Short Getaway

Halo! Kali ini aku mau cerita tentang kehidupanku selama liburan semester ini. Liburan kali ini cukup “naik dan turun”. Banyak sedihnya, banyak susahnya, tapi banyak juga senengnya, dan banyak serunya. Yang jelas, banyak ceritanya! Karena semester ini aku nggak pulang ke Bontang, aku kemudian bertekad dalam hati “Aku gak boleh di Jember terus! Aku kudu main keluar entah kemana”.

Liburan tanpa pulang kampung itu ternyata lumayan jenuh juga wkwk. Tahun lalu, untuk mengisi kegabutan di Jember (karena harus SP), aku main ke SG di sela-sela kuliah dan sempet magang di Batu selama dua minggu. I called it a “reward” for myself bcs I couldn’t go back home, so I deserved another getaway.

Daan tahun ini, Alhamdulillah masih diberi kesempatan buat mencari “pelarian-pelarian” lain wkwk.

Pelarian pertamaku adalah main ke Bondowoso. Ide ini dimulai karena Herinda pingin main ke poskonya Nico di Bondowoso, tapi nggak punya temen. Wkwkw iya Her, aku tau kok alibimu :)) Alhasil dia ngajak anak-anak yang nggak KKN buat ngunjungin desa anak-anak di Bondowoso.

Sabtu pagi, aku, Herinda, Wilda, Safira, Dewi, dan Upla berangkat menuju Kecamatan Maesan a.k.a poskonya Nico. Istirahat sebentar di posko, kemudian kita lanjut mengunjungi posko temen-temen yang lain.

Perjalanan di Bondowoso bener-bener menyegarkan pikiran, karena sepanjang perjalanan semua serba hijau. Lupakan semua kehidupan kota yang padet, serta aktivitas lab yang bikin jenuh. Yang ada hanya hutan rindang, sawah hijau membentang, gunung menjulang dari kejauhan, dan udara sejuk yang bener-bener memanjakan mata kita wkwk.

Di desanya Haqqi, kita diajak ke Bukit Mahadewa. Mirip-mirip sih sama J88, P28, dan sebagainya, tapi nggak setinggi itu. Berhubung kita naik pukul 1 siang dan kita nggak ada persiapan sama sekali, anak-anak pada tepar di jalan karena nggak kuat wkwk. Tapi pas berhasil naik, capeknya terbayarkan dengar pemandangan yang keren dan angin sepoi-sepoi.

Oh iya ada cerita lucu di balik perjalanan ke Mahadewa ini. Jadi malam sebelumnya aku sempet ngabarin Meily kalo mau main ke desanya. Sayangnya, dia udah ada janji sehingga kita nggak bisa ketemu. Dan waktu aku di Mahadewa, aku lagi duduk sendirian nungguin anak-anak yang sibuk foto-foto, tiba-tiba ada yang teriak dari bawah.

“Fettyyy!!!!”

Sebelum menengok ke bawah, aku sempet diem dan mikir “Kok kayak kenal suaranya ya? Tapi temen-temenku kan lagi di atas semua, terus siapa dong yang manggil?”. Dan bener aja, waktu aku noleh ternyata itu Meily wkwkw! Ternyata malah ketemu di sini dong :)) Padahal aku udah mikir ga bakal bisa ketemu, tapi ternyata Allah berkata lain haha.

Akhirnya kita menghabiskan waktu di sana sampe sore, kemudian kita turun dan lanjut ngunjungin posko anak-anak di Sumber Tengah. Di situ kita disuguhin tape dan tape bakar khas Bondowoso, sayangnya aku sama Safira balik duluan wkwk :((

Nyambangi dulur THP B

Liburan berikutnya adalah ke Banyuwangi. Kalo kalian tau, perencanaan liburan ke BWI ini bener-bener singkat, jelas, dan padat wkwk. Kalo nggak salah waktu itu hari Kamis sore, aku Safira sama Putri lagi duduk-duduk di makara. Tiba-tiba tercetuslah sebuah ide.

“Put, kamu pulang ke Banyuwangi kapan?”
“Jumat sore kayaknya”
“Sabtu pagi ke bwi yok Fet”
“Yok”

Dan taraaaa, kita bener-bener berangkat! Sabtu pagi bermodalkan jaket, baju ganti, dan motor Beat-nya Safira kita berdua berangkat menuju Banyuwangi.

Perjalanan ke sana memakan waktu kurang lebih dua jam. Walaupun aku sudah bertekad buat nyetir ganti-gantian, tapi ujung-ujungnya hampir sepanjang perjalanan Safira yang nyetir wkwk. Palingan aku cuma nyetir 15 menit doang wkwk ((dasar bebaann)).

