Monday, February 27, 2017

Jepang Tak Seindah Bayanganku #HISAmazingSakura


“Pah, aku boleh ke Jepang?”

“Ngapain? Tiket kesana itu mahal, belum lagi biaya hotel dan transportasi di sananya. Kamu juga gak bisa bahasa Jepang. Bla… bla… bla…”

:’(

… Aku pun mundur perlahan-lahan.

Itu adalah kejadian tahun 2010 lalu, waktu papa pertama kali diminta untuk training di Jepang. Aku yang masih masih SMP itu sangat excited bahkan memaksa ikut (lah kok malah aku yang semangat ya?). Tapi jelas niatku itu ditolak mentah-mentah sama si bapak. Ya iyalah, ngapain juga bocah seumur jagung gini ikutan berkelana ke negara nan jauh di sana?

Tapi lama-lama, jadi sadar diri juga sih. Nggak semudah itu pergi ke Jepang, walaupun di dalem lubuk hati yang terdalam ini masih menyimpan keinginan besar buat ke sana. Japan, I keep my eyes on you! wkwk

Dari dulu aku suka banget traveling, tapi belum pernah kesampean ke Jepang. Well, nggak heran sih aku bisa se-excited ini sama negeri sakura itu. Karena Jepang itu emang menarik, dari segi apapun! Katakanlah mulai dari seninya, teknologinya, tempat wisatanya, bahkan orang-orangnya, semua menarik!

Menurut aku, Jepang ini adalah negara yang sangattttt modern kehidupannya, tapi di sisi lain juga nggak pernah ngelupain sejarah dan warisan budaya leluhurnya. Kalo enggak percaya, coba lihat di sana banyak banget gedung-gedung pencakar langit, tapi kuil-kuil di sana juga nggak kalah banyak dan bahkan masih apik terjaga. Jepang menawarkan pengalaman yang unik, mulai dari tempat-tempat bersejarah hingga teknologi paling canggih.

Jadi kalo diibaratkan manusia, dia ini macam orang sukses yang berpendidikan tinggi dan punya usaha dimana-mana, tapi dia tetep patuh dan nggak pernah lupa sama orang tuanya. Mulia sekali bukan? wkwk.

Kalo main ke rumah orang Jepang, coba kalian amati (oke aku sok tau banget ya). Aku bisa katakan kalo arsitektur rumah tradisional Jepang (Minka) itu merupakan perpaduan cantik antara kemodernan dan warisan leluhur mereka. Aku langsung keinget kartun-kartun Jepang kayak Doraemon yang selalu berlatar rumah tradisional yang beralaskan tatami ini. Somehow keren gitu!

(credit by http://muza-chan.net)

Oh iya, dari keunikannya pun Jepang juara lo! Pasti tau kan sama tren Harajuku dan Cosplay. Siapa lagi yang memulai trend itu kalo bukan si negeri matahari terbit? Wkwk. Harajuku adalah pusat perbelanjaan sekaligus tempat berkumpulnya kaum muda-mudi yang berpakaian nyetrik dan unik. Karena banyaknya anak muda yang berkostum aneh-aneh, Harajuku jadi terkenal sedunia gara-gara keunikannya. 

(credit by id.pinterest.com)
(credit by id.pinterest.com)
Sedangkan cosplay adalah hobi memakai kostum yang mirip sama karakter di film animasi Jepang, manga, sampe karakter di video games. Jadi para cosplayer itu berusaha untuk menjiwai karakter yang mereka perankan. Cosplay ini digandrungi oleh anak-anak muda, terutama mereka yang excited sama kebudayaan Jepang. Nggak usah ditanya lagi kepopulerannya, cosplay udah menjamur di berbagai negara! 

Bahkan yang lagi viral belakangan ini, lagu “Pen-Pineapple-Apple-Pen” a.k.a PPAP buatan Pikotaro, siapa coba yang memulai nyanyian itu? Jepang! Wkwk yup, Jepang emang punya pemikiran yang terbilang unik. Siapa sangka lagu 3 baris yang isinya cuma ngomongin apel, nanas, dan bolpen itu bisa viral sampe sejagat raya? 

Well, pokoknya kalo nemu yang aneh bin unik, pasti itu Jepang wkwk. Tapi justru itu yang bikin aku makin “gregetan” pingin ke sana. Keunikannya, somehow bikin Jepang lebih menarik.

(credit by http://www.photoflytravel.org/)
Yang nggak kalah seru untuk dibahas adalah tempat wisata di Jepang. Well, setelah jalan-jalanku seharian (… di google) ternyata dari bagian utara sampe selatan banyak banget tempat-tempat wisata yang asik! Dan tentunya tiap tempat itu punya keunikan masing-masing yang bikin menarik untuk dikunjungin.

