Mama, Aku Ikut Simbis !


Ini pengalaman gue waktu gue ikutan simbis.

Pertamanya gue nggak tau apa-apa tentang simbis. Yang gue tau simbis itu singkatan dari Simulasi Bisnis. Dan gue nggak ngeti, simulasi bisnis itu maksudnya kayak apa.

Dan malem-malem, pas kita mau jenguk bella, kita ngobrol dan Nita ngajak anak-anak ikutan simbis.

"Yuk ikutan simbis!"
  *gue diem*
"Simbis itu sejenis game online, jadi kita cuma mainan aja."
  *di kepala gue langsung kebayang mainan di fb*
"Nah fet kamu kan blogger, pasti bisa deh main ini"
  SUMPAH INI APA NYAMBUNGNYA BLOGGER SAMA SIMBIS.
"Syelma sama Daning aja udah daftar"
  *ikutan daftar*
"Tapi aku main bangkrut terus haha"
  *hening* *nggak jadi daftar* 

Random conversation memang. Apa gue yang nulisnya lebay ya. Tapi emang begitu sih.


Gue sih pertamanya nggak terlalu pingin ikutan, lagian nggak ngerti juga dunia perbisnisan. Tapi di lain sisi gue juga pingin. Kan lumayan nambah pengalaman. Terus juga katanya bakal dapet sertifikat. 50:50 deh, pingin nggak ikut tapi takut nyesel, pingin ikut tapi takut nggak bisa.

Sampai akhirnya si Vina (atau biasa dipanggil fina) ngajak gue buat ikutan simbis. Bener-bener pilihan yang susah. Sempet mau sholat istiharah mau minta petunjuk, tapi kelamaan. Akhirnya dengan tekad penuh gue pun ikutan. Si Lita dan epik pun gue paksa dan akhirnya mereka ikut juga.

Dan Jumat siang, abis biologi, gue masuk auditorium buat penjelasan tentang simbis. Begitu dibagiin kertas dan gue baca, gue syok. BAHASA ALIEN PLANET MANA INI? SUMPAH HOROR ABIS. Isinya angka semua berderet, ditambah tulisan-tulisan yang nggak kalah ngeri. Aduh, salah banget gue pilih ikut simbis.

Penjelasan dari Pak Fattah pun nggak bikin gue tambah ngerti. Makin pusing dengerin masalah ekonomi begituan. Mana ruangan ber-AC, jadi malah ngantuk karena serasa didongengin. Si Fina malah lebih parah lagi. Gara-gara bapaknya ngomong tela-tela, selama penjelasan dia jadi mikirin tela-tela, bukan simbis. Nggak ada yang fokus. Mati kita.
Udah cukup Pak !! Cukup !!
Beberapa hari kemudian kita nyoba itu game. Ternyata nggak gampang memang. Kita berapa kali main paling urutan 7 dari 8. Paling pol ke-3 tapi nggak lama balik lagi ke 7. Sempet frustasi. Nah, sama komputer aja kalah, gimana sama orang lain?

Besoknya kita main lagi dan lagi. Kita coba strategi random. Sampai akhirnya dari urutan 7 kita tiba-tiba naik urutan pertama. Woooo sumpah itu seneng banget ! Pertama kalinya posisi paling atas ! Tapi 2 quarter kemudian kita turun jadi urutan 2 ._. Tapi lumayan udah sempet seneng haha. 

Nah pas pelajaran mulok kita belajar di lab komputer. Mumpung nggak ada gurunya, Yogi langsung ngajak anak-anak (yang mau ikut simbis maksudnya) buat main bareng. "Beh sombong banget ya yogi ini, kayak udah profesional aja-_-" itu yang  ada di pikiran gue sama Fina.
Wujud JA titan yang sempet bikin frustasi

Yang main waktu itu ada gue-Fina, Evi-Lita, Syelma(sendiri), sama Yogi(sendiri). Sayang Urun nggak ikut main padahal dia ikut simbis :| Dan pas game dimulai, Yogi langsung ke peringkat pertama. ASTAGA ITU ANAK DEWA BANGET. Jauh banget jaraknya bos. Makin lama, makin turun aja urutan kita, tapi dia tetep pertama. Dan nggak lama akhirnya evi-lita bangkrut dan permainan selesai. Sekarang gue ngerti kenapa yogi ngajak main. Dia mau pamer. Oke gik oke.

