Wednesday, 2 January 2013

Macam-macam Gorden


Ini postingan random banget. Abis bosen sama postingan 2013, "happy new year!" "goodbye 2012 !" "resolusi 2013" "semoga ini.... semoga itu...". Basi. Cari yang beda dong.

Gue juga bingung kenapa kok gue ngepost tentang gorden ya? Gatau juga sih, idenya tiba-tiba muncul, kayak ada sesuatu yang lewat dan bisikin "ngepost gorden pet!" lalu pergi. Kedengeran horor ya.

Di sini gue nggak bakal banyak omong, cuma mau njelasin kalo gorden itu banyak jenisnya. Nah, rumahnya pada pake gorden kan?


Naah, bagus ya kamarnya? Tapi kita fokus ke gordennya dulu yuk. Nah, gorden yang putih itu namanya Sash Curtains. Dia kainnya tipis dan emang bukan untuk ngalangin cahaya yang masuk. Nah, kalo yang lagi diiket itu Thermal or Blackout curtains. Biasanya kainnya tebel supaya cahayanya nggak bisa masuk.




Nah ini gorden yang biasa ada di rumah-rumah karena ini yang paling sederhana. Namanya Flat Panel Curtains. Cirinya dia dikaitkan sama kayak cincin-cincin gitu. 


Kalo ini nggak pake cincin. Namanya Tab Top Curtains. Gue sendiri bingung jelasinnya. Liatin aja gambarnya, ya intinya kayak gitu ya. Pasti ngerti kok.


 Mirip kayak flat panel curtains, ini juga pake cincin, tapi ada di gordennya. Jadi gordennya bolong gitu. Unyu ya. Namanya Grommet Top Curtains.

 Nah kalo yang ini pasti udah nggak asing lagi kan. Namanya Venetian Blinds. Bahan dasarnya macem-macem, ada yang dari bambu, kayu, kayu imitasi, kain, PVC, dll. Cara pakenya gampang, tinggal ditarik-tarik aja.

Manusia emang dasarnya kurang puas, mereka juga bikin gorden dari benang. Namanya String Curtains. Gorden ini buat memperbagus aja, bukan buat nutupin cahaya yang masuk. Tapi jadinya keren ya.


 Ini udah nggak asing lagi ya, walaupun nggak yakin kalian punya haha. Kalo nggak salah sih namanya water curtains. Sering ada di mall, hotel, atau tempat umum lainnya. Ini buat ngeblurin pemandangan, juga biar ruangan kerasa adem karena ngeliat ke jendela 'hujan' terus.
Mau yang blink-blink? Tenang, ada yang satu ini. Setau gue sih namanya mirror curtains. Itu terbuat dari cermin, yang kalo kena cahaya bakal blink-blink sendiri. Nah, kalo lewat situ serasa artis yang dijeprat-jepret sama paparazzi. Oke lebay.

Kurang blink-blink? Nih ada LED curtains. Dijamin ruangan bakal rame karena cahaya dari gorden ini. Mantep nih.

Pingin yang murah meriah? Ini solusinya. Paper curtains, gorden yang dibuat dari kertas. Bisa dibuat sendiri di rumah. Kalo dimodifikasi hasilnya bisa bagus loh ngalahin gorden mahal. Kreatip ! Cuma sayangnnya nggak bisa di buka/tutup. Kalo kalian mau bikin mending bikin yang bisa dibuka/tutup biar enak.

Nah, udahan ya. Kira-kira nanti bakal ada gorden apalagi ya? Gorden air udah, mungkin bakal ada gorden api di masa depan. Kalo ada kritik, saran, atau ada yang salah dari postingan di atas nggak usah malu-malu komentar di bawah. Semoga nambah ya ilmunya, walaupun ilmu nggak penting ._.

Sumber:
http://www.houzz.com/photos/modern/curtains/p/40
http://de.wikipedia.org/wiki/Datei:Striped_Tab_Top_Curtains.jpg
http://www.linens4less.com/tab_top_curtains.shtml
http://vanillaseven.com/2009/05/08/answer-for-the-water-curtain-contest/
www.sashcurtains.co.uk/
http://citymousecountryhouse.blogspot.com/2012/08/modern-homes-curtains-designs-ideas.html
http://www.kareyrollerblinds.com/new/showpro.asp?proid=114
http://hiimjoy.com/?p=1935
http://gztowin.en.made-in-china.com/product/GqIQzHiSZdWe/China-P12-5-LED-Curtain-Display-Screen-TW-VB12-5-.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Curtain
http://en.wikipedia.org/wiki/Window_blind

1 comment:

Mari budayakan berkomentar. Komen pake bahasa baku, gaul, alay, bahasa alien, terserah. Yang penting no spam :)