Sebut saja Tokyo. Bukan, ini bukan nama samaran. Ibu kota Jepang ini punya banyak destinasi wisata yang membahana. Salah satunya yang merupakan ikon dari Jepang adalah Gunung Fuji. Pemandangan gunung berwarna kebiruan dan “ditaburi” salju di bagian puncaknya bener-bener eksotis. Ya walaupun kita nggak beneran trekking ke Gunung Fuji, namun di sekitaran Tokyo kita udah bisa lihat pemandangan bak lukisan itu kok. Duh jadi lihat Gunung Fuji jadi keinget es serut.

(credit by www.yurukaze.com)

Dan yang nggak asing di telinga kita : Shibuya! Kawasan pusat perbelanjaan ini ruame banget dan wajib untuk didatengin kalo ke Jepang. Entah kenapa ini masuk ke bucket list ku karena aku sering banget liatin di TV, terutama Shibuya Crossing. Keren aja gitu.

Shibuya crossing
(credit by bakadaruku.blogspot.com)
Nah ini nih yang unik. Odaiba!

Odaiba adalah pulau buatan di sebelah timur Pulau Tokyo. Pulau ini dulunya dibuat untuk pertahanan (karena Odaiba dalam bahasa Jepang artinya benteng), namun sekarang Odaiba berkembang jadi area perbelanjaan dan tempat hiburan, sehingga Odaiba kerap didatangi wisatawan lokal sampe mancanegara. Salah satu yang bikin menarik adalah Rainbow Bridge. Percayalah, waktu malam jembatan itu bakal berwarna-warni sehingga punya daya tarik tersendiri. Even the bridge is more colorful than my life wkwkwk :”

Selain itu, di sana kita jug bisa nemuin patung Gundam berskala 1:1 alias GUEDE bangett, dan bahkan ada replika patung Liberty! Wkwk jadi nggak usah jauh-jauh ke United States kalo mau foto berlatar Liberty, di Jepang juga ada hehe.

(credit by tokyobling.wordpress.com)
Daaaan nggak ketinggalan dari Jepang: sakuraaa!

Ke Jepang belum lengkap kalo belum lihat sakura, bunga kebanggaan Jepang ini. Ngelihatin sakura ini ada festivalnya sendiri lo, namanya Hanami. Hanami adalah tradisi Jepang dalam menikmati keindahan bunga, khususnya bunga sakura. Di tradisi ini orang Jepang biasa merayakannya sambil menggelar tikar di bawah pohon sakura a.k.a piknik, makan bento, minum sake, main game, dengerin lagu, pokoknya have fun lah di sana wkwk.

Tradisi Hanami ini diadain waktu sakura mekar yakni sekitar akhir Maret sampe awal Mei. Sakura cuma mekar selama 1-2 minggu aja dalam setahun, karena itu kita beruntung banget kalo bisa menyaksikan si bunga pink ini mekar. Uuh :3

Hanami bisa kita lakuin di seluruh Jepang. Lebih asik sih di Kyoto, tapi kalo di Tokyo kita bisa dateng ke Shinjuku Gyoen atau Ueno Park yang dijamin bakal terpesona (rekomendasi gue meyakinkan banget ya, kaya gue pernah ke sana aja wkwk).

(credit by stowawaymag.com)

Alasan lain kenapa Jepang masuk ke dalam bucket list-ku adalah ingin ke Fujiko F. Fujio Museum. Sebagai pencinta Doraemon sejak TK, tentu aku gembira banget waktu tau di Jepang ada museum Doraemon. Museum ini ada di kota Kawasaki, sebelah selatan kota Tokyo. Museum ini memamerkan koleksi dan karya-karya dari Fujiko F. Fujio, salah satunya Doraemon (yaaay, my fave one :3 ). Di museum ini ada bioskop, ruang baca manga, ruang bermain, dan taman dimana ada karakter-karakter Fujiko F. Fujio. Walaupun museum ini lebih ditujukan buat anak-anak, tapi museum ini juga tetep menarik kok di kalangan orang dewasa. Justru aku lebih bersemangat karena museumnya pasti imut-imut bangeet wkwk.

Mungkin nanti aku mau bawa pulang dokodemodoa a.k.a pintu kemana saja supaya bisa bolak-balik ke Jepang tiap hari huahaha.

