Glimpse of My 2018

Halo!

Nggak kerasa sekarang kita udah ada di penghujung tahun, di mana sebentar lagi kita akan memulai tahun baru dengan semangat baru dan other shitties resolution that u’re keep saying every year. lol, jk.

Aku ingin mengulas balik sedikit hidupku selama 2018 ini. Tahun ini merupakan tahun yang cukup “up and downs” banget buatku. Secara, aku sudah semakin tua dan tanggung jawab juga semakin besar. Banyak cerita dan warna-warna baru, namun banyak juga tangis dan kelabu yang datang silih berganti tahun ini.

. . .
Cerita pertama yakni tentang PKL. Bisa dibilang, PKL ini adalah puncak seru-serunya kita selama 4 tahun sekelas di THP (walaupun biayanya tidak seru wkwk). 


Sebenernya, acara kunjungan industrinya sih biasa aja, tapi yang paling bikin seru adalah karena kita menghabiskan full 5x24 jam bareng terus seangkatan! Mulai dari berangkat, seru-seruan, ketawa-ketawa, sampe capek-capek, buluk-buluk, mabuk di bis, pokoknya semuanya bareng wkwk. Waktu PKL, ada aja cerita nyeleneh dari anak-anak. Ya masuk kamar hotel sendalnya dilepas lah, gabisa nyalain lampu lah, kekuncian lah, heboh di kamar lah, dan banyak kegajelasan lainnya wkwk.


Di Semarang, kita nginep di Aston Inn dan aku sekamar bareng Herinda dan Naedin. Awalnya malem-malem semua sudah punya rencana mau keluar masing-masing, tapi semua batal karena hujan deras. Jam 22.30, Nico Nopal dkk ngajakin keluar. “Masak jauh-jauh ke Semarang ndekem di hotel tok?” Akhirnya aku, Nico, nopal, andry, prof, her, putri, naedin, safira, dan tiwuk pun memutuskan buat ngopi di kafe yang nggak jauh dari simpang lima.

Ngopi-ngopi bentar dan ngobrol-ngobrol santai, kemudian kita memutuskan buat jalan-jalan sambil merasakan atmosfer Semarang tengah malem. Walaupun kelihatan nggak penting dan sempet beberapa kali kesesat, tapi gatau kenapa malem itu rasanya menyenangkan banget wkwk. Jalan kaki, sambil ngobrol dan menikmati sepinya jalanan Semarang tengah malem, dan ditemenin mereka-mereka yang hebohnya gak karuan (apalagi kalo Tiwuk udah niruin dilan di iklan ciwing) wkwk. Syahdu sekali

Kita baru sampe hotel jam 2an pagi.

Kapan lagi jadi anak ilang di kota orang? :)

Malam berikutnya di Jogja pun kita habiskan keluyuran tengah malem. Awalnya, kita main main dulu di Malioboro. Abis itu lanjut mampir ke rumah buat ngambil barang, sekalian muter-muter Jogja wkwk. Sampe hotel sekitar jam set 2 pagi, tapi kita nggak langsung tidur. Kita masak popmie dulu karena perut keruyukan dari tadi. Kemudian datenglah Nopal dan Nita yang ternyata juga kelaperan. Akhirnya mereka pun nge Go-food KFC jam 3 pagi wkwk. Udah gitu, kita malah makan dan ngobrol di lorong kamar hotel. Duh sumpah nggak ngerti lagiiii wkwk.

Ketidakjelasan nggak berhenti sampe situ. Jam setengah 4 pagi, waktu kita mau kembali ke kamar masing-masing, Safira gupuh karena kekuncian wkwkw. Udah berusaha nelponin temen sekamarnya, tapi nggak ada yang bukain. Akhirnya? Dia numpang bobo di kamar Naedin wkwkw. Sangatlah random but sangat ngangenin wkwkw.

