Saturday, November 01, 2014

District 03's Amazon

Ini cerita tentang lomba bulan bahasa District 03. Dan ini tahun terakhir kita ikut lomba-lomba di SMA.

Lomba buat kelas 12 nggak banyak, cuma lomba debat, menyanyi bahasa jepang, sama greeting card. Makanya harus dimaksimalin banget, soalnya event terakhir nih. Masak iya tiga tahun nggak pernah menang bulan bahasa...

Buat lomba bulan bahasa kali ini, kita dikasih waktu sekitar 2 minggu buat nyiapin lombanya. Dan kita mulai rapat perdana di rumah Dita.

Malam minggu, 18 Oktober kita ngumpul di rumah Dita. Ya namanya juga rapat perdana, susah diajak serius. Apalagi orang tuanya Dita abis pulang haji jadi oleh-olehnya buanyakkk banget. Ditambah lagi anak-anak juga pada bawa snack banyak dari rumah. Suatu kebetulan yang membawa berkah ya :') wkwk. Bukanya rapat malah asik nyobain makanannya satu satu haha #guebangetnih

Dan akhirnya rapat perdana gagal membuahkan hasil. Ya walaupun nggak dapet ide, nggak papa deh seenggaknya dapet air zam-zam =))

Untuk kumpul-kumpul selanjutnya, kita ganti basecamp di Dinda. Tapi entah karena kebanyakan ide atau gimana, setiap ngumpul kita selalu ganti ide. Padahal, desainnya udah digambar dan bahkan ada yang udah dihitung pake fisika segala.

"Eh bikin mulut singa yuk"
"Eh bikin itu aja, 1 pohon tapi banyak kehidupan. Kayak tree of life gitu eaa"

*besoknya*
"Eh kayaknya itu susah, bikin mulut singa aja deh"
"Bikin yang kayak foosball ajaa, ntar bisa digerakin"

*besoknya lagi*
"Eh bikinnya dalemnya mulut singa, baru nanti ada keretanya"

*besoknya lagi*
"Bikin kaya merry go round ajaa"

Duh, mbulet.

Desain awal greeting card ipa 3



Hari Sabtu pagi, kita rencana mau ngumpul. Tapi entah kenapa anak-anaknya nggak ada yang dateng. Lalu daripada hari Sabtunya terbuang sia-sia, kita tetep adain ngumpul abis Duhur. Nggak penting seberapa banyak yang dateng, yang penting ngumpul dulu lah.

Setelah agak lama, di rumah Ibah telah terkumpul gue, Dinda, Karin, Fadhillah, sama Paras. Iya, cuma segitu yang dateng wkwk. Di situ kita nggak ngomongin serius, tapi malah kebanyakan makan dan ngobrol. Ya gimana enggak, orangnya cuma dikit tapi makanannya buanyak wkwkw :9

Setelah ngobrol panjang lebar, kita nyampe di topik buktah.

Paras : "Eh, lapangan terbang itu dimana sih? Itu aku yang nyaranin buat lokasi buktah, tapi aku belum pernah kesana lo wkwk"
Karin : "Aku tau tempatnya"
Paras : "Kesana kaah?"
Karin : "Ayok aja"
Paras : "Kalian ikut nggak?
yg lain : "Duh mager ee ras, panas siang-siang" *muka mager*
Paras : "Naik mobil lah. Ayok ikut, aku ambil mobil dulu"
*semua muka girang* "iya ras okee wkwk"

Akhirnya dari rumah Ibah kita berlima. Ada Paras, Fadhillah, Karin, gue, dan Ibah. Tapi Dinda nggak ikut karena mau nyiapin acara di rumahnya. Abis itu, ternyata grup jepang juga pingin ikut. Jadilah kita bareng Shofi, Evi, Irfanda, Abiel, Ican, sama Nopal ke lapangan terbang. Yay!

