Sunday, September 29, 2013

#X1memories : Senbud Final Project



 Sebenernya bukan memorinya X1 sih, memorinya kelompok gue doang wkwk. Tapi berhubung itu pas waktu kita X1, ya jadiin #X1memories aja deh. Kali ini gue bahas final project a.k.a tugas akhir Seni Budaya. Basi banget ya baru dipost sekarang.


Tugasnya disuruh perform. Berhubung kita semua nggak ada yang mau tampil di depan kelas, kita sepakat bikin video klip aja. Mumpung si Epik sama Phita bisa nyanyi. Berbulan-bulan kita mikirin konsepnya. Video klip yang tanpa skill dan low budget apaan yak? Secara gue sama lita bambong.

Oh iya sekedar informasi, kelompok senbud kita ada 4 orang. Gue, Lita, Phita, sama Evi. Dah lanjut.

Akhirnya setelah cari referensi di YouTube, lita nemu video cover yang pake iphone buat instrumennya. Nah, ide cemerlang. kita jadinya pake tab aja, karena kita nggak ada yang punya piano, dan nggak ada yang punya iphone.

Dan ngearansemen lagunya itu gak gampang. Hm oke sebenernya gue nggak tau apa itu aransemen. Pokoknya bikin covernya susah. Mana kita nggak ada peralatan kayak mic, recorder, bahkan aplikasi sound mixer aja kita nggak punya. Ya jadi pake peralatan seadanya aja, pake sound recorder di laptop, terus ngerekam sambil dideketin laptop biar suaranya jelas. Jaman batu banget kan?

Dan akhirnya gue bisa dapetin sound mixer dari riza setelah diiming-imingi sesuatu haha. Walopun cuma trial 7 hari sih._.

Proses rekaman ngabisin waktu paling lama. Sebenernya bisa cepet sih kalo serius. Tapi ya namanya juga murid SMA yang gemar bermain, jadilah setiap kerja kelompok kita kebanyakan main, makan, dan ngobrol. Atau nggak pada nggak mau rekaman karena pada malu. Hufft. 

Apalagi anak-anak itu banyak maunya. Misalnya kita rencana ngumpul mau ngerjain senbud, dan yang dateng baru 1 orang. (G=gue)

X : "Yang lain mana?"
G : "Belum dateng. Rekaman dulu aja"
X : "Ntar aja tunggu anak-anak dateng"

Begitu anak-anak udah pada dateng...

G : "Udah pada ngumpul, sana rekaman"
X : "Duh malu banyak orang"
G : asdfghjklqwertyuiop *lompat dari Menara Eiffel*

Daaaan ternyata kita melakukan hal yang sangat fatal. Kita ngecover, tapi kita rekaman dari vocal dulu, baru musiknya. Lah, gue ngedit sampe tatonya Adam Levine luntur juga nggak bakal bisa, soalnya tempo yang nyanyi nggak stabil. Evi yang lagi nyanyi slow tiba-tiba bertempo kayak lagi dikejer komodo, dan nggak lama slow lagi. Frustasi banget ngeditnya.

Dan kerja keras gue ngedit tiap hari sampe jam 2 yang bikin mata gue lebam kayak abis dikerowok massa, terpaksa terbuang sia-sia. Terpaksa kita mulai dari awal. dari nol. Nyesek nggak tuh? Sebenernya biasa aja sih.

Akhirnya setelah memulai dari awal, kita mulai dapat titik pencerahan. Iya, baru titik. Dan setelah beberapa minggu Alhamdulillah rekamannya lancar dan berhasil diedit dalam semalem.Tapi jangan seneng dulu, karena proses masih panjang~ masih ada shooting dan editing.

Dan saat suting ini saat yang paling ribet dan rempong. Hari pertama suting udah bikin depresi. Pertama phita yang ngajakin ngumpul, dan di hari-H tepat jam 7 dia nelpon gue.

Phita : "Fet, nggak ngerjain senbud kah?"
Gue : "Iya ini pit mau ngerjain."

Phita : "Eh bukan. Maksudnya aku nggak ngerjain senbud malem ini, mau pergi fet."
Gue : "........"

susah memang sama anak yang php. Kemarennya aja ngomongnya mantep banget mau ngumpul, eh hari H malah ngacir. Moodbreaker banget.

Kesialan nggak cuma nyampe situ. Nggak lama gue hubungin lita sama evi. Dan Lita ternyata...
ffffu.......
Diphp-in 2 kali. Thanks guys~! Di tengah keputus asaan itu, akhirnya epik dateng ke rumah gue. Emang kayak homo sih, tapi lumayan sedikit mengobati luka akibat php. Dan nggak lama Phita dateng ke rumah gue. Wih, hebat juga. Ternyata Phita nggak jadi php. Dan terjadi percakapan singkat di depan pintu rumah gue.