Aku juga masih inget waktu itu sebelum balik kamar masing-masing Nopal ngomong gini:
“Kenyang dah aku. Nanti pagi aku gausah ambil sarapan wes, soalnya ini kan itungannya sarapan”
.
.
Tapi paginya kita ketemu Nopal di tempat sarapan lagi ambil makan dong, WKWK. Pantes lemu pal :(

Dan banyaak lagi cerita-cerita PKL yang gak mungkin aku ceritain di sini semua. Sejujurnya ku sangat ingin PKL dan jalan-jalan lagi wkwk. Tapi apa daya duid pun tak punya :’)


. . .

Lanjut lagi ke kronologi berikutnya, yakni tentang aku yang berkecimpung di kepengurusan HIMAGIHASTA. Iya, telat emang. Hujat aja aku sepuasnya, aku gak peduli wkwk.

Di kepengurusan ini, aku masuk bareng angkatan 2016. Mulai dari magang bareng, OLE bareng, kepanitiaan RAT bareng, dan dilantik bareng. Jadi secara akademik aku angkatan 2015, tapi secara kepengurusan aku angkatan 2016 wkwk. Tapi di sisi lain aku ngerasa beruntung, karena aku jadi merasa nyaman di kedua angkatan.

RAT merupakan fase yang cukup fenomenal sejauh ini. Di fase ini, mulai kerasa banget kekeluargaannya, terutama antar Panitia RAT. Yaiyalah gimana nggak deket, tiap hari ketemu, susah susah bareng, dan rapat sampe tengah malem wkwk.

RAT menjadi semakin fenomenal ketika melewati libur lebaran. Anjir, RAT doang tiga bulan cuy! Rhama pun kemudian turun tangan, “Rek kita kudu jor-joran iki. Ayo pinjem ruang di luar FTP, kita lanjut RAT sampe pagi”

Dan kita pun dipinjemin rumahnya Tiwuk. Kebetulan rumahnya udah nggak dipake, tapi bersihinnya cuapek pol :’) Bersihinnya bukan lagi yang nyapu dan ngepel-ngepel cantik, tapi satu rumah langsung diguyur air kemudian baru diserokin. Baru juga dibersihin, nggak lama kotor lagi karena ternyata temboknya ngelupas. Lalu kita guyur air lagi. Eh gak lama ada yg kotor lagi. Guyur air lagi. Wkwk cuapek tapi seru siih.

Kita RAT di rumah Tiwuk selama beberapa hari. Niatnya sampe pagi, tapi jam 1 dini hari anak-anak sudah nggak fokus, akhirnya kita dipulangkan. Dan baru hari terakhir kita bener-bener rapat sampe pagi. Iyaa, literally nonstop dari Minggu pagi sampe Senin pagi! Anak-anak berusaha fokus melewati dinginnya malam. Ada yang sok-sokan nunduk baca LPJ padahal tidur. Ada yang ijinnya ke kamar mandi tapi ketiduran di kasurnya Tiwuk. Ada juga yang ngunyah mulu supaya nggak ngantuk.

3:13 AM

Abis jeda sholat Subuh lebih parah lagi. Udah pesertanya tinggal dikit, nggak fokus pula. Bahkan sampe mas Afton dan Mas Ucup udah mentok gabisa mikir. Mas Yoyok sampe ilang ketiduran entah dimana, dan presidiumnya juga nggak kalah oleng wkwk. Jadi jam 5 pagi itu kita rapat tapi nggak ada yang nyambung wkwkwk. Tapi sumpah salut banget sih sama anak-anak yang paginya penerjunan KKN tapi masih harus RAT sampe pagi :’)

Akhirnya jam 7 pagi kita baru pulang, dan RAT masih juga belum selesai. Waw. Keluar dari rumah Tiwuk, kita udah kayak zombie yang matanya merah, rambut kusut, jalannya oleng, dan ngomong ngelantur wkwk. Well, akhirnya ketemu kasur :’)

Setelah RAT berkepanjangan, akhirnya sekitar akhir Oktober kita dilantik, yay! Bismillah semoga amanah hehe.

New partner ♥

. . .

