Sepenggal Kisah di Izzati

Halo!

Minggu ini adalah minggu yang cukup mellow, di mana semua penghuni kos memulai kehidupan pengabdiannya di desa a.k.a KKN. Karena itu, aku jadi pengen cerita tentang para bala-bala izzati ini. Banyaakk banget cerita-cerita tentang mereka yang pingin aku tuliskan semua disini, tapi kayaknya nggak akan selesai wkwk. Jadi aku tulis sebisaku aja ya.

Where it all started

Sebut saja penghuni Izzati, atau Bala-bala Izzati, atau Bani Izzati, atau Gadis-gadis Omboy, atau sahabat Dahsyat, –atau apapun itu wkwk– mereka ini adalah keluargaku selama di Jember. Mungkin itu kedengeran cukup awkward. Temen kosan, sampe segitunya banget? Tapi emang kenyataannya mereka bener-bener mengubah dan ngeramein kehidupanku terutama di Jember.

Logikanya gini.

Siapa orang yang bakal kamu lihat pertama kali ketika kamu bangun? Ya temen kosmu.
Siapa orang terakhir kamu temui sebelum tidur? Ya temen kosmu.
Siapa yang nemenin kamu makan? Ya temen kosmu.
Siapa yang nemenin begadang sampe telat bangun? Ya temen kosmu.
Siapa yang ngerawat kamu ketika lagi sakit? Ya temen kosmu.

Intinya sih 4L (lu lagi lu lagi). Tapi begitu ditinggal, kangen juga sih hehe.

Secara keanggotaan, kita berjumlah 10 orang. Kalo dikelompokkan berdasarkan fakultasnya: 6 anak FK, 1 anak FKG, 1 anak FKM, dan 2 anak FTP. Kalo dikelompokkan berdasarkan kota asalnya: 6 asal Bontang, 1 asal Sidoarjo, 1 asal Purwokerto (atau Bumiayu sih, Ras? Wkwk), 1 asal Purbalingga, dan 1 asal Semarang.

Jadi gini asal muasalnya. Dulu temen sepermainan kita di kos itu ada tujuh orang, dimana semuanya itu anak Bontang (Aku, Alya, Arba, Anita, Bila, Baity, dan Hana). Kemudian datanglah empat temen Hana ke kos, yang pindah gara-gara ibu kos mereka rese’. Mereka adalah Naneer, Meily, Caca, dan Laras. Setelah kita semua berkumpul di Izzati, Arba akhirnya melepas kewarganegaraan Izzatinya karena nggak tahan dengan sistem jam malam di kos. Taraaa, jadilah sekarang kita bersepuluh :3

Oke ini ga penting banget.

Alhamdulillah setelah kita semua dipertemukan di Izzati, kita semua memiliki kecocokan. Sama-sama receh, sama-sama gajelas, sama-sama annoying, dan sama-sama suka Om boy. Alhasil, kalo kita udah ketemu pasti hueboh banget, dan kosan jadi rame nggak ketulungan. Yang paling kedengeran hebohnya sih Hana wkwk.

Tempat yang dibuat ngumpul sih seringnya kamar hana, kadang kamarku, kamar meily, atau kadang di ruang TV, meja makan, pokoknya dimana-mana deh wkwk. Biasanya diawali 2-3 orang dulu, dan karena kebiasaan kita kalo ngumpul pasti heboh, jadilah temen-temen yang lain ikut ngumpul dan makin heboh wkwk.

Tapi di balik kehebohan itu, mereka juga bisa serius kalo udah masuk minggu ujian. Mereka bener-bener totalitas: semua PPT, buku, catatan, dan laptop, pokoknya semuanya bertebaran dimana-mana. Semuanya mencari tempat pewe masing-masing buat belajar sampe dini hari. Bahkan jam 3 pagi aku masih denger suara kursi meja makan yang bergeser, yang artinya Caca masih setia belajar di situ sampe pagi. Ah salut banget. Yang aku suka, kadang kamarku (yang notabene aku nggak ikut ujian) ini juga ikut dirusuhin sama mereka wkwk. Menurutku kayak gitu seru soalnya aku juga bisa ikut belajar dan begadang bareng mereka. Ya tapi mon maap ya gaes kalo aku mesti ketiduran duluan wkwkw.

