Monday, April 29, 2013

Seleksi 1 AFS Year 2014/2015 #part2


(Sudah baca post yang sebelum ini kah? Kalo belum, baca dulu post sebelumnya. Biar nyambung)

The day is coming !! Tanggal 27 April 2013. Hujan deras paginya, tapi nggak masalah kok. Jam 8 kita berangkat dari Bontang. Gue satu carter sama Lita Nikita, dan Rini satu carter sama Reni Yasmin Ratih Zahra Bela. Karena waktu malemnya gue baru pulang jam setengah 12 malem dari koperasi, gue sukses tepar di mobil.

Jam 11 siang kita nyampe di Samarinda. Menurut sumbernya sih alamat chapternya ada di Jl. Lambung Mangkurat no 5. Tapi ternyata di sana nggak kenal nomer rumah. Kalo nanya nomer rumah nggak bakal ada yang tau. Karena itu, kita dikasih clue sama Haneda kalo tempatnya itu deket masjid dan deket pasar. Tempatnya kecil kayak counter pulsa. Karena kurang clue, kita telpon dia lagi. Emang butuh kesabaran kalo nelpon dia. Waktu itu tiba-tiba dia tutup, terus pernah dia ngomong sendiri, terus nggak jelas lah pokoknya. 


Akhirnya kita ketemu itu chapter setelah tanya ke orang di sekitar situ. Eh ternyata, bukan kayak counter pulsa, tapi emang beneran counter pulsa !! Tulisan AFS-nya kecil diprint di kertas HVS dan ditempel di depan. Yah mana keliatan -___-

Setelah verifikasi, kita sama carternya rini berangkat ke Borneo. Eaa katanya backpacker, tapi kok nginepnya di Borneo .___. Di situ kita belum boleh check-in karena belum jam 2. Jadi kita nunggu di situ sampe boleh check-in. First time check-in without parents wkwk. Agak panik dalem hati, takut salah ngomong ntar malah dipesenin kamar presidential suite apa nggak mampus tuh? Apalagi pas disuruh bayar deposit 1jeti. Lah duit gue aja cuma 300, untung Lita ada duit haha *ngelus-ngelus dompetnya lita*

Agak lama, kita akhirnya ke kamar naik Lift. Ya kita nggak tau kalo naik lift harus pake kartu. Kita mencet-mencet sampe jebol ntetep ggak bisa nyala. Terus ada Bapak-bapak masuk dan bisa mencet. Lah kita kok nggak bisa? Akhirnya kita diem aja di situ dan kebetulan ada orang yang berhenti di lantai 5 jadi kita bisa kesana. Katrok ya? Ah biarin, kan ceritanya backpacker haha. Tapi akhirnya dikasih tau petugasnya kalo harus dimasukin kartu jadi nggak katrok lagi.

Habis itu kita istirahat bentar terus langsung cari makan di SCP~~ Kita sempet ke XXI mau nonton Iron Man 3. Antrian panjanggggg banget tapi ternyata semua jadwal Iron Man udah sold out kecuali midnight. Omagash omagash pingin nonton :| Tapi kita inget, kita ke sini bukan mau liburan tapi mau tes. yaudah nggak jadi pesen yang midnight.

Terus kita ke 21. Di sana belum ada Iron Man jadi kita nonton Java Heat. Udah antri, eh pas kita mau pesen eh kita ditanyain KTP. Kampret. Sebegitu imutnya kah kita? Kita udah SMA kok mbak, kita udah siap. Beneran deh.

Entah kenapa hari ini nyesek sekali udah beberapa kali ditanyain KTP. Pas check-in hotel juga ditanyain. Gue dengan mirisnya jawab "Nggak punya mbak. Mbak ini kenapa sih. Belum waktunya buat KTP. Muka masih imut-imut gini kok ditanyain KTP sih. Nyesek. Tau nyesek nggak?" *ngomong sambil berurai air mata*.

oke bohong. Gue cuma jawab "Belum punya" sambil masang muka datar.