Akhirnya malemnya kita langsung coba strateginya yogi. Daaaaaan, Voila !!! Langsung melejit ke peringkat 1 dan nggak turun-turun sampe quarter 15 ! Keren! Aduh bersyukur banget udah diajak main bareng. Tapi akhirnya game jadi garing karena urutan 1 terus ._. Lalu kita mulai ajak anak-anak sekelas buat main bareng. Jujur gitu aja gue udah seneng banget loh. Apalagi pas pertama kali ngalahin yogik, beeh senengnya~~~~~~~~~~~

Sejak itu gue sering main bareng anak-anak. Kadang Evi, Lita, Daning, Syelma, yogi, ican, lutpi. Kalo menang, seneng sih. Tapi masih kepikiran gimana nanti lombanya.

Anddd the day is coming ! Senin siang kita ke aula buat pengundian industri. Nama tim kita 'WTF?'. Aduh blog gua banget yak. Beruntung karena Fina juga inisialnya F. Tapi ada yang rempong dari nama tim ini. Misalnya pas registrasi.

OSIS : "Nama timnya apa ya?"
Kita  : "WTF"
OSIS : "Loh bukannya minimal 4 huruf ya?"
Kita  : "Iya WTF pake tanda tanya"
OSIS : "Ooh"

Terus juga pas pembayaran. (OSIS-nya beda orang)

OSIS : "Nama timnya?"
Kita  : "WTF"
OSIS : *tiba-tiba hening*
Kita  : *ikutan hening*
OSIS  : *manggil anak OSIS yang lain buat ikutan hening*
Kita  : "Mm WTF-nya pake tanda tanya"
OSIS : "Ooh"

Sampe pas di absen nama tim kita dipanggil keras-keras pake mic "Tim WTF pake tanda tanya, Fetty dan Fildzah" Aduh, namanya padahal sengaja dibuat keren, tapi kok malah dibacanya jadi nggak keren gini ._.

Dan setelah antri dan kepanasan akhirnya gue dapet industri 5. Sumpah industri 5 ini garing banget. Yang lain pada full, yang ini cuma keisi 4 .-. Sampe di belakang gue (gatau siapa) bilang "Berempat aja sudah, final kita ini". Gue dan fina ngaminin.

Karena ada beberapa yang ngundurin diri, jadinya besoknya dikocok ulang. Dan gue dapet nomor 7, angka hoki~~ Selama nunggu perut kita nggak berhenti ngebeatbox. Nervous. Padahal sebenernya biasa aja. Tapi emang perutnya lebay. 

Pas disuruh masuk ke lab, lebih dahsyat lagi beatboxnya. Hay, are you okay, darl? Why you so nervoussssss *ngomong sama perut sendiri*. Padahal masih try out tapi perut udah kayak naik tornado aja. Di try out, kita peringkat kedua, di bawah gajahngingi. Alhamdulillah, awal yang lumayan lah. Abis try out, kita nunggu lagi buat babak eliminasi 1. 



Abis makan siang, kita mulai babak eliminasi 1. Deg-degan. Dan lagi-lagi perut beatbox lagi. Posisi gue paling sekitar kedua atau ketiga. Pernah posisi pertama terus turun lagi. Dan akhirnya di quarter akhir, mepet banget, kita posisi ketiga. Aaaaa nyesek. Yaudah, terpaksa ikut eliminasi 2. 

Nyawa kita dipertaruhkan sama eliminasi 2 ini. Kalo ini kita gagal, ya kita nggak bisa lanjut ke eliminasi 3. Kalo lolos, besoknya bisa dispen lagi~~~~ Dan sebelum masuk labkom, kita buat janji sama anak X-1, nggak mau tau hari Rabu kita semua harus dispen dan kita ketemu di final !! Amin !

