Live Report, Apr 2020 ed.

Halo!

Ini adalah update bulanan tentang keseharianku yang nggak ada apa-apanya. Lumayan telat sih untuk disebut laporan bulan April, secara sekarang sudah lewat sepertiga Mei. Tapi gapapa deh ya.

Lalu, gimana perkembangan setelah bulan lalu karantina?

Alhamdulillah, 17 April kemarin aku selesai karantina mandiri dan udah boleh dipulangkan ke rumah wkwk. Dua minggu sendirian di tempat baru memang lumayan menegangkan ya. Banyak pikiran-pikiran negatif yang bikin parno sendiri. Alhasil, tiap malem jam 20.00 aku udah masuk kamar dan jam 21.00 berusaha tidur. Pernah aku kelamaan tidur siang dan malemnya aku nggak bisa tidur sampe jam 2 dini hari. Bayangin deh: sendirian, hujan, dan ketakutan tengah malem. Aku sampai setel murottal dan berharap hari cepat pagi. Semenjak itu aku menyesal dan nggak mau tidur siang lagi wkwk.

Sekarang, himbauan pemerintah untuk #dirumahaja sudah berjalan hampir 2 bulan. Dari yang dulu aku aware banget dengan perkembangan covid-19, sampe sekarang udah bodo amat sama angka-angka tersebut. Yap, dulu aku se-optimis itu. Aku rajin banget pantengin website WHO buat ngecek perkembangan dunia, terutama Indonesia. Melihat negara-negara lain yang kurvanya sudah mulai melandai memberikan vibes positif bahwa ini akan segera berlalu.

Tapi sekarang aku sadar sih. Di Indonesia, sampe jelek kamu pantengin tiap hari pun penambahan kasusnya bakal selalu sama, sekitar 400an. Nggak kurang, nggak lebih. Dibandingkan negara lain yang penambahan kasusnya mencapai ribuan (bahkan puluhan ribu per hari), bukan berarti kasus di Indonesia lebih sedikit. Yang aku tangkap sekarang adalah: kemampuan pemerintah ya mentok segitu aja. Kalaupun tiba-tiba penambahan kasus pada suatu hari menurun, bukan berarti kita masuk ke fase stasioner melainkan memang pengujian covid-19 pada saat itu lagi nggak banyak.

But still, jaga kesehatan dan patuhi physical distancing ya gais. Because this, too, shall pass.

Masih membahas seputar pandemi, Ramadhan kali ini cukup berbeda dibanding Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya. Pertama kalinya aku berpuasa dengan kondisi masjid yang ditutup. Nggak ada tarawih di masjid, nggak ada bukber, dan (mungkin) nggak ada Sholat Id di masjid.

Sedih? Jelas. Rasanya kayak ada yang kosong gitu. Yang biasanya padat jadwal bukber, kali ini cuma bisa ngajakin "vidcall yuk". Yang biasanya tarawih bareng temen-temen nyobain masjid yang pewe, sekarang ga boleh kemana-mana.

Tapi nggak bisa dipungkiri, banyak hal positif juga yang bisa diambil dari ramadhan di tengah pandemi ini. Salah satunya yakni aku jadi bisa Q-time bareng keluarga (untuk yang belum bisa mudik, I feel sorry :( semangatt aku yakin kalian kuat 💕). Ini sudah puasa ke-17 dan kami full buka puasa di rumah. Abis buka puasa, kami ganti tarawih di masjid dengan tarawih jamaah di rumah. Yang biasanya malem Ramadhan pada ngacir kemana-mana (terutama aku), kali ini punya waktu lebih untuk bercengkerama.

Selain itu, aku jadi hemat karena nggak perlu merogoh kocek untuk bukber wkwk. FYI budget bukber terutama di Bontang itu pricey bangett, apalagi kalo ada bukber angkatan. Alhamdulillah uang bukber tahun ini bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain.


Ngomong-ngomong, hal apa yang pingin banget kalian lakukan setelah pandemi ini berakhir?

Kalo aku, SUMPAH GW PEN BAT LIBURAN YA LORD. Mungkin semua orang juga pingin liburan sih wkwk, karena pandemi ini memang lumayan membuat stress.

Ekspektasiku di tahun 2019 kemarin adalah: menyelesaikan tugas akhir, lalu mencari short getaway bareng temen-temen sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja dan nggak bisa liburan. Dari tahun lalu udah kebayang-bayang tuh di kepala pengen road trip ke Vietnam terus ke Thailand. Atau nggak usah jauh-jauh deh, nginep di Cara-cara Inn Bali (ini bukan endorse tapi dari dulu pengen banget ke sini) atau main ke Jogja atau Surabaya.

Daaannn sekarang harus bersabar dan ikhlas. Percaya aja Allah pasti punya rencana yang lebih baik :')

Semoga aja pandemi ini segera berakhir. Aku liat belakangan ini mental orang-orang udah mulai "kurang sehat". Moodnya senggol bacok, semua-semua dibikin emosi. Hal kecil dibuat heboh. Mungkin inilah definisi sebenarnya dari kurang piknik wkwk.

Sekian dulu laporan kali ini. Kayaknya makin lama postnya makin nggak berarah. Anyway, selamat berpuasa!

Comments

  1. hey tulisanmu semakin bagus! berharap tulisanmu ini banyak yg baca, stay health!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey! Siapa pun kamu, terima kasih banyak sudah mau membaca dan support tulisanku. Thank you, you made my day! :))

      Delete

Post a Comment

Apa pendapat kamu? Yuk sharing! :)