Let's Write \m/


Bikin bikin sendiri, aplot aplot sendiri, seneng seneng sendiri :'
#akurapopo
Tanggal 29 Juli kemarin, blog gue ulang tahun yang ke-4. Alhamdulillah, dia masih hidup sampai tahun ini walopun sering nggak keurus sama majikannya wkwk. Berhubung ulang tahunnya sekitar lebaran, jadi post tentang anniversary-nya baru sempet gue post sekarang.

Di ultah yang ke 4 ini, gue nggak pingin cerita panjang-panjang tentang sejarah blog gue (karena tiap tahun gue udah cerita). Nah maka dari itu, untuk mengusir kegaringan post ini, gue pingin share tentang how to write like a boss wkwk. Iya, gue akan ajak kalian menulis dan sharing trik-trik menulis yang gue dapet dari pengalaman pribadi.

Memang, gue bukan penulis buku atau novel atau artikel di majalah. Tapi, nggak ada salahnya kan berbagi?


Buat yang mikir "Nulis itu susah" "Nulis itu capek" "Nulis itu bukan gue banget" "Daripada nulis mending gue baca punya orang aja" dll, naah kalian harus hapus mindset itu dulu. Writing is easy as fuck, dude! You can even write with your eyes closed wkwk.

Yes, sometimes you need to write. Anything ;)

Kalian sadar nggak, kalo internet itu harus ada pengguna yang aktif dan yang pasif. Jadi, ada penulis dan pembaca. Kalo orang maunya baca doang, terus siapa dong yang bikin artikel-artikelnya? Siapa yang tiap hari ngupdate berita-berita di internet? Kita tuh nggak cuma make internet doang, tapi kita juga harus punya sumbangsih buat kemajuan internet juga. Eaa. Apasih.

Buat yang sering update status atau ngetweet di sosmed, nah mungkin itu pertanda kalo kamu sebenernya seorang skillful writer #iniserius #bukanironi. Daripada nyepam di sosmed atau nulis di twitter yang cuma 140 huruf, mending kalian coba blog. Di blog, kalian nulis sepanjang tembok China juga nggak akan dibatasi kok.

Setelah pengalaman gue nulis blog selama beberapa tahun, gue menyadarai ada 3 hal yang wajib kita punya untuk menulis. Bukan barang, tapi lebih ke hal. Oke, ya ngerti lah maksud gue.

1. Kemauan dan niat
Ini yang paling utama. Seberapa pinter kamu, seberapa puitisnya kamu, tetep nggak bisa nulis kalo kamu emang nggak mau dan nggak niat buat nulis. Niat itu asalnya dari dalam hati. Gue nggak bisa sih, maksa kalian kalo emang nggak niat. Tapi gue mau yakinkan ke kalian sekali lagi, sometimes you need to try to write. It's fun, seriously!

2. Tenaga
Emang ini keliatannya sepele, tapi nyatanya gue nggak bisa nulis kalo gue lagi capek banget. Kalo lagi capek atau sakit, pikiran kita jadi kebagi dua, pingin nulis tapi pingin istirahat. Alhasil tulisan kita nggak sebagus waktu kita lagi semangat, atau malah berhenti di jalan karena ketiduran di depan laptop wkwk #guebanget.

3. Internet
Untuk gue yang penulis spesialis blogger, internet itu jadi hal wajib kalo mau ngepost. Tanpa internet, kita lost contact sama dunia maya. Ibarat ditinggal pacar ke Saturnus, lost contact karena nggak ada sinyal. Eh tapi sayang. Gue jomblo...

Nggak cuma itu, internet juga berguna buat cari inspirasi, bisa juga buat cari arti kata-kata sulit di KBBI online wkwk #beneran. Tapi, internet juga jangan dijadikan alasan untuk nggak jadi nulis/ngeblog. Because there's notepad, dude. You can write something there without any internet connection. And you still can publish it when the internet is connect or just save it there, anyway.


Itu dia tiga hal yang menurut gue penting untuk nulis. Udah punya semuanya? ;) Oh iya. Mungkin kalian ada yang nanya, "Kalo udah punya ketiganya, tapi tetep nggak bisa nulis karena nggak punya ide gimana?"

Naaah, masalah ide. Balik lagi ke yang nomor 1. Asal ada kemauan dan niat, pasti ide itu bisa muncul dari mana saja. Googling dong, atau nonton TV. Cari inspirasi dari sana. Atau kamu bisa ngomonging hal-hal yang lagi ngetren di sekitarmu. Atau kamu juga bisa minta rekomendasi temen, cocoknya nulis tentang apa. Atau yang palling gampang, kamu bisa nulis tentang kehidupan kamu. Banyak kan?

Kalo masih nggak bisa karena males? Ya that's mean you're not strong enough to be a writer wkwk.

Berikut ini ada beberapa tips nulis/ngeblog biar makin like a boss wkwk. Semoga membantu^^

1. pelajari penulis-penulis favoritmu.
Semua orang pasti punya penulis favorit, entah itu penulis novel, blogger, maupun freelance writer. Kenapa kamu suka sama penulis itu? Apa yang bikin kamu betah banget kalo baca tulisannya? Nah, jawaban-jawaban itu, jadikan referensi untuk naikin skill menulis kalian.

Gue kasih contoh ya.

