YPK Tour de East Java!

#postinganbasi #telatposting #maapyakak #gakpunyakamerasih #biarbasigakpapaya #hashtagkepanjangan #udah #ayomulai
15-21 Desember 2013 kemarin, anak kelas XI a.k.a A26 study tour ke Pulau Jawa. And it feels...... fucking hilarious! Walopun capek pake banget, tapi keseruan dan kebersamaannya itu loh yang nggak bisa dibeli.

Oke langsung saja.

14 Desember, Malem minggu kita semua ngumpul di Aula buat siap-siap berangkat. Tur ini dibagi dua jalur, barat sama timur. Anak barat ada sekitar 50an, anak Timur ada 93 anak. Anak timur dibagi lagi jadi 3 bis. Ada bis A yang didampingin sama Bu Ismi dan Pak Singgih, Bis B didampingin Pak Bagyo sama Bu Latifah, sama Elf yang didampingin sama Pak Arifin. #FYI

Malam itu juga kita langsung berangkat menuju ke Balikpapan. Di bis gue duduk sama Delilah dan Dilla (fyi aja gue disuruh masukin nama mereka wkwk).
Bontang-Balikpapan

15 Desember, pagi-pagi jam 6an kita nyampe di Bandara Sepinggan Balikpapan.Yang barat udah check-in duluan, abis itu timur. Dari sini, jalur barat sama timur mulai misah. Pas di pesawat, gue dapet kursi sebelahnya om-om. Satu deret om-om semua, cuma sisa satu tempat yaitu tempat gue. Bayangin!! Akhirnya, gue tukeran sama Pak Singgih. Fiuh~ *tarik napas panjang*
Ngeeeng~ timur goes to Surabaya!

Jam 11an, kita nyampe di Bandara Juanda Surabaya. Eh perjalanan belum selesai, kita lanjut ke Probolinggo buat Rafting a.k.a Arung jeram. Perjalanan ke Probolinggo sekitar 4 jam kayaknya. Disaat anak barat udah asik ngunjungin monas, kita juga "asik" tiduran di bis.
Surabaya-Probolinggo

Di Bis Titian Mas ini kita dikenalin sama om Tour Guidenya, yaitu Om Boy. Ini orang paling fenomenal se-jalur timur wkwk. Tiap masuk bis anak-anak pada neriakin "Om Boooy!" "Om stop kontak oom" "Om karaoke dulu om!"

wkwkwk (Copyright by Anandito )
Perjalanan Surabaya-Probolinggo sekitar 4 jam. Sampe di arena rafting, ternyata hujan. Tapi anak-anak masih kepingin karena mereka udah bela-belain bawa baju ganti dari Bontang demi rafting. Hujannya makin deres, anak-anak udah makin hopeless. Dan nggak lama Om Boy bilang:

"Ya, sepertinya hujan semakin deras. Sebaiknya.............."

*hening*

"Sebaiknya kalian segera ganti baju. Di belakang ada toilet, kalian bisa ganti di sana"

Anak-anak langsung rame ngantri toilet buat ganti baju buat rafting.

Let the rain wash away... all the pain of yesterday~
Abis pada ganti, nggak lama Bu Latifah ditelpon entah siapa. Katanya, pihak rafting nggak berani ngelepas anak-anak di sungai karena arusnya deres. Semua kecewa, sia-sia perjalanan 4 jam. Anak-anak langsung ganti baju lagi :| Di bis anak-anak pada janjian nggak bilang ke anak barat. Di bis satunya juga gitu. Tapi ternyata infonya nyampe juga di barat.____. Entah siapa yang bilang. Gagal deh nyirikin anak barat wkwkw.

Oh iya selama tur ini barat sama timur semacam perang dingin. Tiap jam tiap menit update terus, sok seru-seruan di jalur masing-masing, bikin jalur lain sirik. Hotelnya, kampusnya, bahkan dinnernya juga diupload instagram demi menaikkan pamor. wkwk ya namanya siswa SMA..

oke lanjut.

