The "Party" was Over

Hai wkwk gue hampir lupa kalo gue punya blog.

Alhamdulillah, masa-masa kelam UN sudah berakhir. Memang masih harus belajar, tapi seenggaknya udah nggak usah repot-repot lagi bawa laptop buat TO CBT.

Gue juga udah ngelewatin masa-masa prom (yang bagi gue jauh lebih mengerikan daripada UN). Huft, rasanya lega sekali bisa ngelewatin masa ini wkwk. Bayangin, malam sebelum prom gue gabisa tidur sampe jam 4, karena panik! Padahal malam sebelum UN gue tidur nyenyak-nyenyak aja. Horror banget lah.

And finally, the party was over. It's pretty awesome. Thanks all. Suka banget sama wirstbandnya.

Sekarang ini, bisa dibilang gue lagi di masa "diam-diam menghanyutkan". Kelihatannya kamu udah bebas, udah hura-hura karena udah selesai UN, padahal cobaan terbesarmu lagi menunggu di depan mata. Apalagi kalo bukan pengumuman SNMPTN dan SBMPTN. Astagfirullah, ngeri :(

Sebenernya, banyaaaak banget yang pingin gue ceritain. TO, hari terakhir sekolah, makan-makan selasa, UN, prom, bimbel, ah banyak! Tapi sayang karena kelamaan gue jadi lupa wkwk.

Ceritain seingetnya aja ya.

Petama-tama, tentang TO dulu. Emang udah basi banget gue cerita tentang ini. Tapi lumayan buat kenang-kenangan.

2015 ini kali pertama diadain UN berbasis komputer a.k.a CBT. Awalnya rencana ini kontroversial banget. Banyak anak-anak, bahkan orang tua yang nolak UN online ini. Tapi gue mah anaknya ayok-ayok aja. Toh gue yakin guru-guru udah mikirin semuanya mateng-mateng.

Karena CBT, jadi, kita ngerjain TO di laptop, di sites buatan guru-guru panitia CBT. Pasti halaman loginnya udah familiar banget ya buat anak kelas 12. Latar warna biru putih biru, dengan tulisan TryOut-CBT warna kuning, dengan caption SMA Yayasan Pupuk Kaltim "The gateway to prominent universities" ah kangen :3

Yang gue suka dari TO, mejanya itu digabung 4 berhadap-hadapan. Bukan karena bisa nyontek, tapi gatau asik aja gitu. Kita jadi kayak kelompok belajar yang tanya jawab bareng, buntu bareng, dan nilainya jeblok bareng. Dan kalo pas TO bambong, kita juga bisa ngobrol sama tetangga hihi.

Di TO ini banyak banget cobaan dan rintangan yang kita dan guru-guru hadepin.

Minggu-minggu pertama, panitia dihadapkan sama masalah servernya down. Padahal udah dibagi dua sesi, dan perkelas dua wifi. Kalo lagi lambat banget, nungguin next satu nomor aja bisa sampe 3 menitan. Atau lebih parah lagi, tiba-tiba eror. Duh, aku tuh gabisa diginiin :'

Pas bisa connect bentar, anak-anak langsung heboh "Weh bisa nah!!" tapi baru beberapa detik kemudian mati lagi. Hm. Okedeh. Di saat-saat digantungin kayak gitu, anak-anak cuma bisa pasrah sambil sesekali pencet F5 buat refresh. Ada juga yang ngobrol, ada yang nonton film, dan ada yg main dinosaurus di Google Chrome.

Fyi buat yang belum tau, dinosaurus (atau kata Dinda kadal gurun)  yang di google chrome itu ternyata bisa dimainin loh wkwk. Jadi, kalo lost connection, gausah buru-buru misuh. Mending main dan tinggi-tinggian skor biar gak banyak dosa :))

(padahal gue juga baru tau)


oink oink !

Duh, terlalu banyak cerita tentang TO karena perjalanannya jarang mulus wkwk. Tapi justru itu yang seru dan bikin TO kita lebih berwarna^^

Gue salut dan kagum banget sama guru-guru, terutama panitia CBT ini. Tiap hari kesana kemari ngurusin server, sampe lembur dan nggak istirahat. Udah gitu, mesti harus bikin soal TO dari HTML. Belum lagi malemnya buka les via Line dan nanggepin pertanyaan anak-anak yang bawel ini. Ya Allah, sungguh mulia perjuanganmu :"

Kalo ngeliat jerih payah mereka, rasanya nggak pingin ngecewain usaha mereka. Terima kasih, Pak, Bu. Jasa kalian tak kan kulupakan :')

Setelah TO tiap hari selama 4 minggu, akhirnya seminggu sebelum hari H kita mulai gladi bersih di ruang komputer. Gue dapet ruang 03 yang kata anak-anak paling enak. Emang iya sih. Ruangannya lumayan luas, dan hawanya enak. Di situ gue sebangku sama Irfanda.

Pas gladi ini ada kejadian yang nggak gue lupain, yaitu waktu gue sama Irfanda makan.

Waktu itu, udah dikasih tau di hari sebelumnya kalo nggak boleh makan dan minum di labkom. Tapi Irfanda santai aja bawa nabati ke labkom, dan dia makan. Gue yang bambong ini pun ikutan makan sambil sempet bercanda-bercanda "Kalo ketauan makan kamu aja ya fet yang dimarahin" "wkwk gak laah. emang ketauan siapa sih"

Nggak lama, sepersekian detik setelah kita ngobrol, tiba-tiba Pak Maskut masuk ruangan dan langsung eyecontact sama kita. Sontak Pak Maskut langsung neriakin kita berdua dari pintu. "Heh kamu udah dibilangin nggak boleh makan! Keluar kamu! Kamu tuh niat UN nggak sih? Kalo nggak ngerti aturan, sana nggak usah ikut ujian!"

Kayaknya marahnya lebih panjang dari itu, tapi gue lupa. Pokoknya suasananya langsung hening. Anak-anak pada diem, antara karena syok atau karena nahan ketawa wkwk. Ah kalo nginget-nginget ini jadi ketawa-ketawa sendiri :))

Satu hal yang bikin gue ngeri duduk sebelahnya Irfanda, yaitu dia kalo ngerjain cepet bangeet. Pas gladi CBT, dia ngerjain TO matematika nggak nyampe satu jam. Iya, gue baru nomor 20an, dia udah klik submit. Damn. Tangan gue lemes.

Akhirnya, sampai juga di  13 April 2015. Selama UN, alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Iyalah, sudah bukan waktunya untuk eror dan main dinosaurus lagi wkwk. Semoga hasilnya memuaskan amiin.

Buat temen-temen, makasih banyak atas semua ilmu-ilmunya pas belbar, makasih udah selalu nemenin dan bantuin dari TO pertama yang nilainya masih 5 6 sampe sekarang TO terakhir yang nilainya (ternyata) masih segitu-segitu aja._. Oh iya makasih juga Irfanda udah ngerjain UN pelan-pelan biar aku gak koneng. Lain kali jangan makan di labkom Nda wkwk. Thank you all! I really appreciate it !





Terima kasih sudah mengisi tiga tahunku :)


(.. to be continued)

Comments