Sunday, September 11, 2011

Wanna be a...

Hellooooooow~ Masih bersama saya manusia paling oenyoe dan menggemaskan.

Let's talking about ambition.


"Sayang, sebentar lagi sampai !" "Eits, kamu homo ya?"
Semua orang punya cita-cita. Apa cita-cita kalian? Mau jadi dokter? Atau polisi? Atau jadi masinis? Semua terserah aja, toh manusia punya jalan sendiri-sendiri. Tapi gue harap kalian nggak ada yang punya cita-cita jadi maling mangga punya tetangga ya. Impianmu sungguh rendah dan tidak bermoral. Udah ketangkep, digebukin, hasilnya cuma mangga dua biji, dapet dosa lagi. Mendingan sekalian jadi koruptor, biar tetep dosa, tapi dikit dikit nyogok, dan hasilnya triliunan. Bohay.

Gue yakin semua orang punya cita-cita yang tinggi. Walaupun nanti kalian nggak bisa ngeraih itu dan akhirnya beralih ke profesi yang lain. Misalnya, waktu kecil ada yang punya cita-cita jadi pilot, tapi waktu gede akhirnya cuma jadi PNS. Mau nggak mau diterima. Cita-cita itu hanya sebagai impian belaka.


Beginilah orang Indonesia. Gue nggak tau ini cuma Indonesia atau negara yang lain. Orang menganggap cita-cita itu cuma sebagai hiburan anak kecil. Waktu kecil, kita suka berandai-andai jadi tentara. Sampe minta dibelikan baju tentara. Segitu cintanya kita sama profesi itu. Tapi, lama kelamaan, cita-cita dan harapan itu lama-lama sirna. Orang nggak pernah berusaha buat ngeraih cita-citanya itu. Mereka cuma berharap tiba-tiba bumi gonjang-ganjing dan muncul seekor putri duyung akhirnya yang ngutuk mereka jadi tentara. Itu mustahil kawan, mustahil. Kalopun beneran dikutuk sama si duyung itu, pasti dikutuknya jadi jelek atau jadi kodok. Nggak mungkin jadi tentara.

Nggak semua cita-cita bisa diraih, tapi semua orang bisa meraih cita-cita.

Ya gue yakin nggak semua cita-cita bakal kita dapetin. Misalnya banyak orang yang punya cita-cita sebagai presiden, nanti berapa banyak jumlah presiden kita? Berapa banyak pesawat keliaran di udara kalo orang banyak yang pingin jadi pilot? Kalo semua orang presiden dan pilot, siapa yang jadi petani? Siapa yang jualan sayur? Siapa yang jadi tukang bangunan? Siapa yang jadi pelayan? Oke stop.

Dari presiden dan pilot, kita beralih ke ibu kita.

Ibunya siapa sih yang nggak pingin anaknya jadi orang sukses?
Pasti nggak ada. Ibunya spiderman aja juga pingin spiderman jadi orang sukses, yang kerjaannya nggak cuma manjat manjat doang. Dan orang tua gue pun sering nasehatin dengan kalimat di bawah ini :

"Mbak, nanti kalo gede jadi dokter aja ya. Biar kalo papa sama mama berobat bisa dibayarin sama Mbak."

Gue rasa nggak cuma gue yang dinasehatin beginian. Kali aja orang lain juga gitu. Tapi ada satu hal yang sangat kusesali, KENAPA GUE HARUS JADI DOKTER? APA PROFESI DI DUNIA CUMA DOKTER? APA CUMA DOKTER YANG BISA BAYARIN ORANG TUANYA DI RUMAH SAKIT? EMANGNYA ASTRONOT NGGAK BISA BAYARIN? 

Beribu-ribu pertanyaan mengelilingi otak gue. Intinya sebenarnya masuk akal, tapi diungkapkan secara nggak logis. Gue ngerti, gue juga berusaha buat bahagiakan mereka, tapi nggak harus lewat jalan sebagai dokter kan?

Ada lagi nasehat orang tua gue. Kalo ini lebih logis. Simpel. Padat.

"Mbak, jadi anak yang pinter ya. Kamu harus punya cita-cita tinggi. Jadi orang sukses ya"


Gue juga berniat bakal jadi orang sukses. Tapi, ketika gue berbincang-bincang dengan kedua orang tua gue...

