Survival Game: Let’s Get Lost!

Halo teman-teman!

Alhamdulillah blog ini kembali hidup setelah 4 bulan ditinggal pemiliknya yang keteteran tugas wkwk. Sebelum ini juga bingung mau ngepost apa, saking lamanya nggak liburan jadi nggak ada yang bisa diceritain :(

Anyway, kali ini aku mau bahas tentang kegiatan Survival. Bukan, ini bukan reality show yang kemudian kita dilepas di hutan untuk bertahan hidup, bukan. Kalo itu beneran, mungkin sekarang anggota thp-b hanya tersisa setengah (gara-gara dimakan sama setengah anggota yang lain) wkwkw.

Survival ini adalah salah satu bentuk dari praktikum KWU II, yang menurutku menerapkan nilai-nilai untuk berpikir kreatif dan berani keluar dari zona nyaman. Kegiatan ini memang cukup fenomenal di FTP, karena selalu diperbincangkan ketika memasuki semester 5 atau khususnya Matkul KWU II. Dari semester 2 kita udah sering diceritain tentang kakak-kakak yang ikut survival, tapi nggak nyangka sekarang aku yang ngalamin ini sendiri.

Dan karena itu, sekarang gantian aku yang ceritain ini ke kalian semua.


Ini kita, sebelum dibuang.
Sebelum hari-H, acara survival ini bener-bener rahasia alias nggak dikasih bocoran apa-apa (kecuali dari kakak tingkat). Kita cuma dapet jarkom yang nyuruh kita pake kaos putih, training, sandal jepit, dan bawa aqua botol, payung, dan KTP. Cuma itu. Penasaran nggak sih, sebenernya kita ini mau diapain dan bakal “dibuang” kemana? wkwk

Dan hari-H kita juga nggak dijelasin banyak hal. Semua tas, hp, dompet, atm, jaket, sepatu, jam tangan, semua ditinggal. Rules-nya sederhana:

“Kamu harus bisa kembali lagi ke kampus, entah gimanapun caranya”

Okeeh, challenge accepted!! (Oh iya tentu saja ini survive-nya perkelas, bukan individu. Kalo kegiatannya individu yang ada malah hilangan semua kayak anak bebek, terus hari Senin nggak ada yang kuliah).

Perjalanan ke TKP, kita diangkut naik truk. Pertama sih anak-anak masih semangat, nyanyi-nyanyi, guyon, dan ketawa-ketawa,… sampe 40 menit kemudian anak-anak mulai gelisah karena truk makin masuk ke arah pedalaman.

“Bentar bentar rek, sebenernya kita sekarang ini lagi dimana sih? Kok pedalaman gini?”

Jeng jeng jeng jeenggg *backsound lagu horor*

Setelah beberapa lama kita diturunkan di antah berantah, yang bahkan anak Jember juga nggak tau kita lagi dimana. Ekspektasi untuk segera nyewa truk dan kembali ke kampus tiba-tiba hilang. Ya gimana nggak, di sana sama sekali nggak ada truk coy! Karena disana literally perkampungan yang bahkan lebar jalannya cuma cukup untuk satu mobil. Dan kita pun mulai briefing.

Plan A : Melobby bapak sopir truk tadi untuk nganterin kita balik ke kampus, setelah kita ngumpulin duit untuk bayar bapaknya.

Setelah anak-anak melobby bapaknya, bapaknya nggak ngomong banyak dan hanya bilang “Iya iya nanti tunggu di pertigaan sana ya”. Jadi kita jalan kaki sambil sesekali cari tumpangan ke pertigaan yang jaraknya lumayan jauh itu. Menurut ketua geng, nggak papa kita pisah asalkan kita tetep ketemu di pertigaan. Karena kalian tau sendiri, cari tumpangan untuk 40 orang di gang kecil itu lumayan mustahil.

Satu persatu mulai nemu pickup dan berangkat duluan. Nggak lama kemudian alhamdulillah kita dapet pickup juga hehe. Rhama dan beberapa anak lain malah ada yang numpang pickup pengangkut LPG wkwk, unik unik pokoknyaa. Salut dah.

Ketika sampai di pertigaan, kita nggak ngeliat batang hidung truk yang tadi. Iyasih, menurut feelingku emang gabakal supir tadi mau nungguin kita wkwk. Kemudian kita briefing lagi.

Plan B : Berpencar cari duit untuk nyewa truk yang lewat, jam 9 harus sudah kumpul di depan Indomaret.