Maafkan Saf, aku memang lemah :(

Tujuan utama kita adalah lihat sunset di Pantai Pulau Merah. Setelah istirahat sebentar di rumah Putri, kita melanjutkan perjalanan ke Pulau Merah yang memakan waktu satu jam. Entah kita sampe disana kesorean atau cuaca emang lagi nggak bagus, langitnya ternyata udah mulai gelap dan matahari ketutup awan. Udah gitu pantai laut selatan terkenal dengan ombaknya yang dahsyat sehingga kita nggak berani deket-deket laut wkwk.

Partner ngelab dan ngeluyur ♥

Kita kemudian menghabiskan waktu dengan jalan-jalan di pantai sambil menunggu sunset. Setelah matahari terbenam, kita mampir beli degan sama Popmie karena kita bertiga dilanda kelaparan wkwk. Jadilah kita makan ditemani langit kemerahan, angin sepoi-sepoi dan gemuruh ombak. Ditambah lagi banyak gemerlap lampu di seberang lautan dari kapal para nelayan. Oh gosh it’s awesome. What a perfect combination to end the day. Apalagi kamu menghabiskan sunset bareng mereka, ah makin perfect.

Setelah energi udah lumayan terisi, akhirnya kita sholat maghrib dan pulang ke rumah Putri. Dan sebagai penambah bumbu liburan kita, di perjalanan pulang kita kehujanan! Wkwkwk. Bayangin gaes, dinginnya Banyuwangi ditambah derasnya hujan waktu itu sukses bikin kita kedinginan di perjalanan. Tapi semua hal itu nggak ngurangin keseruan liburan kita sedikit pun, justru kita malah ketawa-ketawa sendiri ngeliatin baju kita yang basah kuyub wkwk.

(dan malamnya aku langsung tepar, hehe)

Keesokan paginya kita nggak kemana-mana, cukup menghabiskan waktu ngobrol bareng sambil nontonin Asian Games di rumah Putri wkwk. Terimakasih banyak Putrii udah menjamu kita dan jadi tour guide di Banyuwangi, makasih udah rela hujan-hujanan demi memenuhi keingininan dua bocah ini wkwk. Makasih juga Safira atas “ide gila”-nya. Terimakasih sudah jadi partner jalan kemana-mana. Yang awalnya kita berdua belum pernah nyetir ke BWI sendirian, eh ternyata berhasil berhasil aja nyampe sana. Maaf Saf kalo aku cuma beban, gabisa bantu banyak :(( Semoga kalian nggak kapok main sama aku lagi yaaaa, hihi.

Short Getaway yang ketiga adalah ke Surabaya. Ini adalah kali ketiga aku main ke surabaya, dan nggak henti-hentinya dijamu sama Anita dan Dinda wkwk. Jujur, merekalah alasanku ke sana. Kalo nggak ada mereka, aku nggak bakal kepikiran buat main ke Surabaya wkwk.

Dua kunjunganku sebelumnya, aku dijamu parah sama Dinda. Pertama kali aku kesana, Dinda sampe bela-belain nyewa mobil buat nganter kita jalan-jalan. Boro-boro aku ikut patungan nyewa mobil, aku patungan bensin aja ga dibolehin :(. Udah gitu, dia juga ngajakin anak-anak di sby buat jalan-jalan bareng. Astaga aku bener-bener merasa disambut di sana :’)

Tahun kedua, mereka pun masih sama baiknya. Aku inget banget, waktu itu aku minta tolong jemput di Stasiun Gubeng. Dinda otw tapi nggak kunjung dateng. Begitu dateng, dia langsung bilang “Maaf Fet lama. Aku nggak punya helm 2 jadi tadi mampir beli helm dulu” sambil ngasih helm yang masih dibungkus rapih dan stiker kacanya belum dibuka.

….

Seketika aku merasa jadi makhluk paling beban sedunia. Tapi di sisi lain aku merasa bersyukur banget punya temen-temen yang parah baiknya kayak mereka.

Dan dua tahun berselang, akhirnya aku ada kesempatan lagi buat main ke Surabaya. Awalnya aku bener-bener nggak ada niatan untuk ke sana. Justru yang mau ke sana itu Baity, Meily, Caca, Naneer, dan Anita. Dan gara-gara itu, aku dan Hana dibujuk buat ikutan main ke Surabaya.

“Ayuuk ikut aja fet. Mumpung Sabtu Minggu libur nih, pas lagi kosong”
“Iyaa fet, di kosan lo sepiii. Mending main ajaa”
“Refreshing fet, kamu nggak bosen di Jember terus?”

Dan karena emang dasarnya aku gampang dibujuk, berkat rayuan mereka aku langsung setuju ikut main wkwk. Dan siang itu langsung beli tiket buat berangkat besok. Semudah itu ya aku membuat keputusan :))

Dan Sabtu pagi, aku Hana Baity, Anita, dan Meily langsung cus ke Surabaya naik kereta (Caca dan Naneer udah duluan berangkat). Setelah keseringan naik kereta sendirian, akhirnya sekarang aku bareng anak-anak Izzati dan ternyata seru banget wkwk. Iya, aku seexcited itu! Kapan lagii euy Bala-bala Izzati bisa liburan ke luar kota barengg hehe.