Seketika berubah jadi warnet


Oh iya. Bala-bala Izzati ini biar dikata cuma perkumpulan anak kos, tapi kita juga punya proker loh. Banyak banget proker-proker yang udah tercetus, seperti acara buka puasa bareng, sahur on the road, liburan bareng, gerakan Izzati sehat, dan banyak lagi, yang mana semuanya itu……… belum terrealisasi sampe sekarang.

Alias bullshit. Wkwkw, menyedihkan.

Dari sebelum bulan Ramadhan, Alya udah ngajakin buat bukber-bukber cantik gitu. Tapi heran ya, padahal sekosan tapi susaaaaahhh banget buat ngumpul fullteam. Tiap sore pasti ada aja yang kuliah, rapat, ketiduran, dan beli takjil sendiri. Begitu bisa semua, eh kitanya malah mencar ke dua tempat gara-gara beda selera.

Hadeuh susah.

Begitu juga dengan proker Sahur on The Road. Kayaknya proker itu bakal selamanya jadi wacana karena kita semua paling nggak bisa bangun pagi wkwk. Proker liburan bareng apalagi. Ah boro-boro liburan di luar kota, pergi makan full team aja ga pernah bisa :’(

Pernah juga tercetus ide untuk Gerakan Izzati Sehat, yang diinisiasi oleh Laras. Di kosan, Laras inilah yang paling terobsesi untuk olahraga biar sehat. Di saat yang lain bangkong sampe siang, Laras ini pagi-pagi udah ngajakin buat jogging, renang, atau ngegym. Naah, waktu itu malem-malem Laras ngajak kita ngegym karena gabut. Aku yang awalnya gak pingin pun jadi terhasut gara-gara kalimat Meily “Ayo Fet, kapan coba terakhir kali kamu keluar keringet?” Hmmm ada benernya juga sih.

Alhamdulillah sih ngegym malem itu berjalan lancar. Aku, Laras, Meily, dan Hana berhasil ngegym mengisi kegabutan. Sok iye banget ya kita wkwk. Setelah capek jogging? Kita lanjut makan mie ayam jam 9 malam HAHAHA. Fix program Izzati Sehat gagal.

Sok iyee lu pade wkwk
Dan sebenernya, dari dulu kita udah berencana buat pindah kos. Dengan harga kosan yang semakin naik, tentu nggak sebanding dengan wifi-nya yang lemot serta akses jalan ke kos yang lumayan ekstrim. Yaa walaupun menurutku kosnya pewe banget sih. Sering kita ngajuin komplain tentang wifinya yang kaya eek ini, tapi jarang ada progress yang signifikan. Sering juga kita ngadain rapat dadakan tentang proker tersebut, tapi selalu ber-ending gagal wkwk.

“Eh rek, kita udah berkali-kali komplain tapi nggak pernah ditanggepin. Kayaknya kita harus demo deh”
“Setuju! Ayo kita aksi. Semuanya kompakan matiin lampu-lampu kamar kita”
“Yaelah kalo gitu malah ibu kosnya seneng doong, kan tagihannya jadi murah. Begimane seeh wkwk”
“Oiya wkwkw”

Ini sebenernya Alya mau demo apa aksi Earth Hour si :(

Kita juga sering nge-share hasil survey kos-kosan, tapi biasanya selalu ada yang nggak cocok (terutama sih harganya). Soalnya, kriteria kos idaman menurut kita itu ribet banget: bentuknya kaya rumah (bukan kayak kos-kosan), ada ruang buat ngumpul, wifi kenceng, sirkulasi udara harus oke, ibu kos nggak rese, kamar mandi dalam, dan terakhir, murah. Dan pada akhirnya, sampe detik ini kita masih setia di Izzati wkwk.