Probolinggo-Surabaya
Karena gagal rafting di probolinggo, kita balik lagi ke Surabaya ±4 jam (lagi). Nyampe di Surabaya malem jam 8an. Kita nginep di hotel 88 yang kata Om Boy deket sama Tunjungan Plaza. Deketxxxx sih iya. Jaraknya tuh kayak dari SMP YPK ke koperasi (gue nggak tau ini lebay apa nggak). Buat ukuran jalan kaki, itu jauh banget. Tapi mumpung masih hari pertama, anak-anak masih pada semangat, jadi pada main di TP semua. Hebat ya, padahal abis 17 Jam perjalanan. Ohya ada Belinda sama Winda juga mampir ke hotel. Belinda masih sama kurusnya wkwk :3

Di hotel ini gue sekamar sama Adis. Disaat orang lain twin bed, gue sama adis king bed. Kurang soswit apa cobak...
Surabaya malam hari
16 Desember, pagi-pagi jam 7 kita udah check-out dan langsung cus ke ITS. Di sini, kita diterima di rektoratnya. Abis dari ITS, kita ke UNAIR. Karena hujan, jadinya kita nunggu di bis sambil makan siang.

ini pas kunjungan ke ITS

ini kunjungan ke UNAIR. Ruangannya keliatan sakral banget :o

Copyright by Dinda Aisyah

Habis dari UNAIR, kita lanjut ke Malang. Gue lupa berapa jam, mungkin sekitar 3 atau 4 jam. Nyampe di Malang sore. Rencananya sih kita mau ke Malang Town Square a.k.a Matos, tapi nggak jadi karena jarak bis A sama bis B jauh banget sekitar 1 jam. Laju banget kan titian mas?! #okegakpenting. Maghrib kita masuk hotel, terus Isya sudah harus masuk bis lagi buat perjalanan ke BNS. Oh man, it will be a very long trip.
Surabaya-Batu

Akhirnya kita main di BNS sampe jam 10. Abis dari BNS kita nggak pulang ke hotel, tapi bakal lanjut ke Bromo. Tapi ada tragedi, sita sesak nafas dan dilarikan ke klinik terdekat. Katanya sih, pas di klinik dia nggak diterima jadi dilarikan ke rumah sakit, katanya. Jadi, selama 2 jam lebih kita terlantar di BNS nunggu kepastian dari mereka, sampe BNS-nya udah gelap gulita wkwk. Ketika diambang kegagalan, akhirnya sita dkk dateng disambut riang sama anak-anak. Yes, kita jadi ke Bromooo~~~

Batu-Bromo
Jam 12 kita mulai ke Bromo. Jam 3 atau 4 nyampe, dan langsung naik Jeep ke penanjakan. Untung aja sampe sana mataharinya belum nongol. Di penanjakan itu ada momen yang paling dafuq, yaitu pas sholat. Sumpah ya, ribet banget mau sholat. Harus lepas-lepas jaket, sarung tangan, sepatu, padahal lagi dingin-dinginnya. Dan kita harus ngantri panjang buat wudhu. Dan itu harus bayar 2ribu padahal wudhunya cuma pake ember dan gelas pop ice. Dan yang paling menyakitkan itu, airnya dingin pake banget! Kaki dan tangan gue seketika mati rasa. Ditambah gue nggak pake jaket sama sarung tangan. Dan sholatnya itu nggak di ruangan, tapi cuma sekedar gazebo yang dialasin tikar. Gue sukses kedinginan. Sholat emang butuh perjuangan ya...

Setelah itu kita naik liat sunrise. Yah walopun nggak keliatan banget sih, tapi gakpapa deh wkwk. Abis itu kita ke lautan pasir naik jeep. Pemandangannya beeh keren abis! Disana kita naik liat kawah, tapi gue nggak naik.

biar mendung tetep cantik kok :3 (Copyright by Dinda Aisyah)

Copyright by Amira Daning

Anak timur \m/ (Copyright by Dinda Aisyah)

anak Selasa timur (minus pandu & adis)
 Pokoknya disana pemandangannya bagus banget + seru karena bareng temen-temen. Yang nggak enak ya cuman pas naik jeep aja. Bikin mabok :#

17 Desember. Abis dari Bromo, kita masih belum balik ke hotel. Kita lanjut ke Jember buat kunjungan ke UNEJ. Perjalanan sekitar 3 atau 4 jam. Nah loh, bayangin deh. Muka kusut gini disuruh kunjungan ke kampus?  Belum mandi lagi. Tapi ya mau gimana lagi.
Bromo-Jember

Di UNEJ ini kita disambut paling meriah dibanding universitas lain, tapi justru di UNEJ juga inilah kita paling nggak antusias dengerin. Ya karena itu tadi, ngantuk, capek, dan laper. Sebelum mulai acara kita dibagiin box yang isinya nasi+ayam bakar. Ya jelas anak-anak langsung nggak fokus lah. Ada yang tidur, ada yang main tab, ada yang fokus ngeliatin ayamnya daripada pembicaranya. Salah banget kan. Dan abis acara, kita sempet keliling kampus buat ngenalin lokasi fakultasnya. Anak-anak udah nggak dengerin orangnya ngomong apa, semua pada sibuk makan wkwk.