Perjalanan ke lapangan terbang memakan waktu hampir 1 jam. Berangkat abis ashar, sekitar jam setengah 5 kita nyampe di sana. Dan begitu turun, kita semua langsung teriak kegirangan. "Waah keren palee" "Cocok nih buat walking dead". Secara, lapangannya luaas banget. Abis itu, ada satu jalan beraspal yang kayaknya bekas landasan gitu. Sejauh mata memandang, yang keliatan cuma rerumputan sama langit biru. Keren!

Kemudian kita habiskan waktu di sana buat muter-muter dan foto-foto, ceritanya "survey" lokasi buktah wkwk. Dunia kaya milik kita bersebelas lah pokoknya.

Dari rapat bulan bahasa siang-siang, and we end up like this :




pardon my terrible face, pls.




macam grup band alay gitudeh wkwk

Dan jam 17.30 kita pulang. Kita berhenti di mushola dulu karena anak-anak belum pada Sholat Ashar. Dan sekitar 18.30 kita nyampe rumah. Ah, what a random-but-fun day! Sesuatu yang mendadak kadang memang lebih seru ya =))

Oke balik ke topik gc.

Setelah berkali-kali rapat (dan hasilnya selalu beda-beda), akhirnya malam Rabu a.k.a H-3 berkat ide brilian dari Dinda, kita sepakat buat bikin greeting card berbentuk kaya merry-go-round. Anak-anak bilang sih mirip ipa 3 tahun lalu. Tapi ya gapapa lah.

Langsung malam itu juga anak-anak beli bahannya, biar nggak ganti-ganti ide lagi wkwk.

bisa diputar coy!!

Dan Rabu malam, kita baru mulai ngerjain serius.

mereka bukan lagi ngupas bawang ya, mereka bikin bubur kertas

sempet aja bikin popmie._.

Kamis a.k.a H-1, kita ngumpul lagi di Dinda jam 4 sore. Grup jepang nggak ikut bikin gc soalnya mereka latian di rumah Shofi. Semangat teman-teman!!




Pokoknya malam itu rumah Dinda baday banget lah. Bener-bener kaya abis diterjang badai. Sampe mau jalan harus jinjit-jinjit dulu saking banyaknya barang berserakan.

Tengah malem, di rumah Dinda tersisa si tuan rumah, gue, Ibah, Irfanda, Abiel, dan Nopal sama Ican yang baru pulang latian. Waktu itu kita lagi buntu banget mikirin dasar hutannya pake apa. Tiba-tiba tercetuslah ide (gue lupa dari siapa).

"Pake pasir kaah?"
"Siapa yang punya pasir?"
"Ambil di jalan raya situ ajaa, banyak pasir bangunan."
"Wkwk ayok sudaah ambil sekarang"  ←ini irfanda banget

Akhirnya jam setengah 1 dini hari Irfanda dan Abiel pergi buat nyukik pasir. Saking niatnya mereka sampe bawa sekop pasir tunah._. Persis maling banget gaksih??? Dan nggak nyampe 5 menit, mereka udah balik sambil bawa seplastik besar pasir bangunan. Jiwa maling memang irfanda ini wkwkwk.

Jam 1 dini hari, masih sisa kita bertujuh. Tapi karena kita semua udah nggak konek (saking ngantuknya), akhirnya kita pulang. Rekor baru nih, pertama kali pulang jam 1 dini hari wkwk.


Hari Jumat, di penghujung Oktober kita mulai pertarungan sebenernya. Tapi entah kenapa, kelas 12 ini gue nggak terlalu panik. Beda kayak tahun-tahun lalu, menjelang hari-H rasanya kaya mau mati soalnya greeting cardnya jauh dari kata selesai.

Setelah briefing di lapangan, anak-anak masuk kelas. Sesuai janji, sebelum lomba grup jepang nampil dulu di depan kelas. Mereka bawain medley, lagu First love sama Shonichi.

pas perform di kelas

Dan setelah gue nonton mereka, kesan gue adalah :

.
. .
. . .

WANJIIIIR KEREN BANGEEEEETTTTTTTTT!!!!!!

