Awalnya sempet kepikiran yang macem-macem. Bukannya nggak percaya sama temen, tapi bisa aja kan tiba-tiba ada masalah yang bikin kita musuh-musuhan selama sebulan di sana. Bayangin berantem di negara orang? Hii pasti repot banget. Secara tiap hari ketemu, seproject, bahkan sekamar. Terus nasib pertemanan kita yang udah menginjak remaja ini pecah begitu aja? Naudzubillah jangan.

Tapiii lagi-lagi aku bersyukur, aku sama sekali nggak menyesal traveling bareng Adis. Well, I really enjoyed spending time with her. Nggak ada tuh masalah yang bikin kita berantem hebat. Kalaupun ada masalah, biasanya mereda dalam beberapa jam aja.

Sudah seharusnya sewaktu traveling kita menahan ego masing-masing. Walaupun udah temen deket, tapi pasti punya perbedaan yang bikin kita nggak sependapat. Kalo temen kita ngotot, jangan kita bales ngomong dengan ngotot juga. Kalo nentuin pilihan, jangan kekeuh-kekeuhan. Coba dirundingin baik-baik, apa baik buruknya pilihan kita masing-masing. Kalo temen lagi butuh waktu sendiri, tinggalin saja sebentar sampe moodnya baik lagi. Kalo temen kita capek, bantu semangatin biar semangat lagi. Jangan malah ikutan capek dan ngeluh, atau malah dimarahin karena temen kita capek.

That's what I learned in the journey. Kalo udah kayak gini, aku jadi ngerasain banget artinya temen :') I'm nothing without her, really.

Oh iya. Selain itu, jangan langgar space orang lain. Kita emang berangkat bareng dan bekerja di project yang sama. Tapi bukan berarti kemana-mana harus bareng. Yah, walaupun kita seringnya bareng sih. Seenggaknya, kita tetep ngehormatin space orang lain. Ada kalanya kita pingin sendirian kan? Aku juga gitu kok. Misalnya kalo Adis mandi, aku nggak ngikutin dia. Kalo Adis pake baju, aku juga nggak ngikutin.

hm

YAIYALAH.

Ah anjir ini postingan makin gak jelas isinya wkwkw 😂


Hari terakhir kita di petulangan musim panas kala itu, kita berpisah di Bandara Soekarno-Hatta. Nggak banyak ngomong macam-macam, kita cuma berpelukan abis itu dadah-dadah.
.
.
Dan saat itu juga aku nangis.

Nangis seneng, nangis haru, nangis sedih, semua bercampur jadi satu. Sedih sekali ngebayangin petulangan yang udah kita lewatin sebulan bersama dan kemudian kita berpisah entah sampai kapan. If I could say, that was my best summer ever! And it wouldn't be incredible without her.

Aku gatau gimana jadinya kalo nggak ada dia. Seriously, I'm nothing without her :') Dialah morning alarmku selama di sana. If you know aja, aku ini paling ngebo orangnya. Apalagi tiap hari kita baru tidur jam 3 pagi, dan itu susah banget bangun subuh kalo nggak ada Adis. Walaupun kita berdua juga kadang masih sering telat sih haha.

Berkat dia, kita jadi bisa saling bantu waktu di airport. Bawaan kita yang jumbo-jumbo itu repot banget kalo dibawa sendiri, apalagi kalo mau masuk ke metal detector yang harus ngelepas semua perintilan dan angkat sana-sini. Selain itu, nunggu di bandara yang harusnya super boring itu jadi terasa menyenangkan. Nggak kehitung juga berapa kali kita kesesat di sana, tapi selalu berujung tawa dan happy ending. Well, tersesat tidak pernah seasik ini :")

. . .

Setelah melakukan perjalanan panjang 2016 kemarin, tahun ini dia akan kembali berkelana ke luar negeri dengan cerita yang lebih hebat. Empat bulan bro! Terlebih lagi, dia sedang di masa-masa semester akhir. Di saat orang lain "tergesa-gesa" untuk segera lulus dari studinya, dia dengan mantapnya bilang ke aku "aku lulus tahun depan fet. Iya beneran tahun depan, 2020. Aku mau exchange dulu semester ini."

Tentu itu bukan keputusan yang gampang, tapi menurutku itu keputusan yang luar biasa. Nggak semua orang bisa mengambil keputusan hebat seperti itu. And I proud of you, babe!


Aku dan Adis memiliki banyak kemiripan. Mulai dari passion dan hobi yang sama, artis kesukaannya sama, dan sekarang kita di jurusan yang sama. Aku tau, berteman sebenarnya nggak membutuhkan banyak kesamaan. But idk I think we're so clicked in everything.

Dia yang paling ngerti tengilnya aku, buruk-buruknya aku, ah pokoknya semuanya wkwk. Dia selalu ada dari aku yang dulu gabisa desain sama sekali, sampe sekarang sudah lebih bisa. Aku terharu karena di tengah ilmuku yang masih sangat ecek-ecek ini, dia masih percaya dan menaruh harapan besar agar aku nggak berhenti berkarya :')

Dan di tengah studi sarjanaku di bidang teknologi pangan, dia nggak pernah memaksakan aku kayak "kamu kan anak pangan, kerja di industri pangan dong". Justru dia selalu mendukung passionku, bahkan berharap supaya aku bisa masuk perusahaan kayak Google atau industri kreatif lainya haha.


Terakhir, aku mau berpesan sedikit buat Adis.

Well, baik-baik ya dis di sana! Eksplor duniamu seluas mungkin. Jangan sampe kamu sia-siain kesempatan emas yang (mungkin) nggak dateng dua kali ini. Gali ilmu sedalam-dalamnya, cari relasi sebanyak-banyaknya, buatlah kenangan paling berkesan di masa 20an-mu. Jaga diri juga di sana. Jaga kesehatan, jangan sakit-sakitan. Jangan iseng minum alkohol, atau seenggaknya kalo mau minum jangan bilang-bilang aku jadi aku gatau. Eh wkwk gak gitu ding.

Jangan lupain aku ya! Dan walaupun setelah ini kamu akan melewati perjalanan yang lebih seru, aku harap kamu nggak lupa dengan kenangan yang sempat kita goreskan bersama di musim panas 2016 lalu.

Aku tunggu cerita luar biasamu pas pulang nanti! Semoga kita sukses di jalan kita masing-masing! :)

Comments