Bulan yang Baik

Halo! 


Berhubung sudah masuk bulan suci Ramadan, mari bercerita ringan seputar bulan baik ini. 

Gimana puasa kalian sejauh ini? 

Bulan Ramadan adalah salah satu bulan yang paling memorable, paling kutunggu-tunggu. Bukan karena aku religius banget, tapi emang vibes-nya paling beda dibanding bulan-bulan biasanya. Iya nggak sih? 

Bulan Ramadan paling berkesan ialah ketika menjalankan puasa di Jember. Itu adalah pertama kalinya aku menghabiskan sebulan puasa jauh dari orang tua. 

Miskinnya tuh kerasa, wkwk. 

Buka puasa secukupnya, kadang iseng muter-muter nyari takjil gratis haha. Ah bahagia banget rasanya ketik dapet takjil gratis, karena menghemat pengeluaran sehari. Kadang buka puasa sekalian dirapel sahur, biar hemat dan nggak ribet.

Di Jember hampir tiap hari bukber sama temen-temen karena emang satu kos. Nggak usah lah pake embel-embel nama "bukber" lalu dijadwalin jauh-jauh hari. Tiap hari bukber cuma sesederhana ngechat temen-temen "ayo jam 4 cari bukaan" atau "aku mau buka di ss ada yang mau ikut?". 

Seringnya abis beli bukaan, kita nongkrong di ruang tv sambil nunggu berbuka. Wkwkwk kangennya. 

Abis buka bareng, kita lanjut tarawih bareng. Momen tarawih juga seru banget karena kita cobain banyak masjid di Jember. Mulai dari masjid berbagai kampus, puslit, masjid deket kos, sampai masjid raya. 

Salah satu momen kocak yakni ketika kita pertama kali cobain masjid dekat kosan. Anjir lah itu 20 rakaat tapi sholat-nya ngebut bangeet wkwkwk. Bukannya khusyu, aku sama temen-temen malah menahan tawa sambil agak ngos-ngosan wkwk. 

Sholat kaya gitu kurang cocok sih buat aku, tapi boleh dicoba lah buat temen-temen yang butuh ibadah cepet karena dikejar tugas, ujian, dll wkwk. 

Pernah juga ke Masjid Jami' di Alun-alun. Masjid dengan interior unik karena jamaah perempuannya beda bangunan dengan imamnya. Yaah namanya juga masjid besar, sholat ya 20 rakaat dengan bacaan ekstra panjang. Baru rakaat ke sekian, aku udah bisik-bisik ke alya "udahan yuk, asli ngantuk" wkwkwk. Aduh kurang kuat imanku emang wkwk. 

Di masjid Roudhotul Muchlisin seberang Lippo Plaza lebih banyak lagi godaannya. Kalau nggak teguh niatnya, tengah-tengah bisa nyerah dan langsung gas mampir ke Lippo wkwkwk. 

Ujung-ujungnya yang paling enak emang masjid sendiri a.k.a Masjid Unej. Dekat, durasi pas (8 rakaat dengan bacaan yang nggak terlalu panjang wkwkw), dan sering ketemu banyak temen juga. 


Momen sahur di Jember juga nggak kalah asik. Hampir setiap bulan puasa, kita langganan sahur sama ibu sebelah (yang sampe sekarang gatau nama aslinya siapa wkwk). Awal-awal kita rajin bangett. Kita ketokin kamar satu-satu buat bangun, kemudian kita sahur bareng-bareng di ruang tv. Kalo lagi niat banget, kita subuhan di masjid jalan kaki menerjang dinginnya pagi (tapi sangat langka terjadi haha). 

Makin pertengahan puasa, mulai berat nih buat bangun sahur. Kadang kalo temen-temen lagi rajin, dianterin tuh nasi bungkusnya satu-satu ke masing-masing kamar. Menjelang minggu terakhir, udah pada skip katering sahur karena nggak pernah kemakan gara-gara kesiangan wkwkw. Boro-boro sahur, kadang bisa bangun subuh aja alhamdulillah wkwkwk. 

Dan cuma ketika ngekos aku bisa bebas sahur mana-mana. 

Pernah juga sahur di McD. Kalo nggak salah waktu itu abis rapat sampai jam 2 pagi, dan kebetulan aku lagi ngidam mcflurry. Iseng aja ngajakin anak-anak nongki di McD sampe subuh (sembari menunggu kos dibuka). Lah ternyata pada mau wkwkwk. 

Walaupun ternyata kesana eskrimnya kosong sih, hiks. Yaiyalah fet, siapa juga yang mau nyemil es krim jam 3 pagi 😅 



Aku bukan anak yang religius banget. Tapi aku bersyukur sekali dikelilingi dengan teman-teman yang baik, religius, tapi tidak radikal. 

Aku jadi ingat momen waktu di Davao. Itu adalah pertama kalinya aku jadi minoritas. Jangankan teman-teman paham prinsip dasar islam, kata "islam" sendiri mungkin kosakata baru bagi mereka. 

Waktu aku atau adis sholat, mereka santai aja jalan kesana kemari lewatin sajadah kita. Abis itu nanya "what are you doin?" ngelihat kita berdiri-nungging-duduk sambil komat-kamit. 

Untungnya mereka cepat belajar dan toleran bangettt. 

Suatu waktu, pernah salah satu dari teman kita bertanya gini. "Orang islam itu wajib pakai kerudung ya? Terus, kenapa si A nggak?" "Sholat kan wajib, lalu kenapa si B nggak pernah sholat?" 

Wkwk pertanyaan yang bikin aku nggak berkutik karena aku nggak tau menjawab apa. Nggak mungkin kan aku jawab "ooh si A mah emang bejat" (eh, astaghfirullah). Akhirnya aku narik Adis sambil agak berbisik. "Diiis bantu aku jawab wkwkwk" 

Akhirnya Adis yang menjawab dengan penjelasan yang mudah, logis, dan menyejukkan. I luv u dis, hihi.


Sama begonya ketika aku KKN dulu. Aku baru tau kalo tradisi islam di desa banyaaakk banget. Hampir tiap malam ada acara keagamaan. Yah namanya juga aku anak Kalimantan –anak perumahan pula– mana ngerti. Budaya kami benar-benar berbeda. 

Di desaku, tiap Senin Legi (atau senin manis disebutnya) selalu ada tradisi Sholawat Nariyah di balai desa. Yah emang dasarnya aku anak perumahan (plus ilmu agamaku yang juga cetek), aku mana tau sholawat nariyah. Di saat semuanya melantunkan sholawat, aku panik dan sok komat-kamit aja biar dikira ngerti wkwk. 

(Malamnya, aku langsung begadang sambil setel sholawat nariyah di youtube sampe hapal wkwk)

* * *

Tahun ini, bulan puasa agak berbeda karena aku nggak bisa banyak menghabiskan waktu di rumah. 

26 hari buka puasa di kafe bagi sebagian orang mungkin terdengar menyenangkan, tapi lama-lama kangen juga pengin buka di rumah bareng keluarga wkwk. 

Yaa udah lah, niatkan saja bekerja dengan tulus. Niatkan sebagai ibadah. 

Semoga aja dengan membantu menyiapkan makanan untuk orang berbuka bisa menjadi ladang pahala juga bagi kita atau pun yang menyantap, hihi.

Selamat berpuasa, peeps!

Comments