Proker yang masih berjalan sampe saat ini adalah surprise ulang tahun. Entah gimana, kegiatan ini jadi tradisi di antara kita. Biasanya, kalo ada yang ultah kita kasih kue, atau kalo ada rezeki kita beliin kado, kita surprisein, kita dekor kamarnya, atau kadang malah kita hambur malam-malam.

Menurutku, ngasih kejutan ulang tahun kayak gitu bukan sekedar seneng-seneng atau buang-buang duit, tapi ada pesan yang ingin disampaikan. Aku ingin mereka tahu bahwa mereka itu ada, mereka itu dihargai. Walaupun kita merantau jauh dari keluarga, tapi masih banyak yang peduli sama kita. Masih banyak orang yang berjuang, menyisihkan waktu dan tenaganya untuk sekedar melihat kita bahagia.

Terlebih kalo kita beli kue, kita jadi bisa makan kue bareng. Soalnya kapan lagi bisa makan cake kalo nggak pas ultah gini wkwk.

Paling savage sih waktu ultahnya Caca. Kita nggak buat grup baru untuk ngesurprise-in dia, melainkan Caca langsung dikick dari grup kemudian kita ngerencanain surprise-nya. Yaaa jelas Caca curiga dong wkwk.

"Kasih kue lapis kukus yang di kulkas aja ya"

Ulang Tahun Anita
Ulang Tahun Bila
Gaul kan sampe ada penyerahan sertifikatnya wkwk
Ulang Tahun Baity

Ulang Tahun Meily

Ulang Tahun Caca

Momen dimana aku paling bersyukur bisa sekos bareng mereka adalah ketika aku (atau temen-temen) sakit. Di saat-saat kayak gitu aku bener-bener bersyukur bisa hidup dikelilingi oleh orang-orang berhati mulia seperti mereka.

Jujur, di kosan aku ini anak yang paling lemah. Di saat anak-anak lain selama 1 semester selalu bugar, aku malah ngedrop hampir tiap bulan. Udah nggak terhitung berapa kali aku minta obat ke anak-anak. Mereka bener-bener seperti Doctor On-Call, yang ketika kamu bilang di grup “Rek, aku sakit” mereka langsung dateng ke kamar lengkap dengan makanan, obat, thermometer (dan free tensi juga kalo mau, wkwk).

Terharu :')

Udah gitu, selama aku sakit jadwal makan dan minum obat bener-bener dipantau sama mereka. Tiap beberapa jam sekali, mereka dateng buat mastiin kalo aku udah minum obat di waktu yang tepat. Kalo aku punya keluhan lain, mereka juga sigap langsung memberi obat lain sesuai kebutuhan. Selain itu, banyak juga yang temen-temen berbaik hati beliin makanan karena aku nggak sanggup keluar kamar.

Mereka lah yang terus memotivasi aku buat segera sembuh. Aku inget banget, waktu itu aku sempet merengek mau ikut kunjungan lapang di Pasuruan padahal saat itu panasku hampir 40°C dan untuk berdiri aja gak kuat. Hana pun kemudian menasehati seperti layaknya dokter beneran. “Istirahato dulu. Ijin gak ikut kunjungan gapapa kan? Kita lihat sampe besok malem, kalo emang udah bener-bener sembuh, gapapa kamu ikut.” Akhirnya aku pun manut dan memutuskan untuk gak ikut wkwk.

Pokoknya aku bener-bener diurusin kayak rawat inap di RS sampe sembuh. Aku nggak bisa bayangin, apa jadinya kalo nggak ada mereka sewaktu aku sakit. Seriously, merekalah definisi “pahlawan tanpa tanda jasa” :’)

Makasih gadis-gadis Izzati-ku :*

Oke, lanjut ke topik berikutnya. Beberapa hari ini, Izzati kedatangan member baruuu yay!! Namanya Patrick, umurnya baru 2 bulanan. Dia ini anak dari Naneer dan Rizal, jadi kalo menurut silsilah di pohon keluarga, kita semua ini tantenya Patrick #halah. Begitu Patrick masuk ke dalam kosan, semua anak heboh teriak-teriak karena Patrick literally cute banget!!!!!!!!! Dia suka banget ngelihatin kolam ikan di depan kamarnya. Dia juga suka ndusel-ndusel ke semua orang, yang bikin kita makin gemes. Ahh parah sih cute bgt.