Lanjut lagi, aku mau cerita tentang keikutsertaanku di serangkaian festival Tegalboto. Jadi gini. Aku, dan keempat anak lain tergabung dalam kepanitiaan (atau lebih tepatnya volunteer) untuk beberapa acara di serangkaian Festival Tegalboto. Anak-anak itu adalah Nita, Tiwuk, Situn, Safira, dan aku. Sebenernya, tim ini adalah tim “sisa” seminar Prof. Sugahara bulan Agustus kemarin. Nggak ada angin nggak ada hujan, tiba-tiba Pak Nafi’ kembali meramaikan grup yang hampir mati tersebut.

“Kepada adik adik semua…. next event: Workshop cassava dan pawai onthel di awal November. Khusus onthel, dibutuhkan volunteer yg agak banyak…”

*read by 5*

Mau left grup, tapi sungkan :’) Jadilah aku, Nita, Tiwuk, Situn, dan Safira yang “terjebak” di dalam grup itu auto jadi volunteer wkwk.

Pak Nafi’ memegang tiga acara di dalam serangkaian Festival Tegalboto, yakni Workshop dengan tema “Pengembangan Industri berbasis Cassava”, Kuliah Umum “Madventure Seasoning”, dan Pawai Onthel Nusantara. Dan otomatis kita berlima juga ikut membantu di ketiga acara tersebut.

Bahagiaku sederhana, banner dipajang depan UNEJ aja kita udah seneng yakan, Tun :')


Jujur ini adalah kepanitiaanku pertama (dan mungkin terakhir) di serangkaian Festival Tegalboto. Karena dipegang oleh dosen dan kita cuma sebagai volunteer yang dipilih mendadak, jadilah kita nggak ada struktur kepanitiaan dan birokrasi yang jelas. Kita terlibat di semua aspek; ngurusin rundown iya, ngurusin uang iya, jadi LO iya, desain iya, ngurusin absensi iya, dan angkat-angkat juga iya. Manteb ga tuh wkwk.

Jujur aku adalah volunteer paling ecek-ecek dibanding mereka. Paling nggak pernah muncul, paling nggak pernah ikut rapat, paling santai disaat yang lain gupuh, pokoknya paling nggak ikut-ikutan. Bahkan sampe di suatu titik dimana aku mikir “Aku left grup aja boleh gak sih? :’) aku terlalu noob kalo kerja bareng kalian yang udah pro. Aku malah cuma jadi beban tim :’) “

Tapi ya gimana pun juga, walaupun kerjaanku cuma ngerusuhin dan ngabisin uang konsumsi, tapi kalo aku pergi justru aku menambah kerja mereka. Kita sudah cuma berlima, masa jadi berempat wkwk.

Acara pertama, workshop cassava. Aku masih berkutat dengan pertanyaan “Aku perlu ke sana juga kah?” Saking se-enggak pentingnya aku wkwkw. Tapi untungnya pagi-pagi udah diajak Situn buat ikut bantuin nyiapin. Alhamdulillah berguna sedikit.




Selesai workshop dan beberes, kita pulang dan istirahat buat persiapan acara Kuliah Umum besoknya. Untungnya kuliah Umum ini nggak cuma dihandle kita berlima, tapi juga dibantu sama Khusna, Defi, Sumini, Edi, dan Eppu. Pagi-pagi kita udah bersiap di Gd. Soerachman lantai 3 dengan mata membengkak karena kurang tidur wkwk.

Dan acara pun berjalan sebagaimana mestinya. Momen yang paling bikin ngakak adalah waktu suasana lagi hening-heningnya, tiba-tiba “JEDUGG”. You know what? Jidat Edi kepentok pintu kaca! Seketika satu ruangan langsung nguakak semua wkwkwk. Katanya dia nggak liat kalo disitu ada pintu kaca. Entah kacanya yang terlalu bening atau Edinya yang terlalu oleng. Akhirnya Edi pun gamau masuk ruangan lagi. “Mbak pokok e aku emoh mlebu maneh. Malu aku mbak”. Edi auto-trending Wkwk.