Terus maghribnya kita balik ke hotel terus malemnya ke SCP lagi~~ Pingin ke Mall yang lain tapi apa daya transportasi susah. Sebelum ke Mall, Rini sama Ratih dateng ke kamar buat minta minum (sama numpang kentut. fyi aja kentutnya bau), sambil pake pajama. Abis itu mereka keluar, dan nggak lama balik lagi gara-gara kuncinya ketinggalan di kamar kita. Iya mereka udah telanjur masuk lift dan gak bisa pencet apa-apa karena gak bawa kunci, jadi nungguin orang yang kebetulan mencet lift aja.

Agak lama, kita bertiga mau pergi ke mall dan mencet lift. Nunggu lama akhirnya kebuka juga pintu lift. Pas dibuka, ternyata liftnya rame. Hening dulu sebentar. Tiba-tiba ada orang ketawa dan nyapa kita. Anjiiirrrr Rini sama Ratih masih aja di lift! Rini di pojok belakang, Ratih di pojok depan. Udah badan segede sapi limosin, ditambah mereka masih pake pajama!! Aduh, malu-maluin banget. Iya kalo seksi mah nggak papa, lah ini? .___. Yang malu nggak cuma mereka, tapi kita yang disapa juga malu banget. Abis dia nyapa, kita bertiga langsung buang muka. Malu bos ._. Entah orang-orang ilfil apa nggak.

Malemnya, gue rencana tidur jam 12. Sekali-sekali nantangin alita tidur tengah malem, kan biasanya dia abis maghrib udah tidur wkwk. Pas mau tidur, eh ketemu channel yang lagi nyiarin Barca. Nggak jadi tidur, nonton dulu~~ Tidak ada Iron Man, Barcelona pun jadi.

Paginya, jam 04:30 kita udah bangun. Rajin banget gak sih? Kita siap-siap terus sarapan di hotel terus jam 7 kita naik taksi nerobos hujan ke tempat Tes di SMKN 7. Derita banget nih kita ke tempat tes sambil bawa baju soalnya kita udah check out. Mau dititipin juga titip ke siapa.

Di situ kita dikumpulin di lapangan dulu. Bermacem-macem sekolah nangkring di sana. Kerasa kayak PIS haha. Dan di sanalah Alita a.k.a Ali bertemu kakak AFS ganteng yang megang kamera Canon EOS 5D. Nah loh, Lita ini pinter banget milihnya. Udah kece, tajir lagi. Dan yang mantep, dia tahun depan bakal sekolah di amrik! Beh mantep gak sih. Ada juga kakak imut yang berbodi mini tapi unyu :3 Dibilang kakak kok kayak masih SMP, tapi dia udah tes AFS tahun lalu.

Gue tes di ruang 5. Kebetulan sekelas sama Lita (sebenernya bukan kebetulan sih, soalnya waktu itu kita finalisasi emang bareng-bareng). Kita diawasin sama kakak Nabila. Mukanya nggak asing, kayak pernah liat :/ Dan kemudian kakak berkamera canon EOS 5D dateng ikut ngawasin. Beh, lucky banget nih silit. Mana kakak unyu? :( Kenapa nggak ngawas ruang 5 aja sih :(

Naaah, mau tahu soal seleksinya kayak apa? Gue udah nyatet beberapa soal yang Ilmu Pengetahuan Umum. Lumayan lah soalnya. Ini  gue tulis inti soalnya aja ya, kalo kalimatnya beda maafin soalnya gue cuma nyatet kata kunci doang. Check this out !