Tolong jangan tanya kenapa anak-anak bisa tau jam berapa wkwk.

Indomaret tempat kita kumpul dan briefing
Disini anak-anak berpencar jadi beberapa kelompok, dan masing-masing nyari duit dari hasil jualan aqua, ngamen, belas kasihan, dan banyak cara-cara lainnya wkwk. Alhamdulillah masih banyak orang yang mau membantu. Banyak warga sekitar yang mau beli aquanya. Ada juga yang dateng jualan aqua, balik-balik dibekalin dua bungkus nasi dari warga. Terharu banget lah :’)

Perjuangannya anak-anak saat itu emang pantes diacungin jempol. Aku, ajeng, dan ismi juga perjuangan sampe dikejar-kejar kalkun waktu jualan ke rumah-rumah warga wkwk. Dan akhirnya kita pun lari ngibrit balik ke tempat kumpul hahaha. Sumpah ya baru pertama kali ini liat ada warga melihara kalkun, dan pertama kali itu juga langsung diserbu wkwk.

Dari jerih payah dan keringat anak-anak, akhirnya dalam 40 menit terkumpul uang sebanyak Rp 291.000, mantap! Tentu itu bukan hasil yang sedikit, melihat teman-teman cuma bermodal sebotol aqua dan dengan waktu yang lumayan singkat.

Mushola yang menjadi saksi bisu perjuangan kita

Setelah semua anggota berkumpul di titik awal, kita nunggu truk yang lewat di depan mushola sambil bebersih diri. Di sana, kita nunggu lumayan lama tapi belum nemu juga truk yang bisa kita tumpangin. Akhirnya temen-temen kembali memutar otak.

Plan C : Kita jalan estafet dulu. Kalo emang nemunya pickup, ya sebagian naik itu. Dan sisanya nunggu tumpangan yang lain.

Dan nggak lama kemudian akhirnya temen-temen nemu pickup yang boleh ditumpangin. Ditemenin oleh si ketua geng a.k.a Aik, kita pun meluncuurr, woohoo~ Sesuai perjanjian awal, kita diturunin di pertigaan. Tapi bapaknya baik banget, ngeliat kita yang terlantar di jalan akhirnya si bapak nawarin untuk memberi tumpangan lagi ke pom, dan kata bapaknya disana lebih rame jadi lebih gampang kalo mau cari tumpangan.

Awalnya kita seneng banget ditawarin kaya gitu. Wkwk ya gimana ya, biasanya kita yang mohon-mohon ke orang dan itupun ditolak, tapi sekarang si bapak dengan sukarela nawarin kita tumpangan. Is dat a miracle? wkwk. Tapi karena dari awal kita udah janjian dengan kloter satunya untuk kumpul di titik itu, akhirnya kita dengan berat hati menolak tawaran bapaknya.

Daaaann beberapa menit setelah bapaknya pergi, kloter satunya menelpon kalo ternyata mereka gak bisa ke meeting point karena udah diturunin dari truk sebelum sampe disitu.

And we’re just like:
“Astagaaaaaaaa tau gitu nebeng bapaknya aja tadi wkwkwk”

Tapi yang sudah lalu biarlah berlalu. Akhirnya kita kembali nyari tumpangan truk/pickup di jalan dengan sabar. Nunggu tumpangan itu menurutku seru seru ngeselin. Ketika ada truk atau pickup muncul dari pertigaan, kita semangatnya bukan main. Tapiii… begitu bodynya kelihatan, mendadak langsung bete lagi karena ternyata truknya ngangkut barang. Seketika harapan itu hilang. Kadang juga nemu pickup atau truk yang kosong, tapi nggak mau berhenti alias gamau ditumpangin. Huuft.

Aku sampe belajar banyak dari Aik dan anak-anak tentang tips and trick ngompreng. Misalnya ketika kita mau numpang tapi supirnya tetap melaju sambil ngasih kode isyarat, anak-anak tanya. “Aik itu maksudnya apa ik?” “Oooh, itu berarti dia perginya deket aja. Udah mau nyampe tujuan” kita semua pun ngangguk-ngangguk sambil kompakan menyahut “Oooalaahh”.

Beberapa puluh menit kemudian akhirnya kita menemukan pickup, dan kita pun melanjutkan perjalanan. Namun setelah kita diturunkan, penantian panjang terjadi lagi. Bahkan lebih lama dari penantian sebelumnya. Sampe kita hampir hopeless karena nggak dapet-dapet tumpangan, sedangkan kloter 1 sudah hampir sampai di FTP. Akhirnya Aik punya ide yang agak licik tapi kreatif.