Selesai acara kedua, kita istirahat lagi buat acara ketiga keesokan hari yang lebih besar, yakni Pawai Onthel. Peserta pawai ini diperkirakan sampe 3000an orang, dan butuh 50++ volunteer. Dari hari Jumat, kita udah ganti-gantian buat jagain stand pendaftaraan. Malem-malem kita bantuin bangun tenda Korrek yang ternyata setengah mati berdiriinnya.

Hari Sabtu, jadwal lebih padet lagi. Pagi-pagi kita udah dihubungi pihak lemlit dan kosti buat persiapan lokasi. Kemudian langsung lanjut pendaftaran peserta sampe tengah malam. Yang lain shift-shift an, sedangkan kita berlima kudu stay terus dari pagi sampe pagi di lokasi. Siyap wkwk

Makin malem, peserta yang dateng makin ruaameee. Jam 2 sampe jam 3 pagi itu waktu rame-ramenya peserta dateng. Walaupun udaranya dingin, tapi suasananya hangat. Eaa. Kemudian jam setengah 4 kita pulang mandi dan berangkat lagi jam 4 untuk persiapan puncak acaranya nanti. Anjir, nonstop euy!



Terlibat di Pawai Onthel ini bikin aku belajar banyak. Dimulai dari kepanitiaan, di mana aku termasuk panitia inti jadi mau nggak mau aku harus berperan lebih dibandingkan volunteer lain. Harus stay di saat yang lain pulang. Harus kuat melek di saat yang lain ketiduran (padahal ujung-ujungnya tidur juga wkwk).

Untungnya aku setim bareng mereka-mereka yang luar biasa hebat. Nita walaupun mulutnya loss banget tiap hari ngomong “Cok, ancene kon iku goblok”, tapi gercepnya luar biasa. Tiwuk dan Safira juga walaupun kadang suka gajelas dan lemot, tapi gitu-gitu jadi MC andalan dan gak kalah gercep juga. Dan Situn si partner desain ini walaupun kita sering stress bareng menghadapi lik e yang banyak maunya, tapi kerjanya juga jangan diragukan. It’s my pleasure to work with u guys, thanks a lot!


Workmate tersetrong dan tergercep ♥

Selain itu, aku juga belajar banyak dari pesertanya. Peserta Pawai Onthel ini latar belakangnya sangat berbeda dari aku. Mereka kebanyakan jauh lebih tua daripada aku, serta sangat kental budaya (Apalah aku yang cuma sepeda jengki, sepeda mini aja gatau…). Namun perbedaan itulah yang membuat Indonesia menjadi beragam budayanya. Keberagaman tersebut semakin membuktikan bahwa “Ini lho, Indonesia itu kaya.”

Walaupun kami terpaut usia dan bahasa, tapi aku cukup nyaman bisa menghabiskan waktu bareng mereka. Walaupun panas-panasan teriak-teriak ngambilin kupon doorprize dari 3000 peserta, tapi kita masih bisa ketawa-ketawa dan hepi bareng wkwk. Terimakasih atas pengalaman berharganya!

Selesai acara jam 11, tenaga udah bener-bener habis karena literally seminggu ini begadang terus dan kurang istirahat. Pulang ke kos khusna, aku sama Safira langsung tepar dan tidur di sana saking ngantuknya wkwk. Akhirnya selesai juga :))


. . .

Lanjut lagi ke cerita berikutnya. Menginjak bulan ke-10 tidak pulang, aku mulai agak fragile. Kalo ada yang cerita “Aku weekend ini mau pulang ah” entah kenapa aku langsung baper sendiri. Di balik kata “Ooalah, yaudah hati-hati yaa” ada tangis yang hampir pecah karena sedih gabisa pulang.

Dih sumpah bahasa gua puitis banget ya. Maklum ini nulisnya tengah malem wkwk.

