Saturday, August 27, 2011

Tradisi Lebaran

Halo Readers (ˇ⌣ˇ)


Sekarang kita memasuki H-3.

Lebaran adalah hal yang paling ditunggu-tunggu umat muslim sedunia. Nggak cuma yang muslim, bahkan yang nonmuslim ikut serta meramaikan hari raya idul fitri ini sodara-sodara! Maka dari itu, hari lebaran masuk kategori hari penting menurut daftar gue.

Menjelang Lebaran, orang-orang punya banyak tradisi yang bagi mereka harus ada. Kata mereka, 'Kalo nggak ada ntar lebarannya nggak afdol'. Pasti udah pada tau apa tradisi-tradisinya kan? Gue cuma mau kilas balik aja kok.



1. Baju Baru
JB pun mau lebaran sodara sodara
Mau lebaran, orang pasti berburu baju baru di mall atau toko baju. Bejibun dah itu Mall. Entah itu hanya akal-akalan pemilik mall atau masyarakatnya sendiri yang pingin beli baju baru. Ya sebenernya nggak papa sih, kan cari sensasi, lagian kan cuma setaun sekali. Tapi nggak beli baju baru juga nggak papa kok. Yang penting hati kita baru #ceile. Kalo gue sih... Nggak dibelikan nggak papa tapi kalo dibelikan alhamdulillah yah~

Dijamin tempat sejenis ini bakal rame menjelang lebaran

2. Kue Kering 



Kue kering ini juga salah satu hal yang wajib ada pas lebaran. Biasanya buat disuguhin ke tamu-tamu, atau nggak dimakan sendiri. Kue yang paling sering ada biasanya stik balado, nastar, putri salju, dan kacang-kacangan. Nah, karena tradisi ini jadinya ibu-ibu kalo malem jarang teraweh di masjid soalnya pada bikin kue kering di rumah ._. 

Ini nastar

Ini kue putri salju
3. Mudik

Mudik adalah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya (Wikipedia). Biasanya orang-orang yang jauh dari orang tuanya bakal mudik ke tempat keluarga besarnya. Sebenernya ini bagus bagus aja, tapi gara gara satu indonesia kepikiran yang sama buat mudik, jadilah itu orang orang tumplek di jalanan bikin macet. Karena macet, orang ngelanggar aturan dan bisa mengakibatkan kecelakaan dan kematian. Tapi enaknya, Jakarta yang kota segitu padetnya bisa agak berkutang berkurang karena banyak orang Jakarta yang pada mudik ke kota kota tetangga. Oh ya, Tradisi mudik hanya ada di Indonesia !

Ini mau mudik apa mau demo?

4. Silaturahmi

Silaturahmi ini sudah menjadi hal yang wajib dalam lebaran. Kita sesama manusia saling maap maapan. Biasanya kita ke rumah-rumah tetangga atau kerabat gitu. Salaman, ngobrol-ngobrol, dan yang paling asik adalah jeng jeng jeng.... MAKAN MAKAN. Dan kadang kala, kalo lagi hoki bisa aja kita dikasih uang jajan kikikikik. Hati senang, perut kenyang, dompet ngembang ! ^^

Catatan : Kalo nggak dapet duit nggak usah breakdance kayak iklan marjan. Jangan ditiru ! Sekali lagi, Jangan ditiru !


5. THR

aaaa uang uang uang @@
THR. Kepanjangannya bukan Telinga Hidung Rambut. Bukan juga Tunangan Haji Rusdi. Siapa juga ya Haji Rusdi itu. Sulasmin apalagi #lohkoksulasmin. THR itu singkatan dari Tunjangan Hari Raya. Biasanya setiap menjelang ramadhan dari kantor atau tempat kerja bakal dapet THR. Kadang juga dapet dari orang tua, keluarga, kerabat, atau rumah orang yang kita kunjungin. Hihihi asik ya.
6. Ketupat

Lebaran serasa nggak lengkap tanpa kehadiran makhluk kotak kotak ini. Buat yang belum tau apa itu ketupat, mari disimaks :

Ini ketupat. #udahtaubego
Ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa (janur) yang masih muda.Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Lebaran, ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa. (Sumber : Wikipedia)

Ketupat biasanya disajikan sama makanan berkuah, kayak opor ayam, sayur bening, lontong sayur, dan banyak lagi. Tapi sekarang karena makanan pas lebaran udah lebih bervariasi, jadinya orang nggak nganggep ketupat sebagai makanan wajib pas lebaran. Toh, mosok makan pempek pake ketupat, WHAT THE HELL sodara sodara ?! Tapi, secara nggak langsung ketupat udah jadi icon Lebaran yang mendunia. Nggak mendunia juga sih, itu terlalu berlebihan.


7. Orang Nakal

Orang nakal bukan orang yang suka colek colek pantat orang sampe bolong atau suka melorotin celana orang. Orang nakal ini bisa berarti pengemis, pengamen, atau penjahat. Pokoknya, kalo menjelang lebaran atau sesudah lebaran, kehadiran mereka bakal meningkat pesat di jalanan, terutama jalan jalan orang mudik. Mungkin mereka nganggep kalo Lebaran itu sebuah lowongan kerja yang menggiurkan kali ya.

