Blogger VS Tumblr


Mulai sekarang, gue bakal berusaha bikin post yang bermanfaat bagi semua pengguna internet lainnya. Berkat kemampuan doraemon ditambah kemampuan extrajoss sekarang gue bikin post yang bermutu. Tapi entah apa kata masyarakat nanti. Entahlah mau bilang tulisan gue kayak tulisan anak kelas satu, tulisan gue nggak bisa dimengerti sama manusia normal, atau tulisan gue kayak orang hamil #kokbisa. Semua gue serahkan kepada Yang Maha Kuasa.

Sekarang gue bakal bahas mengenai persaingan dua layanan penghasil blog, Blogger VS Tumblr. Gue sengaja nggak bandingin sama Wordpress bukan karena gue merendahkan wordpress lo sumpade ._.V cuma gue nggak terlalu ngerti Wordpress sih dan entar kalo gue bahas disini takutnya gue ngawur. Gue sendiri bandingin sama tumblr soalnya temen temen gue pada pake tumblr dan membujuk gue buat pindah dari blog ke tumblr.

Ini bukan buat nyinggung satu kaum tertentu tapi ini buat peganggan hidup kalian. Sekedar ilmu qaqaq :(

Buat yang pingin buat blog, atau udah punya blog tapi pingin tahu, silakan dibaca baik baik.

NO OFFENCE !

Untuk pencerahan sesaat gue bakal kasih tau penjelasan singkat mengenai kedua website itu.

Tumblr

Tumblr adalah sebuah layanan tumblelog gratis yang mengizinkan penggunanya untuk memposting tidak hanya tulisan, tetapi juga mengizinkan penggunanya untuk memposting foto, quote, video, chat, audio, dan link. Fitur tumblr yang memperbolehkan para pengguna untuk memposting foto biasa digunakan oleh para pengguna tumblr untuk membuat sebuah photoblog. Terdapat fitur khusus yang ada pada situs tumblr yaitu, pengguna tumblr dapat membuat blog yang bersifat pribadi. Postingan tersebut hanya bisa dilihat oleh pengguna itu sendiri atau pengguna lain yang ditunjuk atau dipilih oleh pengguna yang memiliki account tersebut untuk dapat melihat blog pribadi ini. Pengguna dapat melihat kiriman tulisan, foto, quote, video, chat, audio, dan link melalui situs tumblr.com (Wikipedia)

Blogger

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL. (Wikiedia)

Gue sendiri malah tambah pusing baca pengertiannya ini. Nggak usah dipikirkan kita bahas satu satu ya.

Berhubung gue kagak punya tumblr, gue sudah siapin beberapa narasumber yang berkaitan dengan TKP.
1. Segi registrasi

Dari segi registrasi, waktu kita mau bikin blog gitu, katanya lebih gampang Tumblr. Soalnya, kalo di Tumblr kita cuma ngetik alamat email, password, sama URL. Kalo di Blogger, kita harus ngetik email, terus ngulang lagi, password, nama display, jenis kelamin, nomer hape dan buanyaaak lagi.
Registrasi Blogger lebih rumit. Klik untuk memperbesar.
Registrasi Tumblr lebih simpel. Klik untuk memperbesar


2. Segi penggunaan

Dari segi penggunaan, katanya juga lebih gampang Tumblr. Lebih praktis. Kemasannya juga lebih simpel. Bentar kalo ada gue screen shotin.
ini dashboard nya Blogger. Klik untuk memperbesar
ini dashboard nya Tumblr. Klik untuk memperbesar

3. Segi ... Segi curhat #paantuh

Dari segi curhat, maksudnya tempat untuk curhat, lebih bagus Blogger. Kata temen gue, kalo kita curhat di Tumblr bakal keliatan aneh di mata pemilik Tumblr lain. Kasian ya blogger jadi tempat curhatan :'(

4. Segi Modifikasi

Dari segi modifikasi, kata temen gue lebih asik modifikasi di Blogger. Kalo di Tumblr, cuma bisa ganti tema. Jadi Blogger keliatan lebih menarik karena bisa dimodifikasi semuanya sendiri sampe puas.