Gue : "Pa, Ma."
Ortu : "Apa, Mbak?"
Gue : "Kalo udah gede aku mau jadi astronot."
Ortu : *ketawa*
Gue : "Kenapa kok ketawa?"
Ortu : "Haduh nak. Punya mimpi nggak usah muluk-muluk. Nanti kalo nggak kesampean jadi gila lo"
Gue : &%$#@*&@%#! *speechless*

Bisa mengerti satu problem dari kutipan diatas? Percakapan ini beda sekali sama kalimat yang sebelumnya orang tua gue omongin. Katanya suruh punya mimpi yang tinggi, tapi begitu gue bilang gue pingin jadi astronot, orang tua gue malah ketawa seolah itu adalah suatu hal yang mustahil bisa tercapai. Nah, gue jadi bingung. Semangat gue jadi drop. Gue jadi pingin terjun ke jurang. eh nggak gitu.

Dan sekarang, ini adalah hal yang ditunggu-tunggu. Sebenernya nggak ada yang nunggu. Cuma biar dramatis aja. Gue bakal nyebutin satu-satu apa impian gue selama ini dan gue harap bukan cuma mimpi belaka. Kalo kesampean alhamdulillah kalo nggak kesampean ya nggak papa nggak usah jadi gila juga.

Ambisi gue banyak. Nggak papa kan? Toh manusia bebas bermimpi~ Gue nggak bakal cita-cita jadi seekor putri duyung yang sukanya duduk di batu dan godain mas-mas di pantai. Gue juga nggak pingin jadi kayak om gayus yang kerjaannya ngilang sana ngilang sini tapi tau tau nongol di pertandingan tenis. Untung kagak dikira bola .___.

Tanpa berbasa-basi lagi. Check this out ! Siapa tau kita ada yang punya cita-cita sama :D

1. Astronot

Ya, gue pingin jadi astronot, seperti yang udah gue udah singgung tadi. Ini cita-cita gue pertama kali, kalo nggak salah waktu TK. Disaat temen-temen pingin jadi dokter gue sendiri malah pingin jadi astronot.

Ini Ibu Pratiwi Sudarmono, Astronot pertama Indonesia
Kenapa gue pingin jadi astronot? Entahlah. Gue rasa asik aja gitu. Untuk saat ini gue belum nemu alasan yang logis kenapa gue pingin jadi Astronot hehehe. Soalnya ini cita-cita waktu kecil jadi gue sendiri nggak tau.



2. Penulis

Gue juga pingin jadi ini. Sebenernya kata orang (bukan kata gue) gue ini berbakat buat nulis, tapi sayang sekali gue nggak berbakat buat ngeluarin ide. Gue lebih gampang ngeluarin upil atau poop he he he.

Gue pingin jadi penulis karena emang gue suka nulis. Gue juga suka baca, dari komik sampe buku biografi pun gue baca #teruskenapa. Baca dan nulis gue rasa bagian dari hidup gue selain makan, tidur, dan online. Tapi gue nggak punya dana buat nulis buku dan nantinya juga kagak ada yang mau beli buku gue. Takut kesurupan kali. Yah, daripada gue menerima kenyataan yang pahit bak obat itu, lebih baik semua tulisan-tulisan ini gue tampung di blog. Gue pun pingin jadi blogger terkenal kayak Bang Dika, Bang Bena, atau Bang Alit B)


3. Ilmuwan
Thomas Alva Edison, Menerangi dunia dengan hidupnya

Sebagai penerus bangsa gue harus berusaha buat ngubah bangsa dan dunia jadi lebih baik. Menurut gue, seorang ilmuwan bisa diberi kepercayaan itu. Inget Thomas Alva Edison? Berkat penemuannya sebuah lampu dia bisa mengubah dunia. Scientists is the most amazing profession in the world !! (pake google translate)

Gue pingin banget jadi ilmuwan karena ... (karena banyak gue kasi nomer aje ye)

1. Gue emang suka ilmu, terutama ilmu pengetahuan alam dan ilmu matematika. Entahlah mereka selalu menarik untuk dipelajari.
2. Gue sering termotivasi sama mereka mereka para ilmuwan terdahulu. Melihat mereka seakan datang secercah cahaya #ceile.
3. Jadi ilmuwan nggak pernah ngeliat umur. Ingat Einstein? Dengan rambutnya yang mengembang layaknya rambut Justin Bieber kelelep di bak mandi itu dan  warnanya yang putih itu masih bisa jadi ilmuwan. Tapi pernah liat penyanyi umur 92 tahun yang lagi manggung? Nggak kan?
4. Ilmuwan bisa terkenal dan bisa mengubah dunia. Namanya bisa dikenang dan dan dipajang di buku-buku sejarah atau biografi. Oh Sosuit :')



4. Graffiti Creator (Bomber)

Cewek cowok bebas berekspresi bro. Liat itu gue yang lagi jongkok.