Gue mau cerita dikit. Boleh ya ^^

Di kompleks gue udah ada tradisi. Sebenernya bukan tradisi sih. Jadi ada orang yang asalnya dari kompleks lain, (atau tempat orang kurang mampu) yang dateng ke kompleks gue ini. Mereka dateng tanpa diundang dan kita nggak ada yang kenal sama mereka. Ada yang rambutnya dicet merah lah, dibotakin lah, (sok) Mohawk lah, (bahasa lainnya alay kali ya). Nah mereka mereka itu datengin ke rumah rumah kompleks gue buat minta minta uang gitu. Ya mereka sok sok silaturahmi padahal mereka cuma mau minta duit. Kalo nggak dikasih maksa. NAH SITU SIAPA GUE AJA NGGAK KENAL KOK MAU MINTA DUIT #emosi. Hmmmm, gimana ya. Dibilang pengemis bukan, dibilang pengamen apalagi. Dan parahnya lagi, mereka mereka para peminta minta itu suka ngerusuh di kompleks gue. Sebenernya warga kompleks udah pada jengkel, tapi mau gimana lagi.


Hmm gue rasa itu dulu. Ada lagi tradisi tradisi lebaran yang belum disebutkan? Mohon saran dan kritikannya. 

LEBARAN ITU BUKAN UNTUK PAMER. LEBARAN ITU UNTUK BERSILATURAHMI DAN SALING BERMAAF MAAFAN pake Axis yang paling hemat ! -Joni, 2011-


Sumber gambar :
http://www.numberone.com.tr/tr/files.php?file=justin_bieber_thanks_screams_03_722490985.jpg
http://bowiesjanitorial.com/web_images/department_store.jpg
http://tititischa.files.wordpress.com/2010/02/putrisalju.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-DdshgwJsZq8/TdZ_KuQOCbI/AAAAAAAACDI/vdaoQb8mESI/s400/kuenastar.jpg
http://www.chechenewyork.com/ufiles/Xiamen%20Laiya%20Department%20Store%2001.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/d/d2/Mudik.jpg/800px-Mudik.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-bBEdtDprF3s/TesZFSh8TkI/AAAAAAAAAIw/10Cw-xIu-YQ/s1600/thr2.jpg
http://4.bp.blogspot.com/_TRsX1ziMaf8/TITzn3G-qeI/AAAAAAAABZY/RCPA7FKOovk/s1600/ketupat2.jpg

10 comments:

  1. Astagfirullah.... itu orang apa semut yang mudik??
    yang paling di tunggu sih ya pasti THR :P

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah yah aku gak ngerasain macetnya mudik taun ini, gak lagi lagi deh ngerasain pantat panas duduk berjam-jam di mobil :D hihi

    ReplyDelete
  3. baju lebaran (umur udah tua) hahaha kayaknya tradisi yang ini kudu gue apus dah.. ciahaha

    yang ke 7 alhamdulillah blom pernah ngerasain, semoga ngga kejadian di komplek rmh gue hehe

    ReplyDelete
  4. @Ririz : haha semut bisa mudik ya emangnya?
    Bener banget, THR itu menentukan kehidupan kita kedepannya wkwk

    @farhati : iya nggak usah mudik, lebaran di rumah sendiri juga asik kok

    @Saiaenno : hahaha umur tua emang nggak boleh beli baju baru ya? Amin amin.

    ReplyDelete
  5. yg bagian ketupat, kalo di rumah gue justru ga gitu suka makan,jadinya sia-sia deh kalo bikin :3

    kalo mudik justru gue belon ngerasain tp udah kebayang gimana horrornya~hahaha :p

    ReplyDelete
  6. Entah kenapa kok gue ngakak ya baca postingannya :D
    Tapi kayaknya taun ini gak bakal dapet THR deh, gak pulang kampung booo' T.T

    ReplyDelete
  7. kalo baju lebaran udh gede mah udah gk trlalu dipikirin, tapi kalo THR harus dapet! haha

    ReplyDelete
  8. Hahaha bener ya ternyata Orang Nakal itu ada dimana-mana.. ngeselin banget keluarga bukan, tetangga bukan. WTF!!

    Gue ga nyangka terakhirnya ada quote si Joni XD

    ReplyDelete
  9. haha bener!
    btw yang orang nakal itu super WTF!

    ReplyDelete
  10. tradisi lebarannya rata2 pada sama kok, baju baru, kue kering, dan yang paling penting.. THR !! kalo istilahnye nih yaa, lebaran tiada berkesan tanpa THR.
    ada lagi nih satu, kalo tiap malem takbiran pasti heboh main kembang api. wkwk :D

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar. Komen pake bahasa baku, gaul, alay, bahasa alien, terserah. Yang penting no spam :)