Blogger Terkenal :

Raditya Dika.

Siapa yang kagak kenal dengan kambing yang satu ini? seekor blogger nomor satu di Indonesia ini sudah berpengalaman banyak di bidang blog, saking suksesnya, postingannya sampai dibukukan dan bahkan difilmkan. (http://radityadika.com/)

Benazio Rizki Putra (Benakribo)
Bang Bena yang kiri pake baju hitam. Jangan salah
Kribo salah gaul ini juga sukses di bidang ke-blogger-an. Mukanya yang unik, blognya yang asik bikin dia terkenal di kalangan masyarakat. Dia juga sukses bikin Game Riddle http://www.nyonnyonnyon.com/ bareng kakaknya. (http://www.benablog.com/)

Irvina Lioni Yuniasari

Mbak kancut yang mirip Putri Titian ini juga terkenal berkat blogger. Dengan bermodalkan selembar kancut akhirnya dia bisa membuat sebuah blog yang gak kalah keren kayak Kaka Radit dan Abang Bena. (http://kancut-beringas.blogspot.com/)

Ada lagi Poconggg dan Shitlicious yang nggak kalah sukses sampe mereka juga buat buku. 
Tumblr Terkenal :

Saat ini gue sedang berusaha keras menemukan tumblr yang bagus dan terkenal. Maklum anak blogger ababil :> Ayo kalo ada saran silakan beritahu gue.

Suka Duka Tumblr :
Suka
  • Tumblr punya fitur 'Reblog' yang nggak ada di Blogger. Fitur ini kita bisa memasang post orang lain di Tumblr kita. Kalo dimirip miripin ya mirip kayak copy tapi ini lebih praktis.
Ini fitur 'Reblog' nya. Klik untuk memperbesar

  • Penggunaannya lebih sederhana.
  • Kita dapat memposting lewat panel control yang punya tombol untuk berbagai jenis posting (teks, video, audio, foto, link, quote dan chat)

Duka
  • Tumblr bukan tempat yang tempat untuk curhat, ataupun post yang bersifat private atau individual.
  • Modifikasi di Tumblr kurang bervariasi daripada Blogger.
  • Karena Tumblr punya fitur Reblog, pengguna jadi jarang menggunakan kreativitasnya. Tapi nggak semua sih ._.
  • Di Tumblr nggak ada bahasa Indonesia jadinya pake Bahasa Inggris dan gue nggak ngerti itu
Suka Duka Blogger :

Suka
  • Aku suka kamyuu *ditangkep Satpol PP*
  • Blogger merupakan tempat postingan yang umum. Gambar, pengetahuan, curhat, atau apalah semua bisa di Blogger. Tapi kalo bisa blognya jangan kebanyakan curhat yak #guedong?
  • Blogger asik buat modifikasi. Buat yang punya ilmu desain grafis atau sejenisnya, cocok banget pake Blogger. Terus Blogger bisa dimodifikasi sedemikian rupa jadi beda kayak awalnya.
  • Blogger terdapat languange atau Bahasa Indonesia yang memudahkan kita menggunakan blogger. Berguna banget bagi gue karena gue kagak bisa bahasa inggris gyahaha.

Duka : 
  • Penggunaannya lebih rumit dari Tumblr. Bagi yang suka simpel simpel mending pake Tumblr
  • Nggak punya fitur 'Reblog'. Dan kalo kita coba ngopy post orang dengan cara manual bakal dianggep copycat atau plagiat (Kalo yang punya blog kagak ngizinin)

Sudah mulai tergambar blog seperti apa yang bakal kalian buat? Atau kalian malah muntah darah gara gara baca post gue? Itu terserah kalian, semoga ilmu ini halal amin.

Terima kasih kepada Belinda Harianti selaku narasumber walaupun dia kadang nggak jelas tapi untuk kali ini gue berterima kasih kepadanya. Ini Blognya Belinda http://ebeeel.blogspot.com/ dan Tumblrnya http://whowhywhen.tumblr.com/ Kalo mau follow silakan kalo nggak mau ya nggak papa mending follow blog gue hahaha.