Plan D : Kalo kloter 1 udah nyampe kampus sedangkan kloter 2 masih belum dapet tumpangan juga, kloter 1 jemput kita naik motor.

Ini menjadi opsi terakhir apabila kita bener-bener nggak nemuin tumpangan untuk kembali ke kampus. Kata Pak Yuli, kita harus bisa kembali ke kampus apapun caranya. Jadi sah-sah saja kan dengan cara ini? wkwk.

Tapi sebelum kloter 1 bener-bener sampe di kampus, Alhamdulillah kita berhasil nemu truk yang bisa ditumpangin. Rasa bahagia waktu bisa naik di bak truk atatu pickup sambil diterpa angin sepoi-sepoi itu bener-bener nggak bisa diungkapin dengan kata-kata. Yaa walaupun ujung-ujungnya tetep diturunin sih wkwk.

Kalo aku ceritain secara detail tentang gimana kita nungguin tumpangan ini, mungkin postnya bakal jadi sangat panjang dan membosankan. Intinya, di kegiatan survival ini kita berhasil oper-oper kendaraan sebanyak tujuh kali. Iya, tujuh kali! Dihitung dari titik pertama kita diturunkan, kita berhasil ngompreng pickup-pickup-pickup-truk-pickup-truk. Dan hebatnya lagi, kita berhasil numpang tanpa mengeluarkan uang sepeserpun! Kita sungguh beban masyarakat ya wkwkw.

Kloter 2
Kloter 1
Daaan untuk kendaraan terakhir atau ke-tujuh, ada di plan berikutnya.

Plan E : Minta tolong pak polisi nganterin ke kampus.

So far, ini plan paling gokil yang kita rencanakan wkwkw. Awalnya kita mau minta tolong ke polsek kalisat (iya ya?), tapi nggak jadi karena ternyata kita nemu tumpangan truk pengangkut kedelai (kayaknya sih gitu, soalnya di dalem baknya masih sisa banyak biji kedelai wkwk).

Naik truk itu, kita diangkut sampe pertigaan RS Soebandi Patrang. Alhamdulillaah, sudah mau deket kampus! Setelah itu kita turun dan langsung jalan kaki menuju polsek patrang. Kita mencoba peruntungan di kantor polisi. Anak-anak cowok, bareng susi safira dkk melobby pak polisinya, sedangkan yang lainnya nunggu di luar sambil senyum-senyum ngebayangin pulang ke FTP dianter pak polisi (yang ganteng) HAHA.

Setelah agak lama, berkat bujukan maut dari teman-teman akhirnya pak polisi setuju buat nganter kita ke kampus :)) Hehe makasih temen-temeennn atas usahanyaa! Pak polisinya pake dua mobil, satu mobil patroli dan satu lagi mobil Agya yang sebenernya juga mobilnya polisi.

Alhamdulillaaaahh, pulangnya dapet mobil AC! :))

Sebenernya kita agak nggak tau diri juga sih, bayangin masa 1 mobil polisi diisi 12 orang (+1 supir) wkwkwk. Untungnya kita nggak dianter ke rumah tahanan wkwk. Dan di dalem mobil itu tentu kita nggak lupa buat selfie sebagai kenang-kenangan survival heheu.



Sekali lagi tolong jangan tanya kenapa kita bisa selfie.

Di mobil pak polisinya juga ramah, kadang nanya-nanya ga jelas gitu. “Kalian dilepas dimana tadi? Kok kalian gak nyusurin sungai aja? Nanti sampe Mastrip sini kok” Dan kita langsung menyahut heboh “Yekaliii pak wkwk”. Dan selama perjalanan itu kita ketawa-ketawa bahagia. Gimana nggak, kita diantar persis sampai depan gedung D FTP, dengan mobil polisi, udah gitu ber-AC. Maka nikmat Allah mana yang engkau dustakan? :)

Dan pukul 11.35an akhirnya kita sampai di FTP, disambut sama anak-anak kloter pertama yang heboh ngelihat kita dianter naik mobil polisi wkwk. Yaah walaupun kita dateng paling terakhir, tapi gapapa lah tetep berkesan kok.

Sampe di FTP, kita pun tepar. Udah gitu langsung dilanjut praktikum pangfus lagi wkwk. But thanks for the day, guys!