Bomber disini bukan berarti orang-orang yang suka ngebom di jalanan. Gue yang berhati mulia ini nggak bakal ngelakuin hal itu. Bomber itu sebutan buat pembuat graffiti gitu. Gue sendiri juga heran kenapa namanya bomber. Mirip ya sama Bomberman yang perutnya bolong itu :3 Kalo gue jadi pembuat graffiti berarti gue bomberwoman dong? #gakgitupet

Gue pingin jadi ini karena gue emang suka graffiti. Dulunya sekedar suka dan lama-lama ingin mendalaminya. Gue ngiri banget sama bomber bomber yang buat graffiti di tembok. Kenapa? Entahlah, mereka bebas mengungkapkan isi dan ide di hatinya dan gue rasa itu adalah suatu hal yang 4M4Z1NG !

Tapi kalo gue jadi bomber gue bakal jadi bomber yang alim dan nggak berbuat onar dan vandalisme. Amin.


5. Breakdancer

Baca baik baik ! BREAKDANCER ! bukan BERAKDANCER ! Gue nggak pingin jadi penari tarian pup .___.

Ini Bboy Jalen Testerman. Umurnya baru 10 taun, sodara sodara !

Ini Jalen sama adeknya, Mya. kecil kecil ototnya Masya Allah 0.0

Gue pingin jadi breakdancer karena gue kagum sama orang-orang yang suka breakdance. Mereka punya tarian yang bukan sekedar tarian goyang pantat ke kanan dan ke kiri, tapi lebih hebat karena mereka butuh latihan khusus. Seorang breakdancer itu dijamin bisa jaga keseimbangan, terbiasa buat bergerak cepet, dan badannya jadi sehat. It is very awesome !

Oke, gue tau itu budaya luar. Tapi, nggak papa kan? Boleh dong ya plisss


6. Desainer Grafis

I'm Designer? No, I'm Fetty !

Gue juga pingin jadi ini. Dari namanya aja udah keliatan keren. Kan asik gitu ya, kalo ditanya temen kerja jadi apa dan gue bakal jawab dengan bangga "Gue jadi desainer Grafis loh hehe" Ok stop berkhayal yang aneh-aneh.

Kenapa gue pingin jadi Desainer grafis? Karena jawabannya simpel aja. Gue adalah seorang adiksi internet. Sehari kagak nyalain laptop bagi gue udah hari dengan penuh malapetaka. Dan gue rasa jadi Desainer Grafis itu asik karena gue bakal seharian nongkrong terus di depan layar monitor. Memang kurang logis, tapi itu kenyataan yang sebenarnya.

-Selesai-

Oke itu semua cita-cita gue. Gimana? Ada yang sama? Kalo ada yang sama alhamdulillah yah.

Dari keenam itu gue pingin ngeraih minimal satu. Bisa nggak ya? BISA DONG ! gue masih 14 tahun, hidup masih panjang, kesempatan masih terbuka lebar. Bahkan yang udah gede juga gue yakin masih ada peluang besar buat ngedapetin yang dimau.

Nothing Impossible, Bro ! Kalo mau jadi putri duyung, silahkan ! Kalo mau jadi tukang parkir, juga silahkan ! Asal jangan jadi koruptor ya ceman ceman ^^

Pastinya kalian seneng kan kalo udah gede kalian bilang sama anak kalian dengan sangat bangga "Nak dulu bapak/ibu cita-citanya jadi ini lo, dan Alhamdulillah kesampean" oooooh terasa sangat romantis :')

Alangkah senangnya apabila kita berhasil meraih cita-cita~


Jalan hidup masih panjang. . .


Hidup ini bukan cuma buat makan tidur dan online kawan. Hidup penuh perjuangan. Sesuatu yang dilakukan dengan perjuangan serasa lebih bermakna daripada sesuatu yang instan. Kalian pernah masak indomie kan? Pasti rasanya biasa aja. Makanya masak Mie Sedaaap aja #ndakgitu

If you can dream it, You can do it
-Walt Disney-

GIF hiburan wkwk


Sumber :
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/9/97/Pratiwi_Sudarmono.jpg/220px-Pratiwi_Sudarmono.jpg
http://media.tumblr.com/tumblr_lmdavo63m21qevpnl.gif
http://amwantoro.blogspot.com/
http://mirabellamy.blogspot.com/
http://cintakucintamu.wordpress.com/
http://teletubbles.blogspot.com/
http://www.ajibsayangdian.com/
http://www.montana-cans.com/

3 comments:

  1. Sama tuh gue juga pingin jadi berakdance!!!!!!!!! #eh

    ReplyDelete
  2. Semoga sukses meraih cita-citanya! :)

    di lingkungan gue, gue belum pernah ngeliat orang yang profesi sekarangnya itu adalah cita2nya dari kecil..
    makannya gue pengen banget mewujudkan cita-cita gue.

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar. Komen pake bahasa baku, gaul, alay, bahasa alien, terserah. Yang penting no spam :)