Kritik dan Saran gue terima lapang dada. Thanks^^

Comments

  1. fet ndak tercantum nama guee feeeeet :hahaha

    ReplyDelete
  2. aku suka dua duanya, tapi lebih suka blogger sih #galau :p

    kalo tumblr lebih suka buat curcol sih, udah di private ini jadi ga ada yg tau tumblr gue wkwk :))

    btw nice posting, makasih yah jadi malu ada muke gue disono :p

    ReplyDelete
  3. @belinda : kurang gede kah tulisannya beeel :\

    @Irvina : aku juga suka blogger kaka, iya soalnya aku nggak punya tumblr sih ._. oke thanks, ngapain malu malu hahaha :)

    ReplyDelete
  4. kayaknya lebih suka jauh sama blogger dah.. :P
    nice posting..

    ReplyDelete
  5. kalo mau modifikasi blog paling enak pake wordpress, contohnya di blog ku xinnosuke
    ada fitur plugin yg gak bisa ditemui di blogger :)

    ReplyDelete
  6. lebih suka blogger dong kk :D

    ReplyDelete
  7. lebih enak blogger menurut gue, lebih menuntut buat kreatif.
    kalau di tumblr kebanyakan reblog . hehe
    salam kenal empunya blog ^^

    ReplyDelete
  8. jangan melihat sesuatu hanya dari luar nya kk, coba lah memperdalam :)
    pasti bakal ketemu enak or baik nya kk :)

    saya udah nyoba semua fitur di blogger, wordpress dan tumblr.
    ketiga2 nya toh memacu kreatifitas, tinggal kita nya aja kk mau copas apa reblog ( menjaga copy right sang pembuat posting )
    ada "edit html" nya kok di tumblr, sama aja kaya blogger dan wordpress :)

    tetapi yg paling simpel itu tumblr kk menurut saya untuk curhat :)
    privacy? ga usah follow siapa2 aja kk kalau begitu :)
    maav kalau kata2 saya kurang berkenan, salam kenal ^^

    ReplyDelete
  9. haha
    potingan mantep
    tp ini mah cuma bicara seLera
    kLo gue sih Lebih piLih blogger

    ReplyDelete
  10. Nih tumblr mantep: standalonealien.tumblr.com

    ReplyDelete
  11. tumblr seru looh :D
    kata siapa gk bisa di modif? bisa ko

    ReplyDelete
  12. hoho...aku sih lebih suka pake blogger...dulu pernah ikutan bikin tumblr,sekarang nyampe uda lupa password nya..

    ReplyDelete
  13. punya dua2nya sih. karena orang2 pilih blog, aku pilih tumblr. lebih mudah, lebih enak buat curhat soal hidup, banyak fitur hehe.
    salam kenal http://nurinamaretha.tumblr.com/ :)

    ReplyDelete
  14. dua2 nya keren....Tapi yang ga suka ribet, Let's join tumblr ^^

    ReplyDelete
  15. Untuk saya pribadi pengguna keduanya. Apapun itu selama kita nulisnya asik pasti bawaannya juga keren buat blognya. Thanks for sharing..

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Kak, mau tanya. Gimana caranya biar header blogspot jadi besar kaya blog kaka gitu ya? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Anisha! Kalo ngga salah, headernya itu ngikutin gambar yang kita upload deh. Jadi kalo file header yang kita upload besar, headernya jadi besar juga. Atau mungkin bisa diatur Adjust Width di costumize template juga :)

      Delete
  18. Gue lebih suka tumblr, yang menurut gue cara pengeditannya lebih simple. But, gue juga suka blogger ya cuman gw masih kurang ngerti ngedit-ngedit blogger biar lebih keren dan aesthetic gt kwkwkwk.

    ReplyDelete
  19. jd makin galau mau blogger apa tumblr :')

    ReplyDelete

Post a Comment

Apa pendapat kamu? Yuk sharing! :)