1.  Negara pendiri ASEAN, kecuali...
2. Tujuan negara
3. Tempat terjadinya fertilisasi pada manusia
4. Lapisan penyusun matahari, kecuali...
5. Akibat revolusi bumi
6. Negara yang menjadi penengah dalam perundingan Linggarjati
7. Zaman dahulu digunakan sistem tukar-menukar barang yang disebut...
8. Titi pada orbit planet yang terdekat dengan matahari
9. Jika uang yang beredar di masyarakat naik, maka nilai akan...
10. Syarat-syarat uang, kecuali...
11. Samudera terluas di dunia
12. Candi Hindu di Indonesia, kecuali...
13. Kawasan APEC
14. Batas geografis Asia Tenggara bagian timur
15. Negara ASEAN yang terkurung daratan
16. Laut yang termasuk Samudera Atlantik, kecuali...
17. Yang diberi gelar Pahlawan Revolusi (gelar yang diberikan kepada sejumlah perwira militer yang gugur dalam tragedi G30S)
18. Mata uang Vietnam
19. Fungsi Negara
20. Jika kita menghembuskan nafas ke air kapur, air tersebut akan berubah menjadi keruh. Hal ini disebabkan karena udara yang kita keluarkan mengandung...
21. Unsur berdirinya negara
22. Hubungan yang hanya melibatkan 2 negara disebut...
23. Negara ASEAN yang sehari-hari menggunakan Bahasa Inggris, kecuali...
24. Negara yang terletak di semenanjung utara benua Eropa, kecuali...
25. Negara-negara yang berbahasa spanyol, kecuali...
26. Pada Olimpiade London 2012, Indonesia mendapat 1 medali perak dan 1 perunggu pada cabang olahraga...
27. Presiden Amerika Serikat yang pernah tinggal di White House, kecuali...
28. Barack Obama setelah menang dari Mitt Romney merupakan presiden ke... di Amerika.
29. Penyakit yang disebabkan oleh virus
30.  Panglima tertinggi angkatan bersenjata
31. Negara yang menggunakan mata uang Euro
32. Samudera yang berada di antara benua Afrika-eropa dan Amerika adalah...
33. Berikut Ibukota negara di Eropa, kecuali...
34. Kode Flu Burung yang tengah menyebar di China
35. kepanjangan BKKBN
36. 3 bahasa yang digunakan Swiss
37. Penggaris plastik yang digosok-gosokkan pada rambut akan menarik potongan kertas kecil. Hal itu membuktikan penggaris bermuatan... karena...
38. Sekjen ASEAN berasal dari negara...
39. Pekan olahraga Asia tenggara adalah Sea Games, lalu pekan olahraga negara persemakmuran adalah...
40. Bangun ruang yang memiliki 4 sisi sama besar yaitu...
41. Presiden Korea Utara saat ini adalah...
42. Imunisasi dasar lengkap pada bayi...
43. Perpindahan penduduk dari desa ke kota disebut...
44. Sistem pemerintahan di Indonesia
45. Mars terletak di antara planet ... dan ...
46. Fungsi celah pada rel kereta
47. Fungsi ragi
48. Pernyataan yang tepat mengenai KMB
49. Pernyataan yang tepat mengenai Cut Nyak Dien
50. Pernyataan yang tepat mengenai PBB
51. Pernyataan yang tepat mengenai Korea Selatan
52. Pernyataan yang tepat mengenai hormon
53. Pernyataan yang tepat mengenai tsunami
54. Pernyataan yang tepat mengenai Australia
55. Pernyataan yang tepat mengenai Seleksi alam
56. Pernyataan yang tepat mengenai Pangeran Diponegoro


Maaf segitu aja. Kira-kira begitulah gambaran soal seleksinya. Yang kemaren tes dan masih inget, ada yang mau menambahkan? Kalo yang Bahasa Inggris nggak gue catet, capek haha. Kalo yang essay itu disuruh milih 1 dari 3 topik yang disediakan. Topiknya itu.... Aduh gue lupa.

Selesai tes jam 4, abis itu kita ngumpul lagi di lapangan. Bagi-bagi kaos, perkenalan kakak-kakak AFS, foto bareng, salim-saliman. Pas perkenalan itu gue impressed banget, soalnya pas perkenalan ngomong gini "Ini namanya ini.... Tahun depan mau ke Amerika. Kalo yang ini ke Brazil. Kalo yang ini baru pulang dari Jepang. Kalo yang ini dari Jerman, dst" Enak banget gitu ngomongnya. Keren banget gak sih?

Abis itu kita langsung pulang ke Bontang. Sampe sekitar pukul 20:30. Dan gue kembali sukses tepar. Padahal besoknya sekolah. Plis, pingin banget hibernasi. Pingin pake banget.

(Gambar menyusul. lagi nggak bisa upload gambar)

3 comments:

  1. Replies
    1. wkwk iya soalnya ada 100, belum termasuk yang tes bahasa inggris haha

      Delete
  2. Siip dah.. sama" nunggu pengumuman besok minggu ye.. -_-
    good luck yak.. blog lu keren gilak haha..
    visit back yah :D

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar. Komen pake bahasa baku, gaul, alay, bahasa alien, terserah. Yang penting no spam :)