Dan eliminasi 2 akhirnya mulai. Lawannya bisa dibilang lumayan berat, tapi harus optimis. Kita ini selalu ada di posisi kritis. Antara 2 sama 3. Nggak lama Bella dateng sambil bilang "Tadi daning sama selma kubantuin doa, terus sekarang dia menang posisi pertama, terus mereka belikan aku kebab" Gue sama fina langsung maksa-maksa bella buat doain kita juga siapa tau doa anak osis dikabulin. Tapi dia malah keluar.


Nggak lama Adis dateng. Kita minta bantuin doa sambil diiming-imingi kebab. Terus akhirnya dia doain kita. Abis adis keluar, bella dateng lagi dan ikut doain kita. Jiah telat._. Tapi nggak papa deh, banyak yang berdoa untuk kemenangan kita. Yo WTF menang yooooo!!!! Banyak yang ngedukung kok di luar sana !! #ewbgt

Annnnnnnnd the final quarter is over. Gue posisi kedua, berarti...... GUE MASUK ELIMINASI 3 !!!!!! SENENG BANGET ♥♥♥ !!! Rasanya kayak ngelfy~~ Setengah nggak nyangka karena dari tadi kita bolak balik kedua sama ketiga muluk. Alhamdulillah, Allah ngabulin doa kita semua :') Makasih ya doanya Dis, Bel :* :* :* Dan berarti besok kita dispen~! Yogi lutpi sama ican juga ikut seneng, nggak tau kenapa ._. Mungkin karena kita latian bareng, jadi kayak temen seperjuangan gitu.


Alhamdulillah :')

Yogi lolos, Syelma lolos,sayang urun nggak lolos :( tinggal epik-lita. Kita ketemu di jalan dan nanyain. Ternyata dia posisi 1. Gue sama fina langsung heboh mukulin helmnya evi. Tapi ternyata malenya dia sms katanya dia itu posisi 1 dari tengah :| lol wut? Kamu jahat, kamu php-in kita pik :( katanya 16th gamau php-in orang... Lumayan bikin kita down loh pik :|

Malemnya gue masuk angin. Jadi nggak main titan sama sekali. Sok pro banget ya gue.


You jahat evik :(

Dan rabu pun datang. Apapun yang terjadi gue udah siap. Gue masuk industri 4. Di sana kita ngebambong, jadi diputerin film. Yang lain pada belajar. Kita berdua sibuk cari pinjeman.

Terus kita masuk labkom. Alhamdulillah perut nggak beatbox kayak kemaren. Disitu, pertama gue posisi kedua, dan makin turun sampe akhirnya kita posisi paling terakhir. Waduh. Walopun muka flat, tapi otak gue udah pesimis banget nih. Gue udah nyiapin mental. Terus Adis bilang kalo ini yang diambil 4 besar. Yes, masih ada harapan masuk semifinal ! Pelan-pelan kita merangkak. Kita naik posisi 5, seneng banget. Merangkak lagi... Sampe akhirnya posisi 4. Karena mau naik lagi susah, akhirnya kita cobak bertahan aja di posisi 4. 

Karena waktu itu kita lawanan sama ican-lutpi, jadi kita berharap supaya kita bisa setidaknya ngekorin mereka. Kita juga berniat ngalahin anak SMP. Malu dong, masak anak SMA kalah sama anak SMP? Mangattt.

Dan akhirnya quarter akhir kita tetep posisi 4. YES MASUK SEMIFINAL !! Rasanya luar biasa banget, karena tadi gue udah sempet pesimis. Muka fina yang baru dateng dari WC langsung sumringah. Dan kita berhasil dibawahnya ican-lutpi persis, dan tentunya anak SMP berhasil kita kalahin. Alhamdulillah Ya Allah, Engkau mengabulkan doa kami lagi :')



Yogi-nanda juga lolos. Tapi ternyata Daning-Syelma nggak lolos :( Mereka berdua frustasi berat. Kasian ngeliatin mereka. Jadi mereka stay di auditorium sambil nonton film.