Tolong, tolong, aku gak kuat. Dia terlalu lucu ><

Beberapa hari kemarin, Patrick sempet diopname 5 hari gara-gara diare. Katanya sih gara-gara dikasih minum air bak mandi wkwk. Kos-kosan jadi sepi banget karena nggak ada yang teriak-teriak kegemesan. Dan selama beberapa minggu ke depan, Patrick dititipin di Demak karena Naneer lagi KKN. Jangan cepet besar ya, Patrick. Aku rindu :’(

Naaah, berhubung lagi bahas tentang KKN nih. Jadi karena para penghuni Izzati mau KKN, semalem sebelum keberangkatan kita ngadain perpisahan a.k.a Farewell Party. Sotoy banget gak sih? Padahal cuma pisah 45 hari doaang wkwk.

Ini adalah proker pertama di mana kita berhasil ngumpul fullteam. Ya gimana nggak, waktu dijarkom ancemannya ganas banget, “Kalo nggak dateng gak ditemen, dikick + dipotong jarinya”. Bahkan yang awalnya Meily mau skip gara-gara kecapekan, jadinya tetep berangkat hihi.


Hehe alhamdulillah jari kita semua masih aman sampe sekarang :))

Acara itu sebenernya acara biasa aja, cuma makan-makan dan Q-time bareng. Dan kebetulan waktu itu Alya udah nyiapin semacam games. Di games itu, kita nulis kesan dan pesan masing-masing anak di sebuah kertas, kemudian kertasnya digilir sampe semua anak mengisi. Begitu kertasnya kita baca, kita semua ngakak karena akhirnya kita tau cara orang lain ngelihat kita. Makasih banyak, Al! Gamesnya berkesan banget! :’)

Happy KKN, fellas!

Ditunggu ya gaes, Welcome Party-nya! Kita buat lebih pecahh lagi dari kemarin hihi.

Dan setelah semua kehebohan dan kebersamaan malam itu, besok paginya mereka semua udah pergi meninggalkan Jember :’( It’s such a hard time for me. Kos-kosan yang awalnya rame mendadak jadi sepi banget. Nggak ada lagi yang teriak-teriak ngajak deliv Om Boy, nggak ada teriakan ngajakin sarapan bareng, nggak ada lagi telpon minta bukain pager, dan nggak ada lagi suara anak-anak yang mainan sama Patrick. Bahkan bentar lagi nggak ada suara Bila yang suka ketawa tengah malem.

Hidupku hampa gaes, seriusan. Doakan aku kuat sendirian di kos hingga 40 hari kedepan ya :”

Aku cuma bisa berdoa semoga KKN kalian lancar, biar bisa kembali ke sini dan ngeramein kosan. Makasih temen-temen atas semua cerita dan tingkah kalian, terutama pas Farewell Party kemarin yang bikin aku gak pernah berhenti ketawa. Makasih juga buat Meily yang awalnya sempet pasrah jarinya dipotong gara-gara gak kuat berangkat, tapi kemudian bela-belain buat dateng wkwk.

Semoga kekeluargaan kita bisa berlanjut selamanya ya temen-temen. Walaupun semisal kalian udah koas dan pindah kost, kalian jangan lupain aku :’) Tetaplah menjadi jahil, tetep bully Laras, dan tetep ramein kamarku rek. Gapapa. Karena suatu saat cerita-cerita itulah yang akan menghiasi ingatanmu dan kelak akan kalian ceritakan ke anak cucumu.

Jember, 13 Juli 2018.

Fetty,
Penghuni Izzati

. . .

Aku jadi inget, dulu aku pernah baca novel Anak Kos Dodol Karya Dewi "Dedew" Rieka dan aku sempet heran. “Ah, sebahagia itu kah kehidupan kos, sampe dia mengabadikan kenangannya lewat novel?”

Sekarang, aku paham.

Comments

Post a Comment

Apa pendapat kamu? Yuk sharing! :)