Tapi bener sih, saat-saat itu adalah saat dimana aku paling sensitif dengan kata pulang. Aku udah melewati masa dimana orang tuaku sehari tiga kali nanyain terus kapan pulang, sampe masa yang bahkan orang tua udah nggak pernah nanyain lagi kapan pulang, karena beliau tau aku bakal jawab “Maaf pa, ma, aku masih belum tau bisa pulang kapan…”

Dan puncaknya adalah bulan November kemarin. Entah kenapa tiba-tiba semangatku untuk hidup hilang begitu saja. Seriusan. Aku yang awalnya pendiam, menjadi lebih pendiam lagi seolah menarik diri dari kehidupan sosial. Bisa dibilang itu adalah masa terkelamku tahun ini wkwk. Aku menjauhi semua hal yang berbau penelitian. Seperti ngelab, bertemu teman-teman lab, bahkan mendengar kata “lab” aja pikiranku sudah nggak karuan. Karena waktu itu aku mikir: Buat apa aku kuliah, ngelab tiap hari, kalo gabisa bahagiain orang tua? Katanya kuliah itu demi orang tua, tapi justru sekarang mereka pingin aku pulang. And now I cant fulfill it. Lalu, sebenernya aku ini hidup untuk siapa?

Tekanan semakin bertambah ketika temen-temen nanya seputar penelitian.

“Fet, nggak ngelab?”
“Fet, penelitianmu sudah sampe mana?”
“Fet, sempro kapan?”

Guys pls, tidak bisakah kalian membuka percakapan selain obrolan tentang tugas akhir? Kzl akutu :(

dan bahkan kalimat se-enggak penting ini: “Rek, rapatnya pindah ke depan lab yaa” aku langsung gelisah. Padahal ya nggak ada nyambung-nyambungnya wkwk.

Beberapa orang sempet me-notice keanehanku kemarin. Bahkan Fitri sampe bilang, “Mbak, sampean opo’o to? Kesel ta sama mbak itu?” Aku cuma bisa senyumin aja karena aku sebenernya juga gatau lagi kesel sama siapa wkwk. Mungkin lebih tepatnya kesel sama diriku sendiri, kenapa kok aku bisa jadi goblok kayak gini :((

fyi, berusaha bangkit ketika kamu sudah jatuh ke dalam lubang keputus-asaan itu susah. Jauh di lubuk hati ada sedikit harapan “Ayo fet kamu harus bangkit”, tapi di sisi lain there’s bigger evil that stay in yourself and keeping u away from that hope.

Kemudian Putri dan Safira dateng ke kosku tiba-tiba. Anjir dua bocah itu ngapain wkwk. Mereka membujuk habis-habisan sambil “nyogok” aku dengan eskrim. lol. Mereka bener-bener mengusahakan aku buat kembali lagi ke “jalan yang benar”, sampe mereka seolah nurutin semua yang aku mau.

“Kamu homesick ta fet? Pulango dulu wes, ayo besok kita temenin ke lemlit buat ganti jadwal pembekalan KKN”
“Kamu mau liburan? Ayo dah main lagi kemana gitu”
“Kamu butuh apa deh fet? Kita bisa bantu apa?”

Mereka bener-bener mengubah aku, dari yang awalnya aku berpikir “I wasn’t needed there” sampe menjadi “I’m supposed to go back there”. Ah nggak ngerti lagi kenapa aku bisa punya temen yang baiknya gak ketulungan kayak mereka. Merasa bersyukur banget, sampe gatau lagi harus bales gimana huhu. Semoga Allah membalas semua kebaikan mereka dengan hal-hal yang lebih baik lagi :”)

Lab is our middle name

. . .

Ya mungkin itu sedikit cerita dari warna-warna baru di tahun shio anjing ini. Sebenernya masih banyaaakk lagi cerita dan warna yang nggak mungkin aku tulis di sini semua. Iya, aku lebih suka menyebutnya sebagai warna-warna baru. Karena menurutku, warna itu merupakan suatu kesatuan yang kompleks, dan baik buruknya tergantung dari presepsi masing-masing. Semakin banyak warna, maka hidupmu bakal makin lengkap. Aku kutip kata-kata dari Alitt Susanto, “tangis, tawa, bahagia, terluka, itu adalah cara Tuhan memberi warna pada hidup kita. Syukuri saja saat kita masih bisa merasakan itu semua”

Terimakasih 2018! :)

Comments