Gue melting denger suara mereka. Sumpah keren abis! Aaaak kalo boleh gue pingin cubitin mereka satu-satu sampe bengkak, saking gemesnya :3

Setelah perform, mereka ke aula buat lomba dan kita ngelanjutin gc di kelas.

Oh iya. Kelas 12 ini, gue udah bertekad dari rumah mau nonton Evi dkk nyanyi di aula. Ya emang sih dia udah perform di depan kelas, tapi nggak masalah kan kalo gue nonton lagi? Masak iya 3 tahun nggak pernah nonton Evi lomba di aula?!?

Dan sekitar jam 9an, gue ke aula. Awalnya cuma gue dan tamimi doang yang kabur ke aula, tapi setelah duduk di sana kita sadar. Mosok anak kelas cuma segini yang nonton? Garing dong kalo yang tepuk tangan cuma kita berdua. Akhirnya kita balik ke kelas buat ngajak anak-anak nonton. Gapapa lah GCnya ditinggal bentar wkwk.

Pas mereka nampil, rencananya kita mau tepuk tangan terakhir aja, biar nggak ngeganggu juri. Tapi apadaya mereka emang bagus banget, di tengah-tengah lagu kita udah tepuk tangan saking impressednya. Dan terakhir kita standing applause. Good job, grup jepang! You did it very well!!

Nggak nonton mereka nyanyi? Kasian :p

Dan setengah 11 lebih dikit, akhirnya greeting card kita jadi juga^^ It's fckin awesome!! Konsepnya imut-imut gitu, ada monyet gelantungan di depan, ada hewan-hewan yang lucu juga. Cutie banget lah pokoknya. Oh iya, lagi-lagi greeting card kelas gue bisa muter lo :3 Kali ini muternya lebih gampang walopun gue ngeri sendiri karena takut roboh wkwk.


Sayang, kita belum ada foto bareng greeting cardnya karena udah keburu pulang :((

Alhamdulillah, bulan bahasa kali ini berjalan lancar. Makasih banyak Evi, Nopal, Shofi, dan Ican atas penampilan spektakulernya. Sampe sekarang gue masih terngiang-ngiang lagu kalian :)) Untuk Paras Abil sama Faris, tetep semangat ya! Kalian bisa tampil sehebat itu, kita udah bangga banget kok. Makasih juga buat anak-anak District atas kerjasamanya, berkat kalian gc kita bisa selesai tepat waktu dan berdiri segagah itu :)

Dan yang paling terakhir, terima kasih buat Dinda yang udah capek-capek ngurusin gc kita, dari mulai desain, nyediain rumah, sampe finishingnya. Yang sabar rumahnya diporak-porandakan, dan tabah tiap menit dirusuhin anak-anak "Din ini gimana?" "Din sini!" "Din kayak gini kah?" "Din ini mau diapain?"

You're the best!

Dan sekarang tinggal nunggu hasilnya. Menang atau menangis, kita lihat saja nanti~ Apapun yang terjadi, gue udah bangga kok bisa bikin greeting card sebagus ini^^ Good job District 03!

Walaupun ini lomba terakhir kita di kelas 12, kita harus tetap solid yaa! Kita harus tetep sering ngumpul-ngumpul, belajar bareng, dan nantinya sukses bareng! Kalau bisa, tiap minggu kita ngumpul kelas buat refreshing :))


[UPDATED]
Senin, 10 November akhirnya diumumin pemenang lomba bulan bahasa. Dan hasilnya... Aduh malu mau ngomong, ntar dikira sombong wkwkwk. District 03 juara 1 greeting card dan juara 1 nyanyi bahasa Jepang! Mantap opoo B) Kalo dihitung pake hitungannya Shofi sih kita juara umum wkwk. Alhamdulillah~



Selama tiga tahun ini, akhirnya drama udah pernah juara, takjil udah pernah juara, dan bulan bahasa udah pernah juara. Mission accomplished :')
(maklum, 2 tahun kalahan)

6 comments:

Mari budayakan berkomentar. Komen pake bahasa baku, gaul, alay, bahasa alien, terserah. Yang penting no spam :)