Friday, March 18, 2011

Supermoon !

Sabtu nanti, 19 Maret 2011 atau bahasa kerennya Besok, bakal ada fenomena alam yaitu Supermoon, Guys ! Bulan bakal berada di jarak terdekatnya dengan bumi dalam 18 tahun terakhir ini. Bulan-bumi hanya berjarak sekita 221.567 mil atau 356.578 kilometer. Buset keliatannya masih jauh juga tuh. Eh tapi jangan dideketin juga sih, ntar nabrak gedubrak grompyang was wes wos bumi kiamat deh #gila. Fenomena ini disebut 'lunar perigee' atau kata lain supermoon.



Di sejumlah media terkemuka internasional, isu supermoon kini mengemuka. Apalagi, fenomena itu dikait -kaitkan dengan ancaman sejumlah bencana seperti gelombang pasang, letusan gunung berapi, bahkan gempa bumi.


Para penganut teori konspirasi bahkan mengatakan, tsunami Aceh 2004 yang merenggut lebih dari 200 ribu nyawa terjadi sebelum supermoon 2005. Begitu juga dengan bencana angin siklon Tracy yang menyapu Darwin Australia 1974. Sekarang? Jepang terkena tsunami menjelang supermoon 2011 ini.


Dijelaskan, fenomena lunar perigee bukanlah hal yang istimewa. "Itu hanya posisi reguler. Orbit benda langit memang ada di jarak terdekat (perigee) dan terjatuh (apogee)"
Namun, fenomena yang akan terjadi besok ini tidak biasa. Istimewanya, kebetulan waktunya dekat dengan bulan purnama. Dijelaskan pada 19 maret, fenomena lunar perigee yang memiliki siklus 27,3 hari terjadi bersamaan dengan bulan purnama yang muncul tiap 29 hari.


Selama terjadi supermoon dan purnama, bulan akan tampak 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari purnama. Mantep ! Semoga aja nggak hujan amin amin.


Pada saat itu bumi emang akan mengalami pasang lebih tinggi dan surut lebih rendah dari biasanya. Tapi nggak ada yang perlu dikhawatirkan.

No comments:

Post a Comment

Mari budayakan berkomentar. Komen pake bahasa baku, gaul, alay, bahasa alien, terserah. Yang penting no spam :)