Pita : "Fet maaf banget ya fet, kamu marah kah sama aku? Maafin ya"
Gue : "Iyasudaah, cepet masuk"
Pita : "Loh fet, aku ini mau pergi fet"
Gue : "Jadi kamu kesini cuma mau minta maaf?"
Pita : "Iya fet"
Gue : "BUNUH AKU PIT! BUNUH!!!"

Momen ternyesek selama gue sekelompok bareng mereka. Di php-in tiga kali. Mending nggak usah dateng sekalian aja pit, daripada dateng cuma minta maaf. Hufft..

Akhirnya gue menghabiskan malam berdua sama epik. Ih sumpah homo abis. Tapi di situ kita sadar, bikin video cuma berdua itu susah. Ngakak banget ngebayangin usaha kita ngerekam sambil megang SLR sama lampu. Cari spot yang bagus tapi juga nggak boleh jauh-jauh dari stop kontak. Wkwkwk like a stupid jerk. Udah stupid, jerk lagi. 

Besok-besoknya, kita akhirnya ngumpul buat ngomongin lokasi sama properti buat suting. Kali ini udah nggak berdua lagi, tapi ada gue, phita, lita, sama fina. Kita ngerekrut Fina soalnya dia yang ngerti tentang videografi. Dan hari itu juga langsung ditentuin lokasinya dan kita langsung beli styrofoam di balita.

Random moment waktu bawa pulang styrofoam dari balita, styrofoamnya patah di jalan deket pertigaan hop.___. Dan sialnya nggak cuma di situ, karena styrofoamnya terbang dan mendarat di kubangan air wkwkwk. Yasudah akhirnya gue sama lita tunggu di motor, terus fina sama phita lari-lari ngejer styrofoamnya haha.

Dan saatnya untuk dekor. Selama berminggu-minggu kamarnya Phita hancur berantakan di sesi suting ini. Maafkan kami pit^^






Fina.. Fina everywhere..


fyi aja itu taplaknya pake seprei wkwk


ngetes lightingnya
Ready for shooting session
 Setelah dekornya selesai, mulai deh suting. Suting ini dilakuin sekitar beberapa weekend. Perjuangan berat nih, karena setiap mau suting ada aja halangan._. Ya hujan lah, bangkong lah, gak mood lah, gak dibolehin pergi lah, macem-macem pokoknya. Tapi gue dan fina rela hujan-hujanan naik motor berdua bawa styrofoam kamera lampu tab sambil pake jas hujan. Ok, just imagine how look stupid we are. Untung aja waktu itu sepi, jadi nggak banyak orang yang liat kita naik motor gaya sirkus itu. 

Semua itu demi senbud guys.

And here's some pictures of shooting session :


behind the scene
phita dengan tampang mampus-gue-harus-ngapain-fin?!
kurang ganteng apa sok-sok pake credit title wkwkwk
Stupid memories, but it's unforgettable. Miss ya guys :')

Gue tau kalian bela-belain baca postingan ini buat nonton videonya, tapi ternyata nggak gue masukin haha.-. Iya ada banyak alasan kenapa gue nggak masukin. Yang pertama, gue nggak punya channel youtube jadi nggak bisa ngupload. Yang kedua, file aslinya ada di epik. Yang ketiga, gue geli sendiri kalo liat videonya wkwkwkwk ( ._.)/|

Tapi jujur gue lebih suka rekamannya daripada video klipnya wkwk. Suka banget sama suaranya epik sama phita di sini :3

Dah ah.

5 comments:

  1. FOTOKU KOK JELEK JELEK FETTTTTTTTTTTTTTTTTT

    ReplyDelete
  2. hargai aku feeeettt aku ninggal makanan ku di koprasi demi balik kerumahmu minta maaf, perjalanan panjang kutempuh fet, malam2 angin meusuk ketulangku yang rapuh ini, demi mengharap maafmu .. melewati danau permai fet aku off dulu pelajaran komp nya sdh selesai suruh matikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk iya iya kuhargai pit.... makasih ya udah dateng~ tapi plis gausa alay gitunah._.

      Delete
  3. Replies
    1. sama pik =)) kangen disms nitak ngajak main haha

      Delete

Mari budayakan berkomentar. Komen pake bahasa baku, gaul, alay, bahasa alien, terserah. Yang penting no spam :)