Well, ada beberapa hal yang ingin aku sampaikan. Dari kegiatan ini, aku belajar banyak hal.

1. Masih banyak orang baik di dunia ini.

Selama ini aku salah mengerti, kalo ternyata masih banyak orang baik di sekitar kita. Pelajaran ini bener-bener terasa sewaktu kita mengais rezeki di antara rumah warga. Banyak yang peduli dan merasa iba, sehingga nggak tanggung-tanggung membantu bocah-bocah melas kayak kita ini.

Ada yang berkaca-kaca sewaktu temen-temen ceritain kenapa kita bisa sampe disana, kemudian beliau ikut membantu.

Ada yang mau membeli aqua, tapi nggak tega lihat kita kehausan. “Ini aquanya saya beli, tapi kalian yang minum aja.” sambil menyerahkan uang 20 ribu.

“Nggak mau mampir ke rumah dulu, nak?”

“Hati-hati di jalan ya dek, semoga bisa balik ke Jember”

Dan banyak lagi kalimat-kalimat dari mereka, yang bahkan cuma denger ceritanya aja bikin hati luluh. Sungguh mulia hati mereka :’)

Dan orang-orang baik nggak cuma sampai disitu. Selain warga yang sudah memberikan bantuan finansial, ada lagi warga yang berjasa mengantarkan kita kembali ke FTP. Ya, apa lagi kalo bukan supir-supir truk atau pickup yang kita tumpangin. Jujur, tanpa bantuan mereka kita nggak akan bisa pulang dengan selamat.

Bayangkan, ada segerombolan anak muda yang nggak dikenal, tiba-tiba minta tumpangan, dan nggak punya uang untuk bayar pula. Kalo secara logika, apa untungnya dia bantu kita? Percayalah, mereka nggak akan menolong kalo bukan hati nurani mereka yang bicara :’)

Nggak banyak yang bisa aku beri kepada beliau-beliau, selain ucapan terima kasih dan doa yang tulus dari dalam hati, semoga mereka-mereka selalu sukses dan dilimpahkan rezeki. Aaamiin.

2. Kekompakan, kesabaran, dan menahan ego itu penting

Tentu saja di kegiatan-kegiatan kayak gini, hal yang paling penting adalah menahan ego. Keinginan untuk cepat pulang, enggan berbagi, enggan menolong, dan kepentingan-kepentingan pribadi lainnya harus bener-bener ditekan. Iya, semua juga pingin pulang. Semua juga lapar. Kita sama-sama capek dari tadi belum dapat tumpangan. Namun daripada mengeluh, apa nggak sebaiknya kita cari jalan keluar bersama?

Aku sendiri juga nggak luput dari kesalahan, tapi terima kasih teman-teman sudah mengajarkan banyak hal :*

Satu hal yang bener-bener berkesan menurutku: di tengah capek dan panas yang luar biasa, dengan wajah kumus-kumus, kita masih bisa ketawa-ketawa bareng. Walaupun umpel-umpelan di pickup sampe kesemutan, nunggu di bak truk yang nggak jalan-jalan di bawah teriknya matahari, goyangin jempol sampe bosen dan nggak ada satupun yang berhenti, namun dibalik itu semua selalu ada hal-hal kecil yang bisa kita ketawain bareng. Kita masih bisa selfie bareng dengan muka bahagia, tanpa ngeliatin kalo kita abis perjuangan dari pagi belum makan.

Dan serius rek, itu priceless :’)

Dan aku akuin, bener sih kata Pak Yuli. “Tinggalkan semua hp kalian, sekali-sekali jangan bergantung pada hp terus. Saya yakin akan lebih banyak cerita yang hadir di antara kalian kalo kalian bisa melepaskan semua itu.” Well, it’s true. Bayangin kalo misalnya kita boleh bawa hp, bawa uang, dan boleh bawa motor. Itu mah namanya jalan-jalaan bukan survival wkwkw

And last, terima kasih buat temen-temen THP-B atas pengalamannya yang sangat seru ini. Iya dong, kapan lagi ngompreng truk kalo bukan pas kaya gini? Dan juga terima kasih terutama kepada cowok-cowok yang sudah berhasil mengayomi dan melindungi perempuan-perempuan tak berdaya macam kita ini. I owe u, guys!

Btw, terima kasih rek short trip-nyaa!! Ditunggu trip yang beneran ya wkwk, semoga kita masih bisa ketawa-ketawa bareng kayak gini lagi hehe.

luv u guys.

Comments