Nggak lama kita mulai babak semifinal. Gue duduk di tempatnya epik waktu itu. Gue industri 1. Udah mulai nih ketemu yang pro, kayak Kameha-meha(anak sangatta), Jahe ronde spesial(Aji-Faisal), dan Sumber Rejeki (yogi-nanda). Semangat WTF ! Masih ada 1 tempat kok buat kita masuk ke final~

Di awal quarter, kita udah salah strategi. Yang lain pasang harga antara 50-65, kita sendiri pasang harga 90. Overdosis memang. Tapi akhirnya kita berhasil bolak-balik di urutan 5 dan 4. Aduuuh kenapa sih tim kita ini selalu ada di posisi kritis -____- Nyesek maksimal loh. Terlebih posisi ke-4 itu Unknown(patrick-wildan) duduknya persis sis sis di depan kita ! Ngeliatin tampang lawan secara close up itu rasanya arrg awkward aneh jengkel aaa!!!

Dan beberapa lama kita main, tim umbatente bangkrut. Miris nengoknya. Saking frustasinya sampe monitornya dijatuhin, sama keyboardnya dicopotin. Nggak lama, gantian gue yang kena sial. Mouse nggak mau nyala. Gue baru sadar, INI KOMPUTERNYA EPIK ! Kita pindah ke sebelah. Barusan login, eh mouse satunya udah bisa. Beh, kampret. Akhirnya kita pake komputer yang awal. Untung nggak separah evi-lita ._. Tim umbatente malah seneng "Beh macet itu, ulang ini ulang" haha.


Akhirnya pas di quarter terakhir, gue urutan 5. Nggak masuk final deh :( Kamprt patrick kamprt ngambil posisi kita >:( fina pun frustasi berat, sama kayak daning dan selma. Gue berusaha flat.... Walopun dalem hati pingin terjun dari tugu monas. 


Dafuqqqqq nyaris bosss !!

Yahh, yaudah deh. Emang takdir. Lagian kalo final itu lawannya berat banget. Dulu kita pernah berdoa "Semoga pas eliminasi kita nggak ketemu sama yang pro. Ntar ketemu yang pro sama anak X-1 kalo udah di terakhir-terakhir aja." Karena semifinal tadi kita udah ketemu anak X-1 dan yang pro, berarti Allah ngabulin doa kita :) Oh iya Tim WTF ini satu-satunya cewek kelas 10 yang masuk semifinal loh~


Sisa 1 dari X-1, yaitu Yogiiiiiiiiiiiik(sama nanda). Wes ngerik men. Janji kita buat ketemu di final, cuma yogi yang nepatin haha. Sistem di final beda kayak biasanya. Urutannya nggak dikasih tau, jadi gatau kita menang atau kalah. 

Sampe akhirnya penutupan + pengumuman juara. Juara 3 Aji-Faisal, Juara 2 Sangatta, Juara 1 juga Sangatta. Selamat ya~~ Nggak papa deh anak X-1 nggak ada yang bisa juara. Tapi masuk final aja udah hebat banget loh =))


Bukan bukan, mereka panitia ._.

At least, mau makasih banget lagi buat Yogi karena udah ngajakin main pas mulok. Kalo nggak, mungkin baru Q3 kita udah bangkrut ._. Makasih ya gik, plus selamat udah masuk final :D 

Yo Mangat yo semua, terutama anak X-1 !! Tahun depan ikut lagi yuk kita ketemu di final ya~!! =D



Comments

  1. Semangat Fet tahun depan! :)
    Aku? ngga lg deh.. kwk

    -ulul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha makasih lul :D
      Loh kenapa nggak? Ayo ikut lagi!!
      Semangat benyul haha

      Delete

Post a Comment

Apa pendapat kamu? Yuk sharing! :)