Sunday, June 26, 2011

Computer Vision Syndrome

Para hadirin sekalian, sekarang gue bakal bahas tentang Computer Vision Syndrome. Penasaran dengan sindrom yang satu ini? Mari kita bahas.

Apa itu Computer Vision Syndrome?

Computer Vision Syndrome (CVS) adalah suatu kondisi yang dihasilkan dari fokus mata pada layar komputer yang terlalu lama dan terus menerus. Bisa dibilang kekakuan otot mata.


 

Apa penyebab Computer Vision Syndrome?

CVS diakibatkan oleh kelelahan mata akibat bekerja dengan jarak yang terlalu dekat dengan layar komputer. Pada saat kita terlalu fokus pada layar komputer dalam jangka waktu yang lama, dapat mengakibatkan otot mata bekerja berlebihan. Apabila dalam jangka panjang, dapat mengakibatkan cacat mata, leher sakit, pandangan kabur, sakit kepala, dan ketidakmampuan mata untuk fokus di lain objek dengan jarak yang berbeda.
Apa saja gejala Computer Vision Syndrome?

CVS bisa dikenali melalui beberapa gejalanya, yaitu :

1. Sakit kepala.

2. Mata terasa kering. Berkedip merupakan reflek, namun pada saat menatap layar komputer kita cenderung jarang mengedipkan mata. Semakin lama mata terbuka, semakin tinggi kemungkinan kornea mata mengalami dehidrasi.Sehingga mata jadi tidak nyaman.

"aku pucing mamaaak"

3. Mata terasa tegang dan lelah sehingga lambat untuk fokus. Apabila mata terlalu lama fokus pada objek yang dekat, otot menjadi tegang. Pada saat melihat jauh, objek lain muncul sebagai gambar buram.

4. Penglihatan ganda. Karena mata kita ada dua, keduanya harus berkoordinasi dengan tepat agar menghasilkan satu gambar. Namun apabila koordinasi mata terganggu (seperti menatap layar terlalu lama) makan akan terjadi penglihatan ganda.

5. Sakit leher dan punggung. Duduk terdiam sambil menatap layar komputer dalam waktu yang lama membuat otot-otot menjadi kaku.
Apa yang harus dilakukan agar meminimaliskan efek dari Computer Vision Syndrome?

Walaupun CVS belum terbukti menimbulkan gangguan penglihatan yang berat, namun tentunya dapat mengurangi produktivitas dan efisiensi dalam melakukan sesuatu. Berikut saran-saran untuk para pengguna komputer :

1. Mengatur jarak pandang mata dengan monitor. Idealnya jarak pandang mata dengan monitor adalah 50 - 70 cm.

2. Sesuaikan posisi monitor dengan mata, jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah karena bisa menyebabkan sakit leher. Sebaiknya monitor diposisikan lebih rendah dari pandangan mata yaitu setidaknya bagian tengah monitor berada 10 - 25 cm di bawah mata.

3. Kedipkan mata lebih sering untuk menghindari mata kering. Hindari mata dari hembusan AC atau kipas angin.

4. Gunakan cahaya yang cukup di tempat anda memakai komputer.

5. Ikuti tips, 20-20-20, setiap 20 menit alihkan pandangan ke objek yang berjarak 20 feet (6 meter) dan berkediplah selama 20 detik.

6. Lakukan pelemasan setelah anda menggunakan komputer selama satu jam agar otot tidak kaku.

7. Layar LCD jauh lebih bersahabat dengan mata dibanding layar monitor tabung.

8. Jika anda sering menggunakan laptop selama berjam-jam, layar yang paling ideal untuk mata adalah 15 inch ke atas.

9. Gunakan cahaya dari komputer seminimal mungkin agar mengurangi radiasi.

10. Gunakan layar filter komputer untuk mengurangi radiasi.

11. Konsumsi vitamin agar mata anda tetap dalam kondisi baik.

Computer will hurts you

Semoga bermanfaat kawan. Kalo bisa hindarin nih yang namanya Computer Vision Syndrome. Tapi sialnya gue sendiri kena hiks. Semoga nggak parah. amin. Kawan kawan doakan aku yak. I will fight with this syndrome #inggrisngawur

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Computer_vision_syndrome
http://www.kulinet.com/baca/apa-itu-computer-vision-syndrome/1075/
http://www.workingworld.com/images/articles/big/iStock_000002652059Small.jpg
KPA Daily Message Book

3 comments:

  1. weh... bagus nih postingannya... nice info... gue sering tuh kelamaan depan lepi...

    ReplyDelete
  2. Penyakit yg gua alami waktu magang di Jakarta. Manusia ma robot udah ga ada bedanya >_<

    ReplyDelete
  3. Kaka Hafizh : Terima kasih kaka. Hati hati nanti kena lo kayak aku haha

    Kaka Claude : Kena juga ya? iya iya bener banget haha

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar. Komen pake bahasa baku, gaul, alay, bahasa alien, terserah. Yang penting no spam :)