Sejak ini kita nggak dibolehin main hape sama tab pas kunjungan kampus :|

Abis dari Jember kita balik lagi ke Batu buat ke hotel. Perjalanan kurang lebih 5 jam. Dan kita baru nyampe hotel jam 10 malem. Tepar banget kan?
Jember-Batu

Oh iya Bis B a.k.a Bis Titian Mas ini agak beda sama bis A. Pertama, jarak kursinya bis B lebih sempit. Sempit banget lah pokoknya, beruntung kaki gue nggak panjang-panjang amat. Tapi karena sempit, jadi tas-tas nggak bisa ditaroh disana dan harus ditaroh di bagasi kabin. Kedua, bagian bagasi kabin nggak ada tutupnya. Tiap hari, semua rebutan tempat di bagasi kabin. Kalo nggak kebagian ya resiko. Nggak jarang juga ada suara 'gedebuk' pas perjalanan. Iya tas 2 kiloan jatoh kena kepala, ya lumayan lah bikin benjol haha.

beda banget sama bis A yang bagasi kabin nggak kepake kwkw

18 Desember, jam 7 kita check-out dan kunjungan ke UB atau Universitas Brawijaya. Baru masuk kampus anak-anak udah pada kagum "Woo keren banget" "Iih aku mau kuliah disini ah". Pas turun dari bis juga nggak kalah excited, apalagi pas masuk ruangannya. Kunjungan kita kesitu nggak sendirian, kita bareng SMAN 2 krakatau steel yang juga ketemu pas di UNAIR. Ternyata mereka juga lagi study tour dan rutenya pun sama. Surabaya, malang, Bromo, Jatim Park, jogja, dkk. Ngek.

Di UB kita ketemu banyak alumni. Ya semoga aja 2 tahun lagi bisa ngikutin jejak mereka kuliah di sana :3 Amiin.
Krakatau Steel vs Pupuk Kaltim wkwk (Copyright by Dinda Aisyah)
Copyright by Dinda Aisyah

Abis dari UB, kita ke Jatim Park 2. Disana hujan deres. Gue ke museumnya doang, karena cuma itu yang indoor. Kalo anak-anak yg lain banyak beli mantel atau payung terus masuk ke dalem. Pulang-pulang mereka basah kuyub._.

oenjoe banget gaksih :3
zebra aja gandengan...
Habis dari Jatim Park, kita berangkat ke Solo. Perjalanannya itu sekitar 7 jam kalo nggak salah. Dan kita baru nyampe Solo jam setengah satu dini hari. Sumpah ya, tur ini tuh banyak ngabisin waktu di bis doang-__- Di hotel kita juga nggak langsung tidur, karena udah kebanyakan tidur di bis.
Batu-Solo. Semakin dekat dengan anak barat...
19 Desember, kita kunjungan ke UNS. Kita diterima di fakultas teknik sama fisip.

Studionya Ilmu Komunikasi. Keren banget!!
Habis dari UNS, kita ke Jogja ngumpul sama anak Barat. Di perjalanan itu, pertama kalinya gue ganti baju di toilet bis, dan gue kapok ganti baju disitu lagi. Suer, rempong banget. Udah sempit, suaranya bising, goyang-goyang lagi. Buat berdiri aja susah. Ditambah WCnya tiba-tiba ngeflush sendiri. Ahh udahlah, nggak lagi pokoknya-___-
Solo-Jogja

Jam 4an kita nyampe di Jogja. Sebelum ke hotel, kita mampir dulu ke Ambarukmo Plaza a.k.a Amplaz sampe jam 8an. Terus ke Whiz Hotel. Hotel ini lumayan lah, letaknya juga deket sama Malioboro. Yang unik itu kamar mandinya. Ada yang khusus buat poop, ada yang khusus buat mandi. entahlah gue juga heran kenapa harus dibagi dua gitu._.

Malem itu anak-anak banyak yang keluyuran ke malioboro atau alun-alun sampe tengah malem.