Ada beberapa blogger yang tulisannya bikin gue betah banget kalo baca. Salah satunya Alitt Susanto a.k.a Shitlicious (http://shitlicious.com/). Mungkin ini teladan bagi semua blogger di Indonesia kali ya.

Gue suka tulisannya Bang Alitt selain karena lucu, tapi juga karena tulisannya itu easy reading. Bahasanya ringan dan enak dibaca. Biar dia sering ngelawak atau gimana, tapi jalan ceritanya jelas. Tapi, di balik semua itu ada satu hal lagi yang gue suka banget dari Bang Alitt. Di setiap postnya dia selalu ngasih renungan di akhir cerita. Bang Alit seakan ngasih tau kalo selalu ada hikmah dibalik sebuah cerita. Ketawanya dapet, pelajarannya juga dapet.

Ada lagi, gue suka sama blognya Meitriyana (http://sanguines.wordpress.com/). Blogger yang satu ini emang nggak sengetren Bang Alitt, tapi tulisannya nggak kalah asik loh. Gue suka ceritanya tentang backpacking keliling dunia, menginspirasi banget buat gue yang kepingin keliling dunia wkwk.

Dia juga sering cerita tentang kisah cintanya. Biasanya, gue paling bosen kalo ada postingan tentang cinta-cintaan. Tapi ini lain. Gue malah enjoy banget baca tentang kisah cinta mereka. Nah, itulah hebatnya si May, dia bisa menyulap cerita yang seharusnya membosankan jadi cerita cinta yang unik dan menarik buat dibaca. Good job!

Yang gue suka lagi, dia sering make bahasa inggris di postingannya (fyi dia emang tinggal di singapore sih wkwk) sehingga postingannya terasa lebih seru, dan lumayan sekalian belajar bahasa inggris wkwk. Ternyata, bahasa inggris berguna buat ngungkapin kalimat-kalimat yang susah dijelasin di bahasa Indonesia. Kadang kalimat puitis dalam bahasa inggris kalo diartikan ke Indonesia malah jadi lucu._. Ya nggak? wkwk.

Sebenernya masih banyak lagi blog-blog yang gue suka. Tapi nggak mungkin gue ceritain di sini semua.

Nah, berbekal pengamatan tadi, gue mulai mencoba ngikutin jejak mereka. Memang belum, tapi lagi on progress.

2. Tulis poin-poin paragraf
Mungkin ini udah sering diajarin sama guru-guru bahasa, tapi sering juga dilupakan. Kenyataannya, nulis poin-poin atau kerangka cerita ini penting banget lo. Jalan cerita kalian bakal jelas, nggak melenceng ke mana-mana. Dan nggak ada poin yang ketinggalan waktu tulisannya udah jadi.

3. Tulis semua ide yang ada di otak kalian.
 Apapun yang ada di kepala kalian, keluarin aja semua. Nggak peduli seberapa absurdnya tulisan itu. Memang hasilnya bakal berantakan. Tapi tenang, nanti ada tahap buat ngerapikan, So santai aja. Ibarat boker, yang penting keluarin aja semuanya, urusan cebok belakangan. Iya kan? =))

4. Nggak usah terlalu mikirin grammar.
Grammar nggak dibutuhin di sini. Gue sendiri sadar, kalo gue lagi baca tulisan orang yang pake bahasa inggris, gue santai aja baca tanpa ngeliatin grammarnya salah atau bener. Yang penting nyambung. Dulu gue pernah diajarin sama Bu Lely, bahasa asing (kayak bahasa gaul atau bahasa inggris misalnya), harus dicetak miring. Tapi yakali satu cerita gua cetak miring semua kan?! Yang ada ntar abis baca tulisan gue otak kalian malah ikut miring.

Mungkin sekian tips abal-abal dari gue. Pengecualian kalo kalian bikin karya tulis ilmiah ya. Semoga dengan ini kalian jadi semangat buat nulis, atau seenggaknya kalian sadar kalo nulis itu gampang ;)

Ya adakalanya kita mengekspresikan diri melalu cara yang berbeda. Kalo gue sih nulis. Kalo orang lain, mungkin bisa lewat fotografi, musik, gambar, dan banyak lagi. Everybody has their passion. Mau coba nulis, atau mau sharing tentang hobi kalian? :D


Oh iya, gue mau ngasih tau aja kalo blog gue udah bisa dipasang iklan. Yay!^^ Setelah penantian panjang, akhirnya beberapa hari yang lalu gue dikirimin email dari Google yg ngabarin kalo application gue diterima. Seneng hehehehehehe.

Semoga dengan adanya iklan ini bisa bikin gue makin semangat ngeblog ya. Emang hasilnya nggak seberapa, tapi nggak ada yang lebih enak daripada dibayar untuk melakukan hal yang kamu cintai :)



Maka dari itu kalo kalian visit blog ini jangan segan-segan klik iklannya sekalian ya wkwk #maksa. Semoga kalian nggak terganggu sama kehadiran iklan itu. Kalo terganggu, ya maaf^^

Hoiya mungkin dalam waktu dekat gue bakal ngerenovasi ulang blog ini, soalnya kayaknya blog gue udah makin berat dan lambat banget :/ Doakan saja semoga lancar dan hasilnya memuaskan. amin.

Comments