Izzati Jalan-jalan!!

Kita banyak menghabiskan waktu di gerbong makan karena seat kita pisah-pisah. Dan begitu sampe di Sidoarjo, kita berempat turun dan dijemput sama Umi Caca. Baru setelah itu kita pisah karena anak-anak punya kepentingan masing-masing.

Surabaya masih sama seperti kemarin. Sama panasnya, begitu pula anak-anak pun masih sama hangatnya menyambut kita. Capek dan laparnya perjalanan jbr-sda-sby ternyata udah ditebak sama Dinda. Begitu masuk kamarnya, di sana udah disiapin gorengan buanyak sampe bikin kita tepar kekenyangan wkwk. Manthuull hehe.

Di Surabaya ini sebenernya kita nggak banyak kemana-mana, karena you know lah Surabaya itu luass, kemana-mana jauh dan butuh waktu banyak. Alhasil kita banyak menghabiskan waktu di satu tempat yang menjual semuanya >>> a.k.a Mall. Wkwkwk. Tapi emang puas banget sih jalan-jalan di TP, bahkan sampe gempor.

Dan selama di sana, kita “cuma” ke TP, Kenjeran, Transmart Sidoarjo, dan main di kos Dinda dan Ibah. Eh iya waktu itu juga sempet mampir ke Balai Kota sambil nunggu jemput Anita. The trip was pretty exhausting, but somehow interesting!

Foto di mall bodoamat gaada yang kenal wkwk

Di balik perjalanan epic ini, ada dua sosok yang paling ajaib yakni Anita dan Dinda.

Anita lah yang pertama ngajakin main dan memfasilitasi semuanya. “Ayo fet, nanti nginep di rumahku ajaa. Masalah transport aku ada mobil. Nanti pas aku nonton, kamu main sama Dinda aja. Nanti abis ini tak beliin tiket”. Dia rela banget bolak-balik SDA-SBY tiap pagi sore, macet-macetan di surabaya. Apalagi waktu sepulang nonton Jazz Traffic, udah kakinya gempor karena abis nonton konser berjam-jam, masih harus nyetir mobil pulang ke Sidoarjo tengah malem. Udah gitu, aku malah tidur bukannya bantuin baca maps. Wkwkwk maafin aku nit :((

Sosok ajaib yang satu lagi yaitu Dinda. As I said before, dialah alasanku ke sana. Kalo nggak ada dia, aku nggak bakal kepikiran buat main kesana. Ditambah lagi aku terlalu lemah mendengar kata “Sini fet ke sby, katanya kamu kangen aku?”. Jadilah aku langsung tergerak untuk main kesana wkwk.

Dia waktu itu sebenernya ada tugas kuliah, tapi malah aku ajak main seharian sampe ngga sempet ngerjain wkwk. Pulang main, dia masih harus begadang nugas. Aku berusaha nemenin walaupun ujung-ujungnya aku tinggal tidur juga (yaampun fet kerjaanmu kok tidur tok….). Dia juga yang nemenin selama aku di Surabaya. Sewaktu Nita nonton Jazz Traffic, aku dan Hana “dititipin” ke Dinda, dan akhirnya dia yang nganter kita kemana-mana. Dia juga yang bingung-bingung nyari tempat makan. Iya, demi kita dong :’)

Dara-Mita

Sumpah aku bener-bener gatau lagi harus bilang makasih gimana lagi, dan sekarang aku makin bingung gimana bisa "membayar" semua kebaikan kalian selama ini :') I enjoyed all those keliling-keliling sampe gempor, bolak-balik sda-jbr, nyasar-nyasar di jalan, hedon bareng, pokoknya semuanya! Panasnya Surabaya seketika hilang karena hangatnya sambutan kalian. Terimakasih sudah mengajak anak kampungan kayak aku buat jalan-jalan di tengah hingar-bingar Surabaya wkwk. Semoga kapan-kapan bisa ke jember yaa! Dan semoga aku bisa menjamu kalian sebaik kalian menjamu aku :')

Dan pada akhirnya, semua perjalanan tadi meninggalkan cerita tersendiri. Semuanya berkesan, dan sama sekali nggak ada penyesalan dari semua perjalanan itu. Semoga kedepannya semakin banyak cerita-cerita “pelarian” yang lain yang lebih epic, hihi.

Terima kasih teman-teman! :) See you on the other trips!

1. This comment has been removed by the author.

2. fet makasih banyak, aku terharu ahaha

1. Hehehe justru aku yang berterimakasih, you made my day! :)

3. Mantap, jadi pengen jalan-jalan kesana juga. Tapi mengunjungi kkn siapa ya? Wkwk