20 Desember, pagi-pagi kita kunjungan ke UGM. Kita diterima di fakultas psikologi. Di situ alumni YPK banyak banget._. Dan habis acara, kita sempet lepas kangen bareng para alumni. Ya sekalian nunggu hujan reda~

Copyright by Dinda Aisyah

Hari ini adalah hari satu-satunya dimana kita ngabisin waktu di satu kota. Senengnya :') Di lain hari, kita jalan-jalan cuma sekitar 3 jam, sisanya duduk di bis :'|

Abis dari UGM, kita ke UNY. Kita terlantar selama beberapa jam karena nunggu anak cowok sholat Jumat.

Sorenya, kita ke Dagadu sama pusat oleh-oleh. Abis itu langsung ke Rumah Makan Numani buat makan malem. Anak timur 2 janjian makan cepet biar bisa cepet balik ke hotel. Soalnya pada mau jalan di malioboro atau amplaz. Tapi ternyata ada surprise dari guru-guru.

Pas duduk, kita nggak dibolehin makan sama Pak Bagyo. Katanya ini tuh malem terakhir, gitu gitu pokoknya. Nggak lama, Pak Bag nanya "Sekarang tanggal berapa? Silakan yang ulang tahun, Delya sama Shofi maju ke depan" Delya maju kedepan, terus langsung dinyanyiin selamat ulang tahun sama anak-anak. Padahal Shofinya masih di toilet._. #GagalSurprise #TapiGakpapaDeh

Abis itu Shofi maju ke depan, dan dibawain kue ulang tahun. Ah soswit sekali sih Om boy ini wkwkwk. Abis itu bagi-bagi kue. Shofi ngasih ke pecop, Delya ngasih ke Pak Bagyo. Pokoknya malem ini Q-time banget lah buat A26 :')

Waktu itu Delya sama Shofi bilang "Temen-temen makasih ya surprisenya." Fyi aja, itu sebenernya kita-kita juga gaktau kalo ada surprise kayak gini._. Berterima kasihlah pada omboy dan pak bagyo del, shof...

Ini malah om boy yang niup.__.

Pulang dari RM Numani, kita balik ke hotel. Di bis ini juga nggak kalah memorable. Tiba-tiba anak-anak nyanyi lagu kebangsaan mereka "syalalala ooo~~" diikutin sama anak-anak satu bis. Terus dilanjutin lagu terimakasih buat Om boy sama Om supir. Ya semoga aja om boy sama om supirnya terharu ya wkwkw. Terima kasih timur 2 udah bikin malem terakhir sangat berkesan :') Pokoknya malem itu seru sekali, ditambah Om boy yang ngasih doorprize dagadu wkwk. Ayok adain doorprize lagi om, belum dapet nih!

teng ikam (Copyright by Riza Darmawan)

Janganlah menangis terkadang cinta itu sadis
Dan janganlah marah terkadang cinta bikin susah
Mungkin ku bajingan tapi bukan penjahat perang
Yang slalu menikam tanpa belas kasihan

Ini lagunya om boy banget. Harusnya sih judulnya "aku", tapi kalo sama anak-anak udah beda lagi judulnya. "Oom setel lagu bajingan om!" gitu.

Oh, what a fucking great day!

21 Desember, jam setengah 5 kita mulai check-out. Gue sempet panik karena belum siap padahal bisnya udah mau berangkat. Akhirnya Jam 6 kita nyampe di bandara, dan jam 7 berangkat ke Balikpapan. Goodbye Jogja, see you later~

7 hari penuh perjuangan, capek banget, but overall it was very exciting^^ oh iya video dokumentasinya coming soon ya^^

Ketua rombongan : Yogi Tio Bagaskoro.

1. gak tanggung tanggung lah ini tour nya.. bayar berapa .____./

2. haha kerenkeren.
    baratnya mana fe ? :/

3. @safira : iya, ngeri ya._. Sekitar 5jeti kalo nggak salah

@amita : wkwk ya anak barat ngepost sendiri lah~~ =)) barat gak ada dokumentasi ya? :p

4. baca ini jadi pingin dokumentasiin..... wkwkwk tp mlseh

1. wkwk aiss rin kenapa males :(( Ayok kita sharing pengalaman, anak timur juga mau liat =))

5. kasian sekali ya ketua rombongan gak disangkutin namanya huft

6. Fet aku dan delillah berterimaaksih ada nama kita :)) we love u.