(credit by www.businesswire.com)

Dan iseng-iseng ngobrol dengan Asuka, temen asal Osaka, dia bercerita kalo tempat yang paling oke menurutnya adalah Kyoto. Menurutnya, Kyoto itu adalah kota yang kental akan sejarah dan budayanya. Kyoto disebut-sebut sebagai kota seribu kuil, karena memang saking banyaknya kuil bersejarah di sana. Ada ribuan kuil Buddha dan kuil Shinto yang mewarisi sejarah Kyoto, salah satunya yang cukup terkenal adalah Kinkaku-ji, yaitu kuil yang ada di utara Kyoto, yang bangunannya dibungkus oleh lembaran emas murni! Gila gila gilaa…

Selain tempat-tempat yang aku sebutkan tadi, masih banyaaaak banget destinasi seru seperti Nagoya, Hokkaido, Kuil Meiji, Arashiyama, Disneyland, Disneysea, dan banyaaaak lagi. Pokoknya apa lu mau, di Jepang ada! :))

Kinkaku-ji (credit by keywordsuggest.org)
Dan kalo aku pribadi sih pingin banget ke Osaka bukan sekedar karena wisatanya, tapi pingin banget ketemuan bareng temen-temen disana, yaitu Asuka dan Mizuki. Kita ketemu di Filipina di musim panas tahun lalu dan menghabiskan sebulan disana bareng-bareng. Mereka-merekalah yang bikin aku makin ngebet ke Jepang huahahaha. Miss ya, Asuka and Mizuki! :3


Nah setelah seharian jalan-jalan di Google doang, pertanyaannya sekarang adalah: kapan ke Jepang beneran?

Hmm sebenernya Jepang bukan negara yang mahal, asal pintar mengatur budget dan punya segudang tips dan trik untuk jalan-jalan murah. Nih aku kasih tau salah satu triknya ya, guys. Ini rahasia. Jangan kasih tau siapa-siapa.

(eh ngga deng, justru harus dikasih tau biar kita semua bisa jalan-jalan ke Jepang wkwk)

Sekarang nggak perlu takut Jepang itu mahal dan ribet, karena ada HIS Travel Indonesia!


HIS Travel Indonesia adalah travel agensi yang menawarkan banyaak paket wisata domestik dan internasional. HIS Travel Indonesia juga menyediakan paket tour Jepang murah, paket wisata, tiket pesawat, hotel, JR pass, tiket theme park, penyewaan wi-fi, dan banyak lagi. Tentu dengan adanya HIS Travel Indonesia ini memudahkan kita banget yang mau liburan ke luar negeri, terutama ke negeri matahari terbit ini.

Mungkin masih pada bingung, kenapa harus HIS Travel Indonesia?

Oke oke aku bocorin rahasia lagi: karena HIS punya segudang kelebihan buat kita yang bikin kita hepi selama jalan-jalan di Jepang^^



HIS Travel Indonesia melayani semua kebutuhan kita buat liburan ke Jepang, mulai dari reservasi sampe hari keberangkatan kita. Mau booking tapi waktunya mepet? Tenaang, kita bisa ngatur last minute booking kok! Ngurus VISA Jepang juga dijamin kemudahannya, jadi kita nggak usah pusing-pusing ngurusin VISA. Selain itu, informasi juga diberikan secara jelas dan rinci oleh HIS Travel Indonesia.

Dan jangan khawatir, HIS Travel punya 272 cabang di Jepang yang menjamin kita bakal nyaman terus selama liburan. Soo kita bakal bahagia terus di sana, hehe.

Mantab abis kan?

Berikut beberapa paket tour Jepang yang bisa kamu coba kalo mau main-main lihatin sakura:



Dan lebih serunya lagi, HIS bekerjasama dengan ANA (All Nippon Airways) meluncurkan paket hotel dan tiket pesawat di Jepang yang dinamakan HAnavi. Well, HAnavi ini pastinya membantu kita banget dalam memilih paket hotel dan pesawat di sana.

Kalo misalnya kita mau keliling Jepang dari selatan ke utara tapi waktunya terbatas, nggak usah bingung. HAnavi menyediakan paket penerbangan domestik serta hotel yang jadwalnya dapat dipilih sesuai rencana kita. Kelebihan dari naik pesawat adalah waktunya nggak bakal kebuang banyak di perjalanan antar kota, jadi kita punya lebih banyak waktu untuk jelajahin Jepang. Udah gitu kita masih bisa leyeh-leyeh santai, nggak usah terburu-buru bray. Dan yang terpenting : Ramah di kantong!


Soo, udah pilihh kota-kota tujuanmu? :)

Jepang memang tak seindah bayanganku selama ini, tapi ternyata jauh lebih indah!!! Entah kenapa Jepang selalu menarik untuk ditelusuri. Yuk pecahin tabungan ayam-ayaman kalian, kita packing dan cus Jepang!! ^^

liburan gratis ke Jepang yuk!

No comments:

Post a Comment

Mari budayakan berkomentar. Komen pake bahasa baku, gaul, alay, bahasa alien, terserah. Yang penting no spam :)