Monday, September 06, 2010

Paradox

Udah pada tau paradox kan? Kalo ngedenger kata itu apa yang kalian pikir? Aku sih mikirin makanan (loh? Puasa fet haha) enggak laah, Aku sih dulu ndak mikir apa-apa hehe soalnya sama sekali nggak ngerti sumpedah. Itu kan dulu, sekarang udah tau looo.. Nah yang belom tau + mau tau baca postingan ini aja, gatau deh kok aku kepikiran ngepost tentang beginian, yasudah deh biarpun begitu ini kan ilmu yang harus disampaikan walo sekecil apapun dan dapet dari postingan orang haha.




Paradox, berikut beberapa contoh problem paradox :



  • Dilema Buaya
  • Misanya, kamu dan temenmu pergi mancing di laut, tiba-tiba ada buaya nangkep temenmu (panggil saja Budi) abis itu si buaya tadi mau ngelepas si budi kalo kamu berhasil menebak apa yang mau dilakukan buaya itu. kalo salah, budi bakal dimakan sama buaya.
  • Nah disini paradoxnya, apa yang harus kamu jawab? Di kepalamu sudah ada insting buaya akan membunuh budi. Kalau tebakanmu benar, bahwa buaya akan membunuh budi, maka buaya harus menggembalikan budi dan itu membuat tebakanmu jadi salah. 
  • jika malah pikiran buaya adalah ngembalikan budi, berarti tebakanmu salah. Tapi ini tidak mungkin karena kalo si buaya ngembalikan budi maka buaya akan melanggar peraturannya sendiri dengan mengembalikan budi walopun tebakanmu salah.
Nah udah mulai bingung kan? santai aja bacanya haha, cermati baik-baik. Kalo tetep ndak bisa gak usah dipaksa deh haha. Lanjut yaa :D

  • Paradox berlawanan
  • Coba aja kalian pikir baik-baik kata "aku sedang berbohong". Secara logika (eaea mainnya logika cuy haha) kalimat ini tidak mengandung penyelesaian. Di kalimat itu kita tidak dapat menyimpulkan dia berbohong, karena dia mengakuinya. Maka kalo gitu kalimat yang seharusnya "saya bicara jujur". Tapi itu juda ndak bisa menyimpulkan kalo dia jujur soalnya kata-kata tersebut jelas tertulis kalo "sedang berbohong"

  • Grandfather Paradox
  • Ini paradoks yang paling terkenal. Begini maksudnya : Misalkan kamu kembali ke masa lalu dan membunuh kakekmu, maka ayah mu tidak pernah dilahirkan dan akibatnya kamu tidak pernah ada. Kalau kamu tidak pernah ada, bagaimana kamu bisa kembali ke masa lalu dan melakukan pembunuhan itu?

  •  Ontological paradox
  • Kalo aja seseorang dari masa depan membawa suatu benda atau informasi ke masa lalu, maka darimana sebenarnya informasi itu berasal? Contoh nih, Jaman sekarang kan sudah ada lampu. Kalo misalnya kalian kembali ke masa lalu dan menemui Thomas Alfa Edison (sebelum dia membuat lampu) untuk memberi tahu rahasia mengenai lampu sehingga dia membuatnya. Ini paradox karena dari mana informasi asli ini berasal?



  •  Bilker’s Paradox
  • Misalnya, kamu menggunakan mesin waktu utk kemasa depan, & di masa depan kamu melihat budi menikah dengan seorang cewek yg namanya Jane. Lalu kamu kembali ke masa sekarang dan malah melihat budi menikahi cewek lain yang namanya Cindy, maka masa depan budi sudah berubah & pertanyaanya, kok dimasa depan yg pertama budi bisa nikah sama Jane?

  •  Sexual Paradox (jangan ngeres wey pikirannya haha)
  • Paradox ini lebih rumit lagi. Budi kembali ke masa lalu & bertemu dengan ibunya ketika dia masih remaja. Kalian jatuh cinta & akhirnya menikah dan punya anak. Anak itukah budi? Mungkinkah budi meng-ayah-i dirinya sendiri? Ini dapat dilihat di film Back To The Future, dimana Marty kembali ke masa lalu & bertemu ibunya yg kemudian jatuh cinta pada dirinya.
  • Contoh Sexual paradox yg lebih aneh adalah seperti ini :
  • Sebuah novel Janus Equation karya G Spruill, seorang ilmuwan bertemu seorang gadis yg sangat cantik & mereka jatuh cinta, lalu menikah. Setelah beberapa lama, ternyata ilmuwan itu mengetahui kalau gadis itu pernah operasi plastik & operasi kelamin & dia sesungguhnya adalah laki-laki. Bahkan ternyata gadis itu adalah sang ilmuwan sendiri yg datang dari masa depan. Ini artinya dia berhubungan seks dengan dirinya sendiri. Kita jadi bertanya-tanya, bagaimana kalau mereka punya anak, dan misalkan anak ini kembali ke masa lalu dan menjadi ilmuwan dan memulai semuanya lagi, mungkinkah kamu jadi ayah, ibu, dan anak sekalian?

  • Pengertian time travel paradox bisa juga begini : misalnya si otong umur 20th bisa balik ke masa sebelum dia lahir, nah masalahnya dia akhirnya hidup terus di masa itu tanpa bisa balik lagi trusnya tewas, akhirnya masa si otong lahir tiba . trus dia tumbuh besar sampai umur 20th lagi. nah si otong balik lagi ke masa lalu dan terus berulang2.

  •  Paradox Infinity
  • Jika kamu punya sebuah roti dan dalam satu jam kamu memakan 1/2 bagian dari roti itu, berapa waktu yang kamu butuhkan untuk menghabiskan roti itu? jawab : roti tidak akan habis !
  • jam pertama : makan 1/2, roti tinggal 1/2
  • jam kedua : makan 1/2, roti tinggal 1/4
  • jam ketiga : makan 1/2, roti tinggal 1/8
  • jam keempat : makan 1/2, roti tinggal 1/16
  • begitu seterusnya...
Udah ngerti kan? Secara keseluruhan arti  paradox adalah problem atau masalah yang tidak bisa dipecahkan

nah yakin deh pasti udah pada bingung banget deh atau malah bahkan gak dibaca :'( tapi terserah sih mau baca apa ndak. Sebenernya masih banyak, kalo belom puas baca dan otaknnya masih kuat liat aja di sini atau di sini. Beruntung yang bisa ngerti, aku kasih aplaus deh kalo ngerti. good luck and good job ya :D

10 comments:

  1. cukup membingungkan ya belajar paradox ini. btw, ada gitu buaya hidup di laut? cmiiw.

    tulisan yang bagus nih, thx infonya

    ReplyDelete
  2. thx buat pencerahannya.. >.<

    ReplyDelete
  3. @antown iya tapi sebenernya gampang gampang susah kok. Haha kan cuma perumpamaan aja. Makasih ya :)

    @Charestria Sama sama :)

    ReplyDelete
  4. Kalo hibert hotel paradox gimana?

    ReplyDelete
  5. akhirnya tercerahkan walaupun pelan2 banget n pusing bacanya :D
    barusan abis ntn film Predestination (2014) Jd pengen nyari info tentang paradox.
    thanks infonya gan/sis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha sama gan.. Persis..

      ane juga abis nonton film Predestination trus iseng deh cari tentang paradox.

      Delete
  6. BTW thanks infonya. akhirnya paham juga tentang paradox.

    Thanks.

    ReplyDelete
  7. Mungkin bisa nonton filmnya Back to the future semua seri :D :D Itu bisa kasih gambaran gimana time paradox yang dimaksud :D :D

    Tulisan yang sangat bagus (y) Mari berkunjung www.vektorkades.com

    ReplyDelete
  8. Paradok buaya tu paradok goblok

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar. Komen pake bahasa baku, gaul, alay, bahasa alien